SINOPSIS BUKU - Dahsyatnya Doa Anak (penulis: Adam Cholil)

SINOPSIS BUKU - Dahsyatnya Doa Anak (penulis: Adam Cholil)

DOA ANAK SHALEH DAN SHALEHAH. MAMPU MERINGANKAN BEBAN SIKSA ORANGTUA DI ALAM KUBURNYA. DAN MAMPU MENAMBAH TIMBANGAN PAHALA IBU BAPAKNYA KELAK

Agar anak kita selamat dari siksa neraka maka ia harus menjadi anak shaleh. Namun, anak shaleh tidak akan tumbuh dengan sendirinya. Ia harus diproses dengan baik dalam berbagai halnya. Di samping itu ia harus dicetak dalam proses pencetakan yang teliti. Terutama orang tua harus menjadi orang shaleh erlebih dulu. Karena suli kemungkinannya jika seseorang mengharapkan punya anak shaleh sementara dianya sendiri tidak shaleh. Sulit...

BUKU DAHSYAT BAGI YANG MENDAMBA ANAK YANG SHALEH.

Penulis: Adam Cholil
Penerbit: Al-Mawardi Prima
cetakan pertama: Mei 2013

Adam Cholil :
Alhamdulillah buku "Dahsyatnya Doa Anak" telah hadir kembali di Gramedia.. bagi teman2 yg belum memiliki silahkan segera serbu. Biar tdk kehabisan lagi.

http://blog.adamcholil.com/2013/06/sinopsis-buku-dahsyatnya-doa-anak.html

Free SMS All Operator

Free SMS All Operator

ada yang error ...

Lambang Kabupaten Gresik, Moto, dan Sekilas tentang Gresik

Sekilas tentang Kabupaten Gresik

Kabupaten Gresik merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur.
Kabupaten Gresik beribukota di Kecamatan Gresik.
Luas wilayah Kabupaten Gresik yaitu sekitar 1.191,25km²
Wilayah Kabupaten Gresik juga mencakup Pulau Bawean, yang berada 150 km lepas pantai Laut Jawa.
Kode area telepon untuk wilayah Kabupaten Gresik yaitu +62 31 atau 031.
Wilayah Kabupaten Gresik dibagi menjadi 18 kecamatan.

Batas-batas wilayah Kabupaten Gresik yaitu:
Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Jawa
Sebelah Selatan berbatasan dengan Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto
Sebelah timur berbatasan dengan Selat Madura
Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Lamongan

Kabupaten Gresik merupakan salah satu kawasan industri utama di Jawa Timur. Beberapa industri di Gresik antara lain Semen Gresik, Petrokimia Gresik, Nippon Paint, BHS-Tex, Industri perkayuan/ Plywood dan Maspion.

Beberapa makanan khas dari Kabupaten Gresik yaitu nasi krawu, otak-otak bandeng, Bonggolan, pudak, Jubung, ayas, ubus, Gajih pinggir, dan Bontosan Giri.

Beberapa kawasan wisata yang ada di Kabupaten Gresik antara lain :
Makam Maulana Malik Ibrahim (di Gapuro),
Makam Sunan Giri (di desa Giri),
Makam Sunan Prapen (Cucu Sunan Giri) di desa Klangonan,
Makam Fatimah binti Maimun,
Makam Kanjeng Sepuh dan Petilasan sunan kalijaga di Kawasan Gunung Surowiti kecamatan Panceng
Pulau Bawean
Muara Bengawan Solo

Arti Lambang Kabupaten Gresik


Berdasarkan peraturan Daerah Kabupaten Gresik No. 3 tahun 1975

Lambang Daerah merupakan cermin yang memberikan suatu gambaran tentang keadaan daerah
  1. Segilima, melambangkan Pancasila yang mendasari sosio cultural, histories, dan aktivitas ekonomi
  2. Warna kuning, melambangkan keluhuran budi dan kebijaksanaan, sedangkan warna tepi hitam melambangkan sikap tetap teguh dan abadi
  3. Kubah masjid, melambangkan agama yang dianut mayoritas yakni Islam
  4. Rantai yang tiada ujung pangkal _ melambangkan persatuan dan kesatuan.
  5. Segitiga sama kaki sebagai puncak kubah masjid, melambangkan bahwa tidak ada kekuasaan yang tertinggi selain Tuhan Yang Maha Kuasa.
  6. Gapura berwarna abu-abu muda, melambangkan suatu pintu gerbang pertama masuk dalam suatu daerah sebagaimana penghubung antara keadaan diluar dan dalam daerah.
  7. Tujuh belas lapisan batu. Melambangkan tanggal 17 yang merupakan pencetus revolusi Indonesia dalam membebaskan diri dari belenggu penjajah
  8. Ombak laut yang berjumlah delapan, melambangkan bahwa pada bulan Agustus merupakan awal tercetusnya revolusi Indonesia
  9. Mata rantai 45 (empat puluh lima) melambangkan bahwa pada tahun 1954 merupakan tonggak sejarah dan tahun peralihan dari jaman penjajahan menuju jaman kemerdekaan Indonesia yang jaya kekal abadi.
  10. Cerobong asap, melambangkan bahwa Kabupaten Gresik adalah daerah pengembangan industri yang letaknya amat strategis bila ditinjau dari persilangan komunikasi baik darat, laut maupun udara.
  11. Perahu Layar, garam, ikan laut dan tanah melambangkan bahwa mata pencaharian rakyat Kabupaten Gresik adalah nelayan dan petani.

Moto: Satya Bina Kertaraharja (Teguh Membangun Kesejahteraan)
MOTTO : “GRESIK BISA LEBIH BAIK

Sesanti lambang daerah pemerintahan kabupaten Gresik.
Sesanti .** Setya Bina Kertaraharja **

Satya . . . . .. Kesetiaan
Bina . . . . . . .Membina
Kertaraharja . . . Sejahtra
Arti sesanti adalah pemerintahan kabupaten Gresik...

Hari Jadi Kota Gresik

Ada yg tau kapan ulang tahun Gresik?
===================
Sumber : Dokumen group facebook gresik.sumpek

Penelitian hari jadi Kota Gresik dilaksanakan oleh Tim Peneliti dan Penyusun Sejarah Hari Jadi Kota Gresik, diketuai oleh H. Machmoed Zain, S.H. Penelitian ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kepala Daerah Tingkat II Gresik Nomor 22 tahun 1990, tanggal 19 Maret 1990.

Dalam peneltian itu Tim peneliti berhasil menemukan tiga tonggak sejarah awal Kota Gresik dengan kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Kemudian diajukan pada DPRD Kabupaten Gresik. Ketiga tonggak sejarah itu adalah:

Pada tahun 1387 M, dimana nama Gresik untuk pertama kalinya tertulis dalam Prasasti Karang Bogem.
Pada tahun 1487 M (894 H), dimana nama Gresik mulai terkenal luas setelah penobatan Sunan Giri menjadi Raja Giri dengan gelar Prabu Satmata.
Pada tahun 1387 M, dimana telah mendarat seorang ulama bernama Maulana Malik Ibrahim di Gresik untuk menyebarkan agama Islam sambil berdagang, kemudian oleh raja Majapahit ditunjuk sebagai syahbandar Gresik sebagai penghubung antara penguasa dengan pedagang

Dalam rapat DPRD tanggal 1 Agustus 1991, atas dasar tiga alternatif di atas dan berdasarkan Surat Bupati Kepala Daerah Tingkat II Gresik tanggal 3 Juli tahun 1991 Nomor 433/1202/403.24/91 tentang Rencana Penetapan Hari Jadi Kota Gresik tanggal 9 Maret 1487 M, maka diusulkan kepada DPRD untuk mendapatkan persetujuan.

Pada akhir tahap pembahasan, maka anggota Pansus yang terdiri dari 17 orang memberikan keputusan, antara lain, 3 anggota memilih Prasasti Karang Bogem, 7 anggota memilih penobatan Sunan Giri sebagai Raja Giri, 1 anggota memilih awal kedatangan Maulana Malik Ibrahim di Gresik, 3 anggota abstain, dan 3 anggota tidak hadir. Berdasarkan hasil itulah maka dikeluarkan Surat Keputusan DPRD Tingkat II Gresik Nomor KPTS/30/DPRD II/1991, tanggal 1 Agustus 1991, tentang hasil keputusan rapat penentuan Hari Jadi Kota Gresik tanggal 9 Maret 1487 M (12 Rabiul Awal 894 M).

Sebagai tindak lanjutnya, maka Bupati Kepala Daerah Tingkat II Gresik mengeluarkan Surat Keputusan tanggal 2 November 1991 Nomor 248 tahun 1991 tentang penetapan Hari Jadi Kota Gresik tanggal 9 Maret 1487 M dan diumumkan dalam lembaran Daerah Kabupaten Gresik. (Soekarman, 2003)
Walaupun Hari Jadi Kota Gresik merupakan keputusan politik, namun ketika penobatan Sunan Giri sebagai raja, Giri/Gresik secara teoritis sudah memenuhi kriteria sebagai sebuah kota sebagaimana yang dikemukakan oleh Max Weber dan Cooling Wood, antara lain:

  • Memiliki wilayah yang jelas
  • Memiliki penduduk yang dinamis
  • Memiliki tata kota
  • Memiliki tentara, prajurit, dan keamanan
  • Memiliki lembaga pendidikan
  • Memiliki kebudayaan dan seni
  • Memiliki pemimpin, penggerak ekonomi perdagangan, dan industri
  • Mengalami pertumbuhan dan perkembangan
  • Adanya kehidupan primer

Taman Wisata Giri Wana Tirta (Telaga Ngipik)

Giri wana Tirta yang lebih popular dengan nama Telaga Ngipik merupakan salah satu tempat wisata yang dikelola apik oleh PT Swabina Gatra, salah satu Grup dari PT Petrokimia Gresik sejak tahun 2002 silam. Nama giri wana Tirta diadopsi dari karakteristik lokasi telaga Ngipik.

Taman Wisata Giri Wana Tirta, tapi orang Gresik pada umumnya mengenal tempat tersebut dengan "Telogo Ngipik". karena memang lokasinya masuk dalam wilayah kelurahan Ngipik, kecamatan Gresik kota, tepatnya di sebelah utara pintu masuk KAWASAN INDUSTRI GRESIK (K.I.G). berada di Jl.Tri Dharma yang berjarak hanya sekitar 300 meter dari PT.PETROKIMIA GRESIK.

Dulunya Telaga Ngipik adalah bekas penambangan tanah sebagai bahan baku membuat semen oleh PT. SEMEN GRESIK, karena tiap hari dikeruk akhirnya lahan itu menjadi sebuah kubangan besar yang luasnya mencapai puluhan hektar, lalu kemudian terisi air hujan hingga akhirnya jadilah sebuah telaga.

[ BACA SELENGKAPNYA ]

Makam Sunan Giri

Sunan Giri adalah nama salah seorang Walisongo dan pendiri kerajaan Giri Kedaton, yang berkedudukan di daerah Gresik, Jawa Timur. Ia lahir di Blambangan tahun 1442. Sunan Giri memiliki beberapa nama panggilan, yaitu Raden Paku, Prabu Satmata, Sultan Abdul Faqih, Raden 'Ainul Yaqin dan Joko Samudra. Ia dimakamkan di desa Giri, Kebomas, Gresik.


Makam sunan Giri terletak di desa Giri kecamatan Kebomas kabupaten Gresik, Jawa Timur.dan berjarak sekitar dua 2 km kearah selatan kota gresik. Komplek makam yang ada di puncak bukit Giri berada di tengah-tengah makam keluarga dan masyarakat di kala itu.

Fasilitas yang ada di Makam Sunan Giri berupa tempat parkir kendaraan peziarah secara khusus, dan di komplek makam terdapat fasilitas penunjang antara lain : masjid giri, dan lain-lain daya tarik wisata dan terdapat pada makam sunan giri antara lain : cungkup makam terbuat dari kayu jati asli, dindingnya terdiri dari panel tumbuh-tumbuhannya.

[ BACA SELENGKAPNYA ]

Alun-Alun Kota Gresik tetap Indah

Berikut foto-foto di lokasi alun-alun Gresik yang pernah dipublikasikan di internet.

Berikut adalah lokasi alun-alun Gresik di peta.

Alun-alun Gresik tetap Indah

[ BACA SELENGKAPNYA ]

Gunung Kapur Sekapuk Gresik yang Unik

Sekapuk terletak di Kecamatan Ujung pangkah Kabupaten Gresik Jawa Timur. Desa kecil ini terletak 5 km dari arah pantai Utara Jawa, disini para penduduknya mayoritas bekerja sebagai petani dan penggali tambang gunung kapur.

Berikut adalah foto-foto Ukiran yang unik di Gunung kapur ini.

Group GRESIK SUMPEK (SUara Masyarakat PEduli Kota)

Foto Cak War
Gresik Sumpek adalah komunitas suara masyarakat peduli Gresik. GRESIK SUMPEK (SUara Masyarakat PEduli Kota). Kelompok ini didirikan 6 Januari 2010 oleh Warsito Ellem (40). Awal berdiri, komnunitas facebooker Gresik Sumpek hanya 200 orang. Namun setelah tiga tahun, jumlah anggota (sahabat facebooker) mencapai 9.200 orang lebih.

Komunitas ini ingin agar masyarakat atau lembaga lain tidak memandang sinis ke mereka. Ke depan ada beberapa agenda yang cukup menarik antara lain ingin menata Gresik agar tidak sumpek lagi dangan slogan Berbicara Gresik apa adanya. Mereka juga membuat kaos dan stiker yang dijual dan uangnya masuk kas untuk membuat kegiatan lainnya.
Cak War : “Yang penting visi tersampaikan yaitu kumpul-kumpul bukan jualan atau bisnis”




senang Grup Terbuka

PEDULI GRESIK JAUH LEBIH BAIK!!!

Buat Dulur-dulur GS yang baru gabung, kami haturkan SELAMAT DATANG, Semoga betah dan kerasan di tenda besar GRESIK SUMPEK (SUara Masyarakat PEduli Kota) tenda kita semua.

Tujuan di bentuknya grup ini adalah bagaimana menyamakan persepsi dan pandangan antar warga kota Gresik, agar kedepan kota ini SEMAKIN BAIK, MAJU, dan LEBIH BERMARTABAT, bukan untuk ajang provokasi, apalagi untuk saling menyerang dan menebar fitnah yang tidak berguna, mari kita duduk bersama, berdiskusi bersama, sharing bareng-bareng, mari kita manfaatkan media ini sebaik-baiknya , toh semua ini untuk kebaikan bersama.

Kami berharap Dulur-dulur GS semua bisa menjadi anggota yang benar-benar aktif dan bisa berkontribusi baik di dunia maya lebih-lebih di event-event dan kegiatan GS yg bersentuhan langsung dengan masyarakat, agar grup ini tetap eksis dan langgeng dan tentu saja semakin bermanfaat bagi kita semua, bagi kota Gresik kedepan,

Bicara apa adanya, bukan bicara yang awur-awuran apalagi provokatif, ingat kita punya ETIKA dan TATA KRAMA, bicaralah lebih elok, elegan, kenapa tidak ?

Berikut Lokasi Base Camp GS, Jl. Veteran 27 C Gresik

Lihat Gresik Sumpek di peta yang lebih besar
Bravo ! Salam GS selalu!!!.......

Salah Satu Kegiatan GRESIK SUMPEK

Muh Ali Sarbini -dikirim ke- GRESIK SUMPEK

PEDULI GRESIK JAUH LEBIH BAIK!!!

Bravo ! Salam GS selalu!!!.......

Telogo Pegat di Gresik

Harjo
TELAGA PEGAT

BUKTI PENINGALAN SEJARAH SUNAN GIRI YANG TERABAIKAN

Untuk masyarakat Gresik, mungkin udah dak asing lagi dengan nama itu. ya, Telogo pegat orang-orang sekitar menyebutnya. Dari cerita-cerita, banyak sekali hal-hal yang mungkin sangat tidak masuk secara logika.Sunan Giri yang hanya dengan satu buah kendil (wadah buat tempat nasi terbuat dari tanah liat) yang begitu banyak orang mengambil nasi tapi tak bisa menghabiskan isinya.Itulah salah satu dari cerita menarik yang mewarnai dari kisah asal usulnya.

Bagaimana keadaan Telaga Pegat sekarang? Ada semacam rasa keprihatinan dalam hati begitu melihat keadaan telaga tersebut, yang di sana sini penuh sampah, belum lagi banyak tumbuhan liar yang memenuhi seluruh permukaan telaga tersebut.

Semoga dengan tulisan yang tiada berguna ini,saya berharap dari instansi-instansi terkait yang kebetulan membaca tulisan ini bisa meninjau langsung guna mengambil langkah terbaik sebagai jawabannya.



Sunan Giri memiliki peninggalan sebuah telaga yang juga berada di kawasan Giri, Kebomas. Telaga tersebut bernama Telaga Pegat. Telaga ini konon tidak pernah surut, walaupun sering terjadi musim kemarau yang berkepanjangan. Turun dari bukit untuk masuk ke jalan besar saya terlihat tembok pembatas telaga. Di belakangnya kelihatan sebuah kolam yang disebut Telaga Pegat. Kolam ini dibangun oleh Sunan Giri lebih 500 tahun lalu.

 Berikut beberapa foto Telogo Pegat.



 Berikut adalah peta lokasi Telogo Pegat Gresik.


Telogo Pegat di Gresik

.
Arif Gunawan 
kalo nggak salah ingat seh katanya dulu dinamakan telaga pegat karena memisahkan dua gunung yaitu gunung bagong dan gunung patireman dan ada juga yang mengatakan telogo pegat hanya makna kiasan yaitu utk memisahkan hal yg baik dan buruk...CMIIW..


Nissa Wahyudi 
dulu itu tlga pegat smpe k wlayah jeblok trz d pisah sma sunan giri mkax d nmakan tlga pegat, tu crta dr gruq yg kbetulan murid dr kturunan sunan giri. q jg g tw kbnrnnya.


Edy Prianto 
Tapi sekarang gunungnya kemana Mas Arif Gunawan ... ? Koq sepertinya ada gunung kapur saja ...


Arif Gunawan 
la emang di gresik kan pegunungan kapur om...


Edy Prianto 
Maksud saya yang diposisi mana Gunung Bagong dan Gunung Patireman itu ...


Arif Gunawan 
hmm kalo salah mohon di luruskan ya....xixixixi... gunung bagong itu skarang di kenal dengan petukangan dan gunung patireman itu sekarang di kenal dengan daerah makam sunan giri...CMIIW


Harjo 
Mksih semua.Mbak Mikayla Punyadewi,mas Arif Gunawan, mbak Nissa Wahyudi,mas Edy Prianto.Mas Edi,mngkin untuk selamanya Telogo pegat akan slalu di manfakatkan,warga sekitar sampai sa'at ini msih banyak s x yg menggunakan,blm lg para peziarah yg sblumya udah mngenal nmanya msih banyak yg datang dari jauh untuk bisa mandi di peninggalan Sunan Giri tsb.

Edy Prianto 
Mbak Mikayla Punyadewi kalo Suara Gresik ini bukan milik siapa2 tapi milik kita semua ... demikian juga dalam kegiatannya kita berupaya agar selalu bisa menumbuhkan kebersamaan ... termasuk bila dalam napak tilas justru teman2 yang bernisiatif bawa ini itu untuk bisa dimakan rame2 setelah napak tilas dan ada moment untuk diskusi dari berbagai sisi tentang TKP tersebut ... dan itu sudah berlangsung beberapa kali. Colek Mbak Widya, Mbak Ocha Susanti, Mbak Ayuna Fitria Fadjrin, P. Muhammad Samsul, Mas Afandi Kusuma, dll.


Edy Prianto 
Ini berawal dari keprihatinan kami akan minimnya orang-orang yang peduli terhadap makam-makam disekitar tempat mereka tinggal. Selain tidak terawat juga minimnya informasi. Padahal saya yakin beliau-beliau itu adalah orang-orang hebat di zamannya ... tentu bila bisa dibukukan akan menjadi luar biasa ... justru orang akan berbondong-bondong datang ke Gresik karena teknologi informasi memungkinkannya untuk disampaikan kepada dunia ... Dan industri sudah selayaknya menyingkir dari perkotaan ...


Widya 
kebanyakan orang salah kaprah dengan telaga pegat. ..yang menghubung-hubungkan bisa berpisah dengan pasangannya. ..
sebenarnya sunan Giri. ..membuat telaga tersebut untuk memisahkan antara Gunung Bagong d Gunung Petireman. ..
dlx Gunung Bagong digunakan sebagai tempat belajar. .baik mengaji...bela diri. .d kegiatan keagamaan lainnya. ..sedang yang dimaksud Gunung Petireman sesuai namanya. ..sebagai tempat tinggal. ..atau pondokan sunan Giri beserta keluarganya. ..
tlga pegat sendiri. ..punya banyak fungsi dulunya. ..sebagai sumber pengairan.. biasanya dh orang yang jahat seperti perampok... pembunuh.. bahkan murid-murid sunan Giri....dimandikan di situ. ..agar drx menjadi bersih. ...d hal-hal yang buruk dihilangkan. ...
dl juga dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit yang menyerang di Gresik ini. .. ..
Jadi arti pegat dsni = memisahkan 2 gunung.. ..


Fatim Fitri Ndut 
#arif_gunawan op ae zo.....rebut mbahas eson adus ng logo,tak kandani z,saumur eson kecul cilik smpai sa' mne eson drung tw adus ng logo cak,,,mangakne eson penasaran tp syang eson g isok renang....hehehehehe


Fatim Fitri Ndut 
Lah #mbak_widya ik bru bner,,,bhasan e,,, kpan zo isok mbalik no fungsi kro keindahan tlogo pegat koxok jaman biyen 


Harjo 
Cak Moel Phoiz,ini ada cerita mnrik jg agak lucu mngenai prtanya'an smpean td.tman q yg di kawisanyar pnya tamu dr Surabaya.,jln2 mngajak memancing di telaga tsb.kra cpek jg kpanasan, mreka mandi di situ.apa yg terjadi?,slah satu dr mreka ada yg tenggelam di kedalaman hanya stengah meter dr t4 tsb.Untung bs di selamtkan warga situ.Ahir crita orang yg tnggelam td dr prkata'an tmnya, bhwa dia udah ngomong kl air tlaga rupane ngene kok di gae adus.nggilani ah.CATATAN:prcaya dak prcaya kt smua sharusnya bs saling mnhormati.,trmasuk dgn alam di sekitar kita.Selebihnya Allahualam.Gitu sdikit infone cak Moel Phoiz


Widya 
sprt yg q jls kan sblmx. ..fungsi dr tlga ni. .. stiap tmpt pst dh pkuncenx. ..
krna qt hrs mnjg dr. ..dlm artian. ..tdk blh mnghina...saling mnghormati dan tepo sliro. .baik ssama mkhlk hdp...ato pun. ..goibx. ..tgg q sendr jg anakx minggal dstu bbrp thn lalu..


Widya 
insya Allah telaga ini bisa berfungsi sama seperti dulu. ..jika saja. ..masyarakat sekitar bisa menjaga kebersihan. .dan merawat dengan baik. ..
banyak orang yang tidak memahami bahwa sangat besar manfaat telaga ini. ...
tidak hanya di telaga ini saja. ..maaf sebelumnya tapi ada gua-gua di sekitar Giri situ yang dijadikan tempat. ..pcran. ..dll. ..
Mohon kiranya kita sebagai warga harusnya bangga karena di kota kita ini. ..banyak sekali peninggalan-peninggalan dari para wali. ..dan mengandung sejarah yang sangat tinggi. ..tapi banyak pula yang terbengkalai. ..bahkan tidak mengenal sejarahnya d orang luar Gresik yang tau. .. ..
Mari bersama kita mencoba melestarikan dan kita kenalkan pada dunia luar. ..kalau kota kita ini menyimpan sejuta makna. ..


Harjo 
Betul s x mbak Widya.Smoga keberada'an jg fungsi dr telaga itu sndiri bs slallu memberi manfa'at sterusnya kpd generasi nanti,smga kberada'an telaga tsb slallu bs mngigatkan Sejarah yg bermata rantai menuju ke Mbah Sunan Giri dan kekaya'an pninggalan dr poro wali yg di Gresik ini.


Roma Dhona 
telogo pegat hehee..iling cilikanku biyen sering mancing di telogo ini, dulu bersih & indah dipinggirnya banyak pohon2 rindang skrng kotor & kering sayang rekk...telogo ini adalah salah satu aset situs sejarah islam Gresik , ayo dulur...apa gak ada rcn dari teman2 Suara Gresik utk mengadakan aksi sosial bersih2 telogo pegat...spy kalau ada tamu dr luar kota berkunjung ben ora malu...hehee ini usulan saja.


Fatim Fitri Ndut 
Sudah bnyk usulan mngenai it cak,,,bersih2 telaga,cm y it blum ad yg bergerak,msh bnyk yg hrus d bcrakan n rencanakan tdk asal mnjlnkan hrus ad izinnya dlu,,,,

Widya 
sekarang ini kalau kita ngandalin dinas-dinas terkait biasanya. ..lambat. ..bahkan kadang tarsok" ....
bagaimana kalau kita sebagai warga Gresik. ..mencoba. ...misalnya patungan beli cat. ...atau sementara yang termudah membersihkan dulu sampah" ... ..semuanya kita lakukan step by step. .. ... ..jika kita bersama" ...pekerjaan berat pun kan terasa ringan. ...mungkin dengan begitu. ..bisa membuka bdn" terkait. ...tuk lebih peduli kekayaan. .di peninggalan di kota sendiri. ...

Widya 
ku rasa. ...itu langkah awal. ..yang mungkin. ..kelihatan sepele. ..tapi. ..sangat besar manfaatnya. ..ku harap. ..hal bkn hanya sekedar di dumay. ..tapi harus kita realisasikan. .. ..


Harjo 
Sbagai tambahan.Sbelum memasuki kawasan telaga Pegat,kita akan melewati dua buah Gapura.,sayang,pintu gerbang msuk tsb di samping tak terawat,salah satu dr dua gapuro tsb malah dak kelihatan krna tertutupi bangunan.Sayang bukan?hehehe
Foto Harjo.

Widya 

ya begitulah. ...minimnya kepedulian kita akan. ..peninggalan sejarah. .. jangan kan yang berupa benda mati. ..ada juga pejuang yang dulu. ..mempertaruhkan nyawanya demi kemerdekaan. ..perang melawan penjajah. ..kini. ..setelah tua bagai kan sampah. ..terlunta-lunta di jalanan... ..sungguh rendahnya moral kita. .. pemerintah. ..????

Pantai Delegan sangat cocok untuk wisata

Foto-foto di lokasi Pantai (Wahana Pasir Putih) Dalegan bisa dilihat di sini.

Pantai ini terletak di desa Delegan Kecamatan Panceng dari Gresik kota berjarak sekitar 40 km, setelah dari Sidayu dan melewati hutan jati Panceng ada papan penunjuk arah menunjukkan wisata Pantai Dalegan, dari jalan arteri masuk ke utara sekitar 1 km sudah sampai di lokasi. Pantai Delegan sangat cocok untuk wisata pantai, lomba perahu atau memancing. Pantai berpasir putih ini setiap bulan Agustus diadakan atraksi wisata berupa perlombaan yang terkait dengan wisata bahari.Pantai Delegan dibuka untuk umum sejak tahun 2003. Sebelumnya pantai ini belum pernah dikelola, hanya sekedar untuk tempat bermain anak-anak. Namun lambat laun pengunjung semakin banyak sehingga untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung kemudian dikelola oleh desa.Pantai Delegan memiliki luas 2.5 hektar dan pasirnya berwarna putih. Ombak yang ada disini cukup stabil. Sehingga banyak pengunjung yang sangat menikmati pantai ini dan tidak sedikit diantara mereka yang berenang dipantai.

Untuk fasilitas, meski dibilang minim, tapi inilah yang menjadi daya tarik sendiri sehingga pantai ini terlihat alami. Disini juga tersedia tempat bermain anak-anak, tempat bilas, dan makanan.



Obyek wisata ini kian menarik karena memiliki keelokkan yang tidak dimiliki obyek wisata lainnya yang ada di Gresik, bahkan sekitarnya. Karena sederetan pantai yang terdapat di Gresik belum ada ditemukan pasir yang selembut dan seputih di pantai delegan ini.
Keindahan pantai Delegan memang terletak pada butir pasir putih yang indah, dengan aliran gelombang lautnya yang tenang. Memang gelombang air laut yang tak begitu tinggi ini, dapat menguntungkan anak-anak untuk bermain-main ria di pantai itu. Mandi di pantai dan berperahu juga tetap merupakan daya tarik tersendiri, khususnya bagi anak-anak dan remaja. Kegiatan ini biasanya dilanjutkan dengan berjemur di terik matahari. Terkadang para wisatawan menanti saat sunset di pantai ini.

Kunjungan wisatawan ke pantai Delegan yang rata-rata meningkat tiap tahunnya, dapat membantu mendongkrak perekonomian bagi penduduk setempat.
Penduduk sekitar yang berada dalam empat pedukuhan itu, memanfaatkan obyek wisata ini sebagai lahan mencari nafkah. Ban-ban bekas yang awalnya tidak berfungsi, kini dapat diandalkan menjadi ladang keuntungan. Guna disewakan pada para wisatawan yang ingin berenang di tepian pantai.
Bahkan ada pula yang membuka souvenir, stan warung nasi, atau hanya menjual makanan ringan, serta usaha lainnya yang dikelola oleh warga setempat.
Tentu saja, hal itu memberikan keuntungan tersendiri kepada masyarakat desa Delegan. Berawal dari suatu tempat yang terlantar, kini secara perlahan dapat menjadikan ladang emas yang siap untuk merubah kehidupan masyarakatnya.

Berikut adalah Peta Lokasi Pantai Delegan: 


Lihat Pantai Dalegan di peta yang lebih besar

Pengunjung yang menuju ke pantai Delegan dengan rute dari arah timur, akan disuguhi pemandangan alami dari hutan jati sebelum Kecamatan Panceng. Pasir putih Delegan ini letaknya sangat strategis. Berada di perbatasan kota Gresik-Lamongan. Jalur ini biasa dilewati wisatawan yang sedang melewati pantai utara atau di sekitar hutan jati. Karenanya, sangat potensial dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Jawa timur.


Pantai ini menyuguhkan keindahan pantai yang landai dengan pasirnya yang putih bersih. Sehingga para wisatawan yang datang ke sana akan merasakan keeksotikan sebuah pantai yang indah. Di pantai yang airnya jernih ini, pengujung bisa berperahu ke tengah laut dengan aman, karena riak gelombangnya kecil. Selain itu juga dapat bermain air, berenang, mandi, atau sekedar berbasah-basahan di pantai ini.

Di tepi pantai ini, wisatawan bisa menikmati kenyamanan di bawah rindangnya pepohonan. Serta tak kalah menariknya, menikmati matahari tenggelam (sunset) saat fajar mulai menjelang.


.Mode Fashion OkRek . . .

Semen Gresik (Sekarang PT Semen Indonesia)

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (dahulu PT Semen Gresik (Persero) Tbk) (IDX: SMGR) adalah pabrik semen yang terbesar di Indonesia. Pada tanggal 20 Desember 2012, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk resmi berganti nama dari sebelumnya bernama PT Semen Gresik (Persero) Tbk. Diresmikan di Gresik pada tanggal 7 Agustus 1957 oleh Presiden RI pertama dengan kapasitas terpasang 250.000 ton semen per tahun. Pada tanggal 8 Juli 1991 Semen Gresik tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya sehingga menjadikannya BUMN pertama yang go public dengan menjual 40 juta lembar saham kepada masyarakat.


Pada tanggal 20 Desember 2012, melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Perseroan, resmi mengganti nama dari PT Semen Gresik (Persero) Tbk, menjadi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Penggantian nama tersebut, sekaligus merupakan langkah awal dari upaya merealisasikan terbentuknya Strategic Holding Group yang ditargetkan dan diyakini mampu mensinergikan seluruh kegiatan operasional. Saat ini kapasitas terpasang Semen Indonesia sebesar 29 juta ton semen per tahun, dan menguasai sekitar 42% pangsa pasar semen domestik. Semen Indonesia memiliki anak perusahaan PT Semen PadangPT Semen Tonasa dan Thang Long Cement.


Semen Portland Tipe I. Dikenal pula sebagai ordinary Portland Cement (OPC), merupakan semen hidrolis yang dipergunakan secara luas untuk konstruksi umum, seperti konstruksi bangunan yang tidak memerlukan persyaratan khusus, antara lain : bangunan, perumahan, gedung-gedung bertingkat, jembatan, landasan pacu dan jalan raya.
Semen Portland Tipe II. Di kenal sebagai semen yang mempunyai ketahanan terhadap sulfat dan panas hidrasi sedang. Misalnya untuk bangunan di pinggir laut, tanah rawa, dermaga, saluran irigasi, beton massa dan bendungan.
Semen Portland Tipe III. Semua jenis ini merupakan semen yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan bangunan yang memerlukan kekuatan tekan awal yang tinggi setelah proses pengecoran dilakukan dan memerlukan penyelesaian secepat mungkin. Misalnya digunakan untuk pembuatan jalan raya, bangunan tingkat tinggi dan bandara udara.
Semen Portland Tipe V. Semen jenis ini dipakai untuk konstruksi bangunan-bangunan pada tanah/air yang mengandung sulfat tinggi dan sangat cocok untuk instalasi pengolahan limbang pabrik, konstruksi dalam air, jembatan, terowongan, pelabuhan dan pembangkit tenaga nuklir.
Special Blended Cement (SBC). Semen khusus yang diciptakan untuk pembangunan mega proyek jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) dan cocok digunakan untuk bangunan di lingkungan air laut. Dikemas dalam bentuk curah.
Portland Pozzolan Cement (PPC). Semen Hidrolis yang dibuat dengan menggiling terak, gypsum dan bahan pozzolan. Digunakan untuk bangunan umum dan bangunan yang memerlukan ketahanan sulfat dan panas hidrasi sedang. Misalnya, jembatan, jalan raya, perumahan, dermaga, beton massa, bendungan, bangunan irigasi dan fondasi pelat penuh.


Lokasi pabrik sangat strategis di Sumatera, Jawa, Sulawesi dan Vietnam menjadikan Semen Indonesia mampu memasok kebutuhan semen di seluruh tanah air yang didukung ribuan distributor, sub distributor dan toko-toko. Selain penjualan di dalam negeri, Semen Indonesia juga mengekspor ke beberapa negara antara lain: Singapura, Malaysia, Korea, Vietnam, Taiwan, Hongkong, Kamboja, Bangladesh, Yaman, Norfolk USA, Australia, Canary Island, Mauritius, Nigeria, Mozambik, Gambia, Benin dan Madagaskar.
Semen Padang. Semen Padang memiliki 4 (empat) pabrik semen, kapasitas terpasang 6 juta ton semen pertahun berlokasi di Indarung, Sumatera Barat. Semen padang memiliki 5 pengantongan semen, yaitu : Teluk Bayur, Belawan, Batam, Tanjung Priok dan Ciwandan.
Semen Gresik. Semen Gresik memiliki 4 pabrik dengan kapasitas terpasang 8,5 juta ton semen per tahun yang berlokasi di Tuban, Jawa Timur. Semen Gresik memiliki 2 pelabuhan, yaitu : Pelabuhan khusus Semen Gresik di Tuban dan Gresik. Semen Gresik pabrik Tuban berada di Desa Sumberarum, Kec Kerek.
Semen Tonasa. Semen Tonasa memiliki 4 pabrik semen, kapasitas terpasang 6,5 juta ton semen per tahun, berlokasi di Pangkep, Sulawesi Selatan. Semen Tonasa memiliki 9 (sembilan) pengantongan semen, yaitu : Biringkasi, Makassar, Samarinda, Banjarmasin, Pontianak, Bitung, Palu, Ambon, Bali.
Thang Long Cement Company. Thang Long Cement Company memiliki kapasitas terpasang 2,3 juta ton semen per tahun, berlokasi di Quang Ninh, Vietnam, Thang Long Cement Company memiliki 3 (tiga) pengantongan semen.



Batik Shino - Fashion Batik Kerja

Blus Lotsi - Batik Java

Blus Songket [batik etnik baru]

Blus Bunga Dongker (Blus batik unik...

Makam Fatimah binti Maimun

Sponsor
blus-audrey-batik-modern-untuk-yang.html
Fatimah binti Maimun bin Hibatullah adalah seorang perempuan beragama Islam yang wafat pada hari Jumat, 7 Rajab 475 Hijriyah (2 Desember 1082 M). Batu nisannya ditulis dalam bahasa Arab dengan huruf kaligrafi bergaya Kufi, serta merupakan nisan kubur Islam tertua yang ditemukan di Nusantara. Makam tersebut berlokasi di desa Leran, Kecamatan Manyar, sekitar 5 km arah utara kota Gresik, Jawa Timur.

Hari Adi
Siti Fatimah binti Maimun

Tokoh ini dikenal pula dengan sebutan “PUTRI RETNO SUWARI”. Putra Sultan Mahmud Syah Alam dari Negeri Kamboja ini dengan ikhlas menyediakan dirinya sebagai wanita persembahan untuk mengislamkan Raja Majapahit yang beragama Hindu.

Menurut data sejarah, Leran adalah pesisir utara Pulau Jawa menjadi tempat pertama bermukimnya para perantauan dari Cina, terbukti adanya sisa-sisa kehidupan Bandar abad 10 – 15 M dengan sebutan situs pasucian. Di desa ini terletak Makam Siti Fatimah Binti Maimun, menurut data archeology merupakan makam Islam tertua di Asia Tenggara.

Model makamnya sangat unik, karena berbentuk cungkup dengan dinding dan atapnya terbuat dari batu putih kuno. Kalaupun arsitektur cungkup makam beliau mirip dengan bentuk candi, konon ceritanya cungkup tersebut memang dibangun oleh Raja Majapahit untuk menebus perlakuannya yang kurang bersahabat terhadap utusan Raja Kamboja, padahal ternyata bermaksud baik.

Haul Makam Leran jatuh pada tanggal 15 syawal. Makam ini terletak di Desa Leran Kecamatan Manyar di tepi jalan Daendeles (jalan pantai utara jawa) berjarak sekitar 7 Km dari sebelah barat laut Alun-alun kota Gresik, sehingga sangat mudah dijangkau dengan transportasi umum.

Masjid pertama di desa itu didirikan oleh Maulana Malik Ibrahim sebagai syiar agama Islam. Masjid tersebut mempunyai keistimewaan dengan adanya kolam tempat berwudlu yang dinamakan PESUCIAN. Sampai sekarang masih dipercaya sebagian orang bahwa airnya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit

Temuan batu nisan tersebut merupakan salah satu data arkeologis yang berkenaan dengan keberadaan komunitas Muslim pertama di kawasan pantai utara Jawa Timur. Gaya Kufi tersebut menunjukkan di antara pendatang di kawasan pantai tersebut, terdapat orang-orang yang berasal dari Timur Tengah dan bahwa mereka juga merupakan pedagang, sebab nisan kubur dengan gaya Kufi serupa juga ditemukan di Phanrang, Champa selatan. Hubungan perdagangan Champa-Jawa Timur tersebut adalah bagian dari jalur perdagangan komunitas Muslim pantai pada abad ke-11 yang membentang di bagian selatan Cina, India, dan Timur Tengah.




Sumber tertulis tertua yang menulis legenda mengenai seorang putri dari Leran ialah Sajarah Banten, yang ditulis tahun 1662 atau 1663. Disebutkan bahwa pada masa Islamisasi Jawa, seorang bernama Putri Suwari dari Leran ditunangkan dengan raja terakhir dari Majapahit.
Moquette juga menyampaikan legenda setempat yang dicatatnya saat ia mengunjungi Lerah, bahwa makam tersebut adalah kubur seorang putri raja bernama Putri Dewi Suwari, yang memainkan peranan penting di awal sejarah Islam di pulau Jawa. Putri tersebut dihubung-hubungkan dengan Maulana Malik Ibrahim (wafat 822 H/1419 M), seorang wali terkenal yang makamnya terdapat di kota Gresik, entah sebagai istrinya atau muridnya. Legenda tersebut tidak dapat diterima karena terdapat jarak 400 tahun antara kedua tokoh tersebut.


Inskripsi nisan terdiri dari tujuh baris, berikut ini adalah bacaan J.P. Moquette yang diterjemahkan oleh Muh. Yamin, sbb.:
Atas nama Tuhan Allah Yang Maha Penyayang dan Maha Pemurah
Tiap-tiap makhluk yang hidup di atas bumi itu adalah bersifat fana
Tetapi wajah Tuhan-mu yang bersemarak dan gemilang itu tetap kekal adanya
Inilah kuburan wanita yang menjadi kurban syahid bernama Fatimah binti Maimun
Putera Hibatu'llah yang berpulang pada hari Jumiyad ketika tujuh
Sudah berlewat bulan Rajab dan pada tahun 495
Yang menjadi kemurahan Tuhan Allah Yang Maha Tinggi
Bersama pula Rasulnya Mulia
Baris 1 merupakan basmalah sedangkan baris 2-3 merupakan kutipan Surah Ar-Rahman ayat 25-26, yang umum dalam epitaf umat Muslim, terutama di Mesir.



Batik Shino - Fashion Batik Kerja

Blus Lotsi - Batik Java

Blus Songket [batik etnik baru]

Blus Bunga Dongker (Blus batik unik...

z Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh :f Afandi, Blogger, Tenda Suwur, GMP, Mode suwur, OmaSae, #, - # -