"Jodhang" tempat untuk menandu "Gawan"

Andy Buchory
"Jodhang" tempat untuk menandu "Gawan" atau bawaan dari mempelai putra ke mempelai putri... menurut keterangan yang ada di sinoman, "Jodhang" ini berusia +/-200 tahun



Muhammad Samsul 
Ada yang menyebutnya "Rengkek"


Al Jawawut 
Jodhang joli jempono....di benjeng th 80-90 masih banyak si jumpai tradisi arak arakan pengantin laki yang sebagian pengiringnya mikul jodhang yang isinya berbagai macam,dan makanan terdiri dari brapa macem makanan....dari mulai jodang sampai isinya punya filosofi tersendiri buat mempelai.termasuk ancak yang di pikul isinya ilir,kendi,dandan,cowek,kesemuanya itu tradisi kearifan lokal dari budaya jawa yang sudah mulai punah....bahkan mungkin ceritanya saja sudah mualai raib....saya kira konco2 di mata seger ada yang tergugah untuk menulis tentang jodhang maka akan lebih luar biasa,salam


Kris Adji Aw 
suatu saat prosesi arak2an kemanten Gresik dilengkapi dengan jodhang : Nurul Fajri dan teman2 HARPI Gresik...



CakPai Benjeng Nggersik 
anak2 merebutkan isi ancak sing pating cemrenthel...


Andy Buchory 
Ada 3 Jodhang yang lama tidak dipakai, dan jadi sarang tikus, akhire diputuskan untuk dijual ke pembeli barang antik.


Andy Buchory 
Jodhang yang lainnya...





Muhammad Samsul 
Tradisi arak arakan mempelai pria menuju keluarga mempelai putri disebut loro pangkon kalau bahasa Gresik pesisir disebut "Ngarak". Barang barang yg ada dalam Jodhang sesuai ukurannya dan masing masing punya makna/arti. Jodhang besar biasanya diisi peralatan dapur, jodhang sedang makanan pesta, dan jodhang kecil berisi pakaian dan perhiasan mempelai putri.
Salah satu contoh makna barang dapur yg ada di jodang besar :
-dandang & kukusan maknanya agar kedua mempelai setelah menikah "nhdang iso ngukus derajate awake lan wong tuwane"
-Kipas/ilir ; isoo ngiliri utowo nguripi obor paseduluran sing mati.
-kendil isi kelopo ; nek wis njendil, mari lapo lapo ? Ha ha 
-cobek/cowek : asale konco dewek, saiki dipek.
isi Jodang sedang :
Sarung : nutupi barang sing koyok penthong.
-jarit/sewek nutupi barang sing suwek.
Jadi barang bawaan dalam jodhang mempunyai makna kiasan/sanepan/cangkriman dan juga makna yang sebenarnya


Nanang Fawzy 
Dulu kalo yg nikah masih satu desa biasanya jodhang masing dipakai buat tempat peningset


Bagus Cahyono 
Jodhan yang bagian atasnya datar sekarang menghiasi hotel berbintang difungsikan sebagai meja antik. Novotel


Andy Buchory 
Jodhang seperti ini biasanya atapnya dilepas dan diganti tutup datar menjadi meja... seperti yang ada di D'Lodjie Cafe


Nanang Fawzy 
Skrng Jodhang sdh beralih fungsinya,dulu jodhang buat tempat seserahan skrng jd pajangan/jadi meja dll...

Disalin dari Grup Mataseger di Facebook
Foto-foto oleh Andy Buchory

Makam Siti Fatimah Binti Maimun

Jumat, 29/03/2013 07:38
Mengunjungi Makam Siti Fatimah Binti Maimun

dicopy dari Gresik, NU Online
Makam Siti Fatimah Binti Maimun terletak di desa Leran kecamatan Manyar atau sekitar 7 km sebelah utara kota Gresik.

Tidaklah susah untuk menemukan desa Leran. Desa tersebut terletak di tepi jalan Daendels (jalan yang memanjang dari ujung timur-ujung barat pulau Jawa) yang menghubungkan Gresik-Lamongan-Tuban. Selain itu, desa Leran juga berada tidak jauh dari gerbang Tol Manyar yang menghubungkan Gresik dengan Surabaya dan Sidoarjo.

Desa Leran merupakan daerah pesisir utara pulau Jawa dan menjadi tempat yang pertama dituju Syekh Maulana Malik Ibrahim dan Siti Fatimah Binti Maimun saat tiba di tanah Jawa. Di daerah tersebut, terdapat sebuah masjid yang didirikan Syekh Maulana Malik Ibrahim saat pertama kali menyebarkan Islam di tanah Jawa. Adanya sisa-sisa kehidupan bandar adalah bukti bahwa dulunya desa tersebut kota bandar besar.

Selain dikenal sebagai kawasan industri, kecamatan Manyar juga dikenal sebagai kawasan santri. Masyarakat Manyar dikenal begitu kuat dengan tradisi Islamnya. Ditambah lagi,  banyaknya pesantren yang berdiri di kecamatan tersebut semakin menguatkan kesan kecamatan Manyar sebagai kawasan santri. Salah satu pondok yang berdiri disana adalah PP Mambaus Sholihin Suci yang diasuh oleh KH Masbukhin Faqih.

Makam Siti Fatimah terletak di dalam sebuah cungkup persegi dengan luas 4x6 M dan tinggi 16 M. Cungkup tersebut berbahan batu kapur yang diambil dari gunung Suci, Manyar. Berbeda dengan bangunan makam wali pada umumnya, cungkup makam Siti Fatimah Binti Maimun menyerupai sebuah candi pada masa Hindu-Budha. Konon, cungkup itu dibangun oleh seorang raja Budha yang hendak mempersunting Siti Fatimah.

Selain makam Siti Fatimah Binti Maimun, didalam cungkup tersebut juga terdapat makam 4 dayangnya, yakni Putri Seruni, Putri Keling, Putri Kucing, dan Putri Kamboja. Sedangkan di luar cungkup, terdapat beberapa makam kerabat Siti Fatimah yang konon turut mengantar Siti Fatimah menyebarkan Islam di tanah Jawa. Menariknya, diantara banyak makam tersebut, terdapat 8 makam panjang yang menyita perhatian banyak orang. Makam panjang tersebut terdiri dari 6 makam panjang berukuran 9 meter dan 2 makam panjang berukuran 6 meter. Pemilik dari 8 makam panjang tersebut adalah Sayid Jafar, Sayid Harim, Sayid Syarif (ketiganya paman Siti Fatimah), Sayid Jalal, Sayid Jamal, Sayid Jamaluddin, Raden Ahmad, dan Raden Said.

Selain itu, tedapat pula beberapa makam warga sekitar. Konon, dulunya area makam Siti Fatimah Binti Maimun merupakan tempat pemakaman umum. Tetapi, semejak tahun 70-an atau saat Makam Siti Fatimah Binti Maimun diambil alih Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Timur, area makam tersebut tidak lagi dibolehkan menjadi pemakaman umum.

Sejarah Siti Fatimah Binti Maimun

Menurut H Hasyim Ali, juru kunci makam, Siti Fatimah atau dikenal dengan sebutan Putri Retno Suwari lahir di Malaka pada tahun 1064 Masehi. Ayahnya bernama Maimun (bergelar Sultan Mahmud Syah Alam) berasal dari Iran. Sedangkan ibunya bernama Siti Aminah berasal dari Aceh. Maimun sendiri merupakan sepupu dari Syekh Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik) sehingga Siti Fatimah Binti maimun merupakan keponakan dari Syekh Maulana Malik Ibrahim.

Konon, Siti Fatimah datang ke Jawa atas perintah Syekh Maulana Malik Ibrahim untuk menyebarkan Islam di tanah Jawa. Menurut H. Hasyim Ali, juru kunci makam, bukan Siti Fatimah yang datang terlebih dulu ke Jawa, melainkan Syekh Maulana Malik Ibrahim. Syekh Maulana Malik menginjakkan kaki di tanah Jawa sekitar tahun 1079-1080, sedangkan Siti Fatimah menyusul kemudian pada tahun 1081. Saat datang ke tanah Jawa, Siti Fatimah Binti Maimun masih berusia 17 tahun.

Kedatangan Siti Fatimah sendiri dimaksudkan untuk menyebarkan agama Islam lewat jalur perkawinan. Kala itu, Syekh Maulana Malik Ibrahim berniat mengawinkan Siti Fatimah dengan seorang raja Budha. Karna pada awalnya Syekh Maulana Malik mengalami kesulitan untuk menyebarkan Islam di tengah masyarakat yang masih kuat dipengaruhi Hindu-Budha. Siti Fatimah datang ke Jawa tidak sendiri. Ia ditemani ayah, ibu, beserta  rombongan yang terdiri dari kerabat dan pengikut Maimun atau Sultan Mahmud Syah Alam.

Hanya saja, sebelum misi tersebut terlaksana, Siti Fatimah terlebih dulu wafat akibat wabah penyakit yang menyerang daerah Leran dan sekitarnya kala itu. Siti Fatimah wafat pada 7 Rajab 475 Hijriyah (2 Desember 1082 M) atau saat masih beusia 18 tahun. Beserta 4 dayangnya, Siti Fatimah wafat saat masih perawan.

Kondisi Makam

Tanggal 15 Syawwal atau 15 hari setelah hari raya ditetapkan sebagai haul Siti Fatimah Binti maimun.  Tanggal itu diambil dari ditemukannya makam tersebut. Menurut H Hasyim Ali, makam Siti Fatimah Binti Maimun baru ditemukan 4 Abad setelah tahun wafatnya.

“Jadi, (haul Siti Fatimah) bukan tanggal wafatnya, tapi tanggal ditemukannya,” tutur  H Hasyim Ali

Juru kunci makam yang pertama bernama Mbah Legi. Ia menjadi juru kunci makam sekitar abad 16-an. Juru kunci makam dijabat secara turun-temurun. Juru kunci saat ini, H Hasyim Ali, merupakan keturunan ke-7 dari juru kunci yang pertama.

Saat ini, makam Siti Fatimah Binti Maimun berada dibawah perlindungan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Timur yang berkantor di Trowulan, Mojokerto. Keadaan makam sendiri bisa dibilang cukup terawat. Selain kebersihan area makam yang terjaga, keaslian bangunan makam juga benar-benar diperhatikan. Bahkan, H Hasyim Ali sangat berterima kasih atas kepedulian BP3 terhadap perawatan makam selama ini.

Di akhir cerita, H Hasyim Ali berpesan kepada masyarakat untuk meneladani perjuangan para pendahulu yang menyebarkan Islam di tanah Jawa. Menurutnya, keikhlasan Siti Fatimah Binti Maimun menyediakan dirinya untuk dinikahkan dengan raja Budha demi tersebarnya agama Islam sungguh sebuah pengorbanan yang luar biasa kala itu. Hingga tak lama kemudian, wabah penyakit pun datang dan akhirnya Siti Fatimah Binti Maimun meninggal dunia.

“Pengabdiannya kepada agama harus kita teladani,” tutur H Hasyim Ali menutup ceritanya.


Redaktur    : Mukafi Niam
Kontributor: Ahmad Faiz

Tulisan disalin dari
www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,2-id,43398-lang,id-c,daerah-t,Mengunjungi+Makam+Siti+Fatimah+Binti+Maimun-.phpx

Foto-foto oleh Afandi

Makna Kemerdekaan bagi kita

Achmad Syaifullah Amin
69 th sudah, kita Merdeka....tp sebenarnya, apa sih makna Kemerdekaan bagi kita, dan apakah kita skrg sudah benar benar MERDEKA...???. Tlg masukanya dulur........

Bagus Cahyono 
Secara Kedaulatan kita memang sudah menjadi negara MERDEKA.
Dalam artian, Bangsa dan Negara Indonesia sudah bukan merupakan negara jajahan.
Kemerdekaan adalah merupakan kesempatan emas bagi kita untuk menentukan arah mana yang kita tuju, dengan cara apa yang akan kita tempuh. Dan semua itu ada konsekuensinya. Demi mencapai cita2 Negara dan Bangsa Indonesia : Masyarakat Sejahtera, Adil, Makmur.

Di luar sana, Kekuatan asing mengintai dan menekan dengan segala kelebihannya
Di dalam sini. Kelemahan2 pemerintahan dan segala keterbatasan bangsa. 
Dua permasalahan yang harus dihadapi negara.

Kembali kepada makna Kemerdekaan, apa yang sudah dan akan kita sumbangkan dalam kesempatan emas ini kepada negara dan bangsa agar tercapai cita2 di atas ?


Afandi Kusuma 
sesuai yang diiklan,
merdeka berarti bebas berbudaya dan bebas beragama

sedangkan sumber daya alam kita boleh saja belum merdeka


Bagus Cahyono 
Coba Cak Afandi, silahkan dipaparkan apa makna merdeka menurut Njenengan.

Afandi Kusuma
ok, Pak Bagus Cahyono, aku cari kerpek an dulu ya..


Bagus Cahyono 
Hahahaha... Kapan Indonesia maju, generasinya ngrepek melulu.... wkwkwkwk


Afandi Kusuma 
sebenarnya sih kalau aku memperhatikan saudara-saudaraku setanahair ini, sangat prihatin, penjajahan di bidang politik, ekonomi dan kebudayaan menjadikan umat di negeri ini tidak sadar kalau dijajah, sehingga tidak melawan, sebagaimana kalau dijajah secara fisik.


Afandi Kusuma 
oh itu, dalam rangka belajar dari sejarah Pak Bagus Cahyono


Bagus Cahyono 
Kelemahan kita sebagai bagian dari bangsa ini adalah merasa paling pintar, lalu membodohkan orang lain. Merasa paling benar dan menyalahkan orang lain. Kalau perlu mencari kambing hitam.
Masih mencari kebebasan hingga batas maksimal, 
Hanya mau diatur oleh yang Maha mengatur, tapi tidak dimulai mengatur diri sendiri. 


Afandi Kusuma 
Merdeka secara lahir : terbebas segala bentuk penjajahan. Baik secara fisik maupun non fisik. 

Merdeka secara batin : diwujudkan dalam bentuk kemerdekaan dari penghambaan terhadap selain Allah.


Afandi Kusuma 
nah ini ketemu hasil kerpek annya:
"Kemerdekaan hakiki adalah Bebas dari penghambaan pada makhluk, Hanya tunduk pada Allah semata"


Afandi Kusuma 
setuju dengan yang dikatakan Pak Bagus Cahyono


Bagus Cahyono 
Kalau Indonesia sebagai Negara Merdeka gimana ??


Afandi Kusuma
Indonesia sudah memiliki kedaulatan teriotirial sendiri, kebebasan membuat (atau mengadopsi) hukum sendiri, bebas mengatur dirinya sendiri, namun, seperti yang Pak Bagus tuliskan di atas, masih ada "kekuatan asing (yang) mengintai dan menekan".

Afandi Kusuma 
Karena kebebasan yang dimiliki oleh Indonesia, maka kita bisa menggabungkan kebebasan yang dimiliki Indonesia itu dengan tujuan kemerdekaan hakiki kita.



Disalin dari diskusi di Grup Suara Gresik di Facebook

CERME berasal dari kata CAREME yang artinya "tempat pertempuran"

Dari Totok Mc
kita tinggalkan masalah pilpres ramai juga masalah jalur Gaza, saya coba untuk menulis sedikit tentang sebuah tempat diwilayah kabupaten ini, CERME sebuah kota kecamatan yang hanya dilewati disetiap kegiatan kesehariannya ,tapi tempat ini mempunyai makna yang begitu dalam bagi penulis, tempat ini juga sudah melahirkan tokoh besar seperti Bpk Soedarmono yang pernah jadi wakil presiden republik ini, juga aktor besar Ratno Timoer juga hadir di tempat ini, bahkan itu yang saya angkat dalam hal ini, artikulasi dari kata Cerme itu sendiri dalam perjalanan sejarahnya Cerme saat ini diartikan secara umum yang artinya ancer ancere rame, tapi dalam artikulasi yang sebenarnya CERME berasal dari kata CAREME yang artinya "tempat pertempuran" ini lah arti yang sebenarnya, ini dikisahkan dalam perjalanan tentara Mojopahit yang akan menyerbu ke kasunan Giri, ini dapat dibuktikan dari makam makam lama yang ada dibelakang kantor pos Cerme, polsek Cerme, KUA Cerme, disitu terletak makam pungawa Mojopahit seperti kebo abang, lembu gumarang,dan untuk wadiyo bolo dri Giri dimakamkan di makam desa Cerme lor lebih dikenal dengan nama mbah Senari, juga ada pangeran Bisu, itu saya sekilas tulisan tentang Cerme, dan disitu merupakan situs budaya yang perlu di lestarikan keberadaannya.

semoga bermanfaat.


Nanda Bee 
Terus gali dan share sejarah n peristiwa ds.cerme dan sktarnya agar kita lebih mengerti .


Abdul Karim Almaimunah 
Apa CERME bukan karena banyak pohon Cermenya ya?


Priyono Nggersik 
Benar mas totok.. Tapi sayangnya kurang terawat mas, kebetulan tempat tinngalku dekat2 situ.. Tks share-nya

Mas Arjuna Udik 
cerme merupakan pertemuan dari dua kerajaan yaitu mojopIt dN kerajaan giri pada waktu itu.kerajaan mojopait ingin menyerang kerajaan giri dan terjadilah pertempuran dua kerajaan tsb di daerah yg skrg di sebut cerme.sumber dari asal-usul desa cerme.dan masih bnyk lg cerita yg ada di cerme.diantaranya.ada desa betiting..ngabetan..wedani..kandangan..dsb..

Mas Arjuna Udik 
aku jg warga betiting mas totok...syuippp sekali2 bahas sejarah di group ini..biar tdk lupa dgn sejara..ok dilanjut..

Abdul Karim Almaimunah 
Monggo Mas di share apabila ada sejarah Cerme dan desa sekitar..untuk menambah pengetahuan tentang Sejarah..

Totok Mc 
Nanda Bee insya allah dlm waktu dekat saya angkat lebih detail

Totok Mc 
Abdul Karim Almaimunah bukan bapak itu yg sebenarnya tpi banyak dilupahkn bahkan tdk diketahui orang cerme sendiri
Budy Santoso wong asli cerme hadir bro

Yudhi 
Saya asli Leran Makam panjang, tp skrng tinggal brsma istri di Gedangkulut Cerme, saya pribadi orngnya suka tnya apabila brada di tmpt manapun slalu hrus tau sjarah tmpt lokasi yg prnh kusinggahi,tp kali ini anehnya sdh tinggal 8 bln di Ds. Gedangkulut cerme tiap warga maupun sesepuh bhkn mertuaku sndiri tak tanyai sjarah awal mula adanya Desa tsb tdk tau sama sekali,apalagi di dkat masjid ada makam keramat, bhkn orng skitar kampung kutanyai tdk mengrti jg. Seakan-akan aq prcuma tinggal dikampung yg kudiami tp tdk mengerti sejarahnya. Dimohon para ahli sejarah jk ada yg tau mohon diceritaka sejarah awal mula adanya Ds. GEDANGKULUT CERME. Skian trimakasih.

CakPai Benjeng Nggersik 
Joko umbaran tokoh pemuda yg mnjd prajurit ikut dlm peprangan s crme. makamnya di bawah pohon Loh di sekitar lokasi SMKN Cerme. Konon joko umbaran org yg baik & suci, senang memakai kain batik motif Parang Centhel (udeng), mangkanya dulu ada mitos warga cerme tabu mengenakan batik motif itu. (info dr p.carik)

CakPai Benjeng Nggersik 
sy br pindah ke cerme, menarik utk menggali sejarah cerme.
Totok Mc yudhi desa njenengan kui too ,masih dlm lingkup nya sesepuh desa padeq yg njenengan maksud dgn makam tsbut ,masih dlm rentetan perjalanan wadiyo bolo mojopahit ke kasunanan Giri

Totok Mc 
CakPai Benjeng Nggersik kalo joko umbaran itu bkan prajurit tpi salah satu setingkat seno pati yg ditugaskan tuk penyebaran islam beliau berasal dri jawa tengah demak yg diutus ke pasuruan ,makam beliau tdk ada ,beliau mukso tepatnya di tlogo selatan gang 4,kalo smk 1 cerme itu base camp wadiyo bolo mojopahit maka dinamakan alas jurit termasuk dsun jurit. pakaiannya warna coklat gelap kalo jariknya da bener

Disalin dari Grup Suara Gresik di Facebook

Pertempuran pasukan Giri di Careme -wadyo bolo Mojopahit

Totok Mc

Setelah mengalami pertempuran dengan pasukan Kedaton Giri di Careme maka perjalanan wadyo bolo Mojopahit melanjut perjalanannya ke Ngiri. nah dalam perjalanannyua ke Giri melalui beberapa tempat menyusuri rawa rawa ke barat desa Cagak Agung, Wedani, Gedangkulut, baru nyampek di desa Padeg, inji asal muasal desa Padeg yang artinya sudah dekat, semua wadyo bolo Mojopahit kembali istirahat dan mengasah kembali peralatan perangnya dengan Mande kembali senjatanya tepatnya di utara Padeg sekarang ada punden yang namanya pandean, sedangkan kuda dan keretanya diistirahatkan di desa Wedani sebagai pedoknya. Kembali membahas desa Padeg (Pareg) dalam [pelaksanaannya mande wadyo bolo Mojopahit meninggalkan beberapa besi bulat yang tersisa. Terutama di Pandean, dan yang pernah saya lihat di depan paimanan masjid Jami" padeg ada 5 biji karena ada pembangunan masjid tesebut mungkin terkubur di situ bahkan jaman lurahnya yg lama pernah saya ingatkan untuk diselamatkan). Wadyo bolo kembali melanjutkan ke timur disitu ada tempat pemukiman baru maka dinamakan Banjar Anyar (sekarang Banjar Sari) ke timur lagi disitu perjalanan wadyo bolo Mojopahit terhambat dengan rawa rawa yang embet embetane miring maka disebut desa Betiring. Kembali wadyo bolo Mojopahit arerembangan melalui rawa rawa maka ditempat ngentase dinamakan desa Krembangan. setelah itu pasukan wadyo bolo Mojopahit kembali bertempur dengan wadyo boilo kasunanan Giri dalam pertempurannya pasukan Giri mempergunakan sistim Adedemitan (gerilya) bukan punya pasukan demit yang selama ini diwacanakan di kalangan umum bahwa kanjeng Sunan Giri punya pasukan demit. Disini tercipta sistim gerilya yang pertama diciptakan jadi yang menciptakan perang gerilnya sebenarnya kanjeng sunan Giri.

Catatan ; bahwa Cerme sampai dengan Bajarsari dulu tak ada jalan raya.
terima kasih semoga bisa bermanfaat bagi kita semua

Achmad Yunus 
sejarahnya leran ada gak mas.

Totok Mc 
leran yg versi mana ada dua versi tuk leran mas,sebelum jamannya wali songo dan sesudahnya mas
Achmad Yunus 
sebelumnya saja mas.soale denger2 dulu ada pelabuhan besar disitu.

Andy Buchory
 Ada juga cerita bahwa yang babat alas desa Banjarsari adalah murid sunan Giri yang dari banjar, dan diingatkan oleh sunangiri klo ancer2 yg dimaksud salah, dan akhirnya babat alas lagi dan sekarang menjadi banjarsari manyar.karena itulah nama banjarsari ada 2.

CakPai Benjeng Nggersik 
Totok Mc wah lwt cagak agung ya, rmh sy itu. 

Romeo Romeo
 rmhq banjarsari rek hehhehe


Iwan Smile 
#totok prnh dngr raden panji g itu jg seorang sunan yg skrng dimakamkan didesa wedani crtx dulu sebelum adax wali songo raden panji sudah ada terlebih dahulu..klo tau crtx tolong diceritakan makasih..


Fardan Almuttaqi 
tu jalurQ kalo mudik k gresik. meski skrg aq jd warga mojopahit tp aq tetep LOPE GRESIK PUOL!!! kami tunggu inpo brmanfaat macam ni lg kang Totok MC


CakPai Benjeng Nggersik 
konco2 sing omah cerme, ayo kapan2 sowan ketemu pak Totok Mc ben didongengi sejarahe cerme. 

Andy Buchory 
Critane wes onok kabeh mulai Cerme, Wedani dan Raden Panji, Asal Mula 2 desa Banjarsari di buku "Sang Gresik Bercerita" yang sebentar lagi akan terbit (mudah2an gak kepotong pemangkasan halaman). Fotone dan ilustrasine yo onok.


Ina Estianty 
#Banjar Sari_Manyar.... #Hadirr pak!!


Satrio Wirang 
Teruskan Pak Totok. Di sini bisa langsung di baca. Gratis pisan hahaha


Bob Taufik 
alamt pak totok dmn..? tksh


Achmad Yunus 
wah brarti banjarsari manyar termasuk dibuka sunan giri.lbh jelasnya tlg dicritakan mas.soale aq arek banjarsari manyar.


Totok Mc 
Ahmad yunus,kalo era sebelum wali songo ya memang ada pelabuhan didaerah leran ini kalo njenengan sempat jalan jalan ada bekas bekas keramik guji dsnnya tepatnya didaerah tambak2 masuk desa Betoyo yg berbatasan dgn leran dipingir kali disitu karamnya kapal sam po kong dlm perjalanan ke sedayu lama.lerannya sendiri menyangkut sayid jamal dan sayid kamal sbgai basis penyebaran islam dgn cara angon kambing disitu cara cara yg dipakai oleh beliau sebelum syeh subakir datang ke tanah jawa untuk numbali tanah jawa.


Totok Mc 
Ahmad buchory benar mas makanya kasebat wonten serat babat tanah jawi pangonan kang enggal mulane kaparing tetenger Banjaranyar berubah menjadi Banjarsari dierah thun 80 an kalo gk salah bupatinya Bpk Soelarso perubahannya nama banjarsari


Totok Mc 
Cak pa'i benjeng, injeh pak lintange cagakagung ngilen yem rel dereng wonten radosan taseh rowo rowo jln ke utara itu pembangunan melalaui pemerintah kolonial belanda mas


Totok Mc 
Romeo romeo banjarsarine ta betiring


Totok Mc 
Iwan smile iyaaaa benar dan jga dengar setahu saya raden panji ini berasal dr daerah jawa tengah bersama ki joko umbaran yg dicerme kidul, salah satu angota utusan ke pasuruan dri kasunanan pajang bkan sebelum wali songo sebelum mataram islam

Totok Mc 
Fardan ora opo opo mas mojopahit ritek yg penting ttp jiwanya rang gresik


Totok Mc 
Cak Pa'i monggo kulo tenggoh


Totok Mc 
Ina estyanty Banjar anyar manyar itu jamannya Siti Fatimah binti maimun


Totok Mc 
Andy buchory ea mas itu setelah era sayid jamal dan sayid kamal eranya Siti Fatimah binti Maimun termasuk putri cempo dan putri kucing atau kuning sbgai abdi dalemnya makanya haulnya leran banjar anyar sepekan setelah ngiri


Totok Mc 
Satrio wirang nyapo mas kq pakai nama isin bareng hajahaha matur nuwun dukungannya,tunggu edisi revulusi " kenapa gresik tidak terjdi pertempuran sama sekali selepas soerabaja digempur habis habisan oleh inggris dan kawan kawn,suatu pertanyaan besar kan tuk warga gresik,


Totok Mc 
BOB Taufik Alamat saya skrng ada di perumahan graha menganti boz,ada yg bisa saya bantu



Di salin dari Grup Suara Gresik di Facebook

Dengki terhadap Rezeki orang lain menghalangi rezeki kita

Arief Woengdoeso
_saudaraku_
"bukan org laen yg menghalangi rezeki kita tp krn kita dengki trhdp rezeki org lain itu yg menghalangi rezeki kita"..
semoga jd renungan_

Pake Maulana 
Siiiiip...maaaas....semoga kita semua di jaukan dari sifat dengki....ribuan trimakasi maaas

Arief Woengdoeso 
Amiiin... kembali kasih sodaraku Pake Maulana..

Pake Maulana 
Iyaa maaas....menjaga kerukunan lebi utama maaaas...saling sama2 mengingatkan sesama teman itu bnyak mangfaatnya.

Afandi Kusuma 
dengki memang penyakit berbahaya yang mesti dibuang jauh

Pake Maulana 
Mari sama2 yg punyak petunjuk untuk hilangkan penyakit dengki...bagi2 resep nya...konca2 SUARA GRESIK resep nya mana...?

Arief Woengdoeso 
_betul muantep_ 
ciri dengki belum tentu diucapkan tp hati biasanya melihat org laen sukses gmn gemuruh tdk.. byk org mlhat org laen sukses duluan hatinya g ridlo,hal semacam inilah yg mempersulit dan menghalangi rezeki kita.. ingat hukum tarik menarik,jika kita ridlo maka setidaknya kita jg diridloi..
_semoga jd renungan sodaraku semua...

Afandi Kusuma
Pake Maulana
ikhlas, nrimo
pandai bersyukur
suka membantu orang lain
dan yang penting adalah selalu bertakwa karena
“Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya.” (QS at-Thalaq [65]: 3).
sehingga tidak sempat dengki lagi

Arief Woengdoeso 
sodaraku Pake Maulana resepnya kita musti ikhlas dan ridlo terhadap apapun...

Afandi Kusuma 
saya juga ada pengalaman mengetahui sendiri,
orang yang dengki mau berkorban dengan merugikan dirinya sendiri untuk tidak memberikan keuntungan bagi orang lain.
jika dia memberikan keuntungan bagi orang lain itu, dia juga akan mendapatkan keuntungan, namun karena kedengkiannya, tidak mau membuat orang lain mendapatkan keuntungan, bukan saja dia merelakan tidak mendapat untung, namun juga dia rela merugi.
(ini masih di dunia, belum di akhirat)

Pake Maulana 
Afand@..Arief@ berjuta2 trimakasi ku ucapkan untuk anda....iklas itu letakya di mana..dan bagai mana kita mau memulainya..???? H h h h h h h h h...tak terlintas di hadi untuk debat maaas biar gambyg....mklum kurang sekola aku iki h h h h h h h

Afandi Kusuma
 Ikhlas adalah memurnikan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah. 
Ada pula yang berpendapat, ikhlas adalah mengesakan Allah dalam beribadah kepadaNya. 
Ada pula yang berpendapat, ikhlas adalah pembersihan dari pamrih kepada makhluk.

“Ikhlas ialah, membersihkan amal dari setiap noda.” 
Ada juga yang berkata : “Seorang yang ikhlas ialah, seorang yang tidak mencari perhatian di hati manusia dalam rangka memperbaiki hatinya di hadapan Allah "



Disalin dari Grup Suara Gresik di Facebook

Parkir berlangganan di Gresik otomatis ditambahkan pada saat renew STNK

Cariems AC
biaya parkir berlangganan digrsik otomatis ditambahkan pada saat renew STNK..dengan kata lain semua pemilik kndaraan bermotor yg terdaftar di area gresik wajib berlangganan..apakah kbijakan ini adil untuk pemilik motor yg ada di pedesaan ato yg jauh dari kota gresik mengingat titik lokasi parkir brlangganan yg dselenggarakan dishub cuma d area perkotaan...dalam setahun mungkin mereka yg ada ddesa tidak menikmati infrastruktur konyol yg sudah mereka bayar..kasihan

Samsuri Priyono
sm aja d kota jg ttap bayar parkir mesti ada stikerx

Cah Gemblung 
betul brow...percuma tetp di trik parkir

Cariems AC
 klo masih dtarik parkir itu namanya pungli yg dilegalkan..benar2 pembodohan ..saya sendiri baru tau td pg pas renew stnk.

Hasan Toti 
harusnya dishub memantau petugas parkir yg nakal...
Jukir yg berada d,area parkir berlanganan kan dapat gaji dari pemerintah.,ada yg tau ngak gajinya brapa..???

Abie Bken Bukaktitikjoss 
daerah gresik mana q pengin tau kalo ad parkir gratis

Hasan Toti
Yang lebh gila lagi jukir d,depan hypermart mintanya 2rb.. Padahal udah ada stiker berlangan d,sepeda..

Citoz Gssc
 loalah perasaan wes tau dibahas dolor2 kapanane.menurut q ya kurang efisien,percumah ga onok gunane.anggepae infaq na satlantas.yg tanggung jawab ga jelas.kalu pun ada biaya tambahan,harusnya pelaksaan di lapangan bisa ter laksana tapi hasilny........ nihillll yg ada kertas parkir lecet,itupun kalau beruntung,, ga percaya,bisa surfey gresik kota

Hasan Toti 
mas Abie Bken Bukaktitikjoss parkir depan rumah gratis wkwkwk..
dulu pernah tak tlpn ke dishub., masalahe petugas parkir,e pakai bilang kalau sepedae ilang gmana.???
tapi kayaknya gak ada tindakan dari dishub ke jukir..

Cariems AC 
dari pda buat infrastuktur parkir yg dasar keadilan bgi pembayar pajak lemah kan lebih baik buat pnanmbahan titik traffic light(lampu merah)di bnyak tempat yg menimbulkan bnyk kmacetan saat jam brangkat krja .

Abie Bken Bukaktitikjoss 
hasan@ekeekekek trus gunanya stiker itu ap...modus tok isine gan

Hasan Toti 
stiker sekecil itu ja hargae 15rb...

Citoz Gssc
@ abie,iku ngono cek apik mas,,,,, gae tambahan tuku kendaraan plat abang palling zkzkzkzkzkzkzkzk sory ya bapak2 pemkot agak menyundul,warganya siap taat pajak yg penting nyata

Abie Bken Bukaktitikjoss 
citoz@mungkin aj para jukir merasa gajianya kurang jd harus diperhatikan jg

Ayu File
Cuma kedok aj... eh aq kok g dpt stiker ya... plat ku jg inden...hhhh... berlaku buat libom g??

Saef As'ad Gresik
ya berlaku buat semua kendaraan.

Joko Umbaran 
Podo ae lur

Gresik Bersatu 
adil buat SQ buat rakyat no

Muhammad Samsul 
Kalau pemerintah sdh menjalankan peraturan yg demikian, seharusnya penghapusan parkir parkir di jalan dan beberapa sarana publik harus dihentikan. Kalau ini masih berjalan, tak ubahnya pemerintah sebagai perampok dalam peningkatan PAD kota ini.

Aditya Rahmat Putra 
Kebijakan yg merompak uang rakyat pedesaan,yg sangat kecil kemungkinan menggunakan tempat2 parkir gratis d kota. Beginilah kalau kt punya pemimpin yg tdk peka dg rakyat,buat kebijakan aja tdk bisa memenuhi unsur keadilan buat org2 desa.

Achmad Yunus 
bahkan di area gresik sendiri itu pun tdk smua.lht saja ramayana dan sekitarnya.

Wahyu Sp Wsp 
Kalau sdh ada stiker bebas parkir maka di area yg bertanda bebas parkir maka anda tdk dikenakan parkir,jk petugas parkir meminta jasa maka anda wajib mengingatkan insyaallah dia akan menyadari ...

Afandi Kusuma 
ah, apakah bagi pemerintah kita hanya memikirkan pemasukan
tidak memikirkan rakyatnya...

Wahyu Sp Wsp
Memang selayaknya tdk wajib tetapi sebuah pilihan....
Sy seminggu yll jg baru membayar pajak dan langsung ditambahkan bea parkir bebas tanpa ditanya terlebih dahulu....
Dinas pajak mungkin akan mengkaji ulang kebijakan ini....

Irfan Mansur
Sing nang kota ae sek di tarik parkir maneh kok, opo maneh sing nk ndeso tmbh ngaplo thok isine, ngekek i mangan wong2 sing gk jelas

Kang Prabu Pandi 
Proyek ape mari bupati,tp knyataan di pasar gresik di dpn toko door tertulis bebas parkir tp knyataane msh di tarik parkir yg mbuat aturan parkir gratis diam ae,masyarakat di rugikan sang pemimpin gresik di untungkan....

Wahyu Sp Wsp 
Mestinya jgn mau ditarik parkir mas...

Kang Prabu Pandi 
Tp yg buat peraturan seharusnya uda gk menerbitkan karcis,rakyat gresik di tipu mentah2 apalagi yg di pelosok desa,15 ribu x berapa orng gresik yg pnya motor trs 40 ribu x yg pnya mobil terkumpul brp T tp rakyat Tertipu....

Sito Puk
Opo kang q uda bayar parkir berlanganan masih di tarik ae

Kang Prabu Pandi 
Kiro2 layak di pilih lgi apa gk?

Sito Puk 
Ganti ae lah

Jüng Hyùn Bäe 
ga mbayar pajak disek.. ngenteni ganti presiden n ganti aturan sing pas

Afandi Kusuma 
memang tulisannya bebas retribusi kok

(maksudnya tukang parkirnya gak perlu setor....
bukan yang parkir gak perlu ngasih uang ke tukang parkir)

mestinya pemerintah menulis dengan sangat besar
BEBAS PARKIR
(AREA PARKIR GRATIS)

lalu pemerintah membayar petugas parkir untuk menjaga dan merapikan kendaraan yang parkir

Disalin dari Grup Suara Gresik di Facebook 

Pembangunan GNI -hasil audiensi antara berbagai elemen masyarakat dengan bupati dan wakil bupati

Cak Doel

Membaca berita di berbagai media cetak hari selasa 12 Agustus 2014 tentang hasil audiensi antara berbagai elemen masyarakat dengan bupati dan wakil bupati terkait masalah pembangunan GNI sungguh sangat menyedihkan.
Apa yang di beritakan di berbagai media cetak tersebut sungguh jauh dengan apa yg rencana disampaikan teman2 yang mewakili komunitas masing2. ( Suara Gresik, Gresik Update, Mataseger dan Mat Kodak Gresik.) pada audiensi tanggal 11 Agustus 2014. ADA APA INI......?
Radar Gresik justru lebih menyoroti perseturuan Mataseger dengan anggotanya sendiri (Hanafi) tentang eksistensi GNI masuk menjadi Gedung Cagar Budaya. Tidak menyampaikan resume pertemuan tersebut. Jawa Pos dan surya Online beritanya lebih mengagetkan lagi. Katanya Pemda Gresik Jalan terus walau pembangunan GNI banyak di kritik berbagai elemen masyarakat.
Saya sudah bertanya kepada teman2 yang diundang mewakili komutitas masing2. Katanya mereka sudah menyampaikan usulan mereka dan itu diakomodir oleh Pak Qosim sebagai pimpinan audiensi, bahwa Gambar yang terpampang di GNI itu bukan final nanti akan dikaji kembali dan direvisi sesuai usulan yang disampaikan pada audiensi tersebut. Saya kok jadi bingung, Mana yang bisa Saya percaya, info teman2 yang mewakili komunitas apa berita media.
Mohon pencerahan.


Andy Buchory 
Dalam pertemuan itu juga diundang masyarakat yang Pro dan Kontra pembongkaran total, disitu kita menyampaikan maksud dan tujuan kami agar bangunan lama tampak depan juga panggung tidak dirubah, pembangunan tanpa merubah bentuk asli sangat kita dukung. hal itu dicatat karena memang desain GNI sekarang belum final, tp nantinya akan benar2 diwujudkan atau tidak kita tidak tahu. Dalam uraiannya sendiri Bapak Qosim sempat bilang jika nantinya Pembangunan ini bertabrakan dengan Perda, maka Perda-nya nanti yang dirubah atau dicabut. Terus piye???? Emboh aq dewe gak weruh....

NV Harjosuwitoe 
yang jelas kalau kita melihat perda jelas G N I tidak bisa di bongkar dan sudah pakem dalam perdanya * * * tapi kalau kita mendengar uraian di atas . . Jelas dan gamblang bahwa dari komunitas kita ada yang terbeli oleh birokrasi biasa dalam permainan politik kotor dan bila seorang G 2 berbicara meremehkan perda buat apa ada D P R D selama ini * inikah solusi yang bagus untu meloloskan mega proyek G N I

Cak Doel 
Ah mosok Pak Qosim bilang seperti itu. Beliau itu Wakil Bupati lo. Mosok ngomong ngawur seperti itu. Mas Andy Buchory salah dengar barangkali ?

Satrio Wirang 
Apakah merubah perda semudah membuat perbup ? Mungkin biaya besar bukan masalah bagi pemerintah, tapi membuat perda butuh waktu dan proses yang panjang. Apalagi merubah. harus ada alasan yang jelas dan kuat untuk dapat persetujuan DPRD.

Cak Doel 

Itu mungkin yang terjadi Pak NV Harjosuwitoe. Tapi sy anggap itu berlalu. Yang penting semua konsisten pada solusi yang telah disepakati oleh kedua pihak di forum itu.

NV Harjosuwitoe 
disini sudah terlihat jelas bahwah birokrasi sudah menyeteng pertemuan kemarin ada Yang pro dan tidak jelas terbaca

Andy Buchory 

Yang perlu difahami adalah bahwa keinginan masyarakat gresik mengenai GNI sangat beragam, ada yang terserah yang penting bagus tapi sewanya murah, ada yang berpendapat bahwa gedung GNI bangunannya tanggung lawas gak anyar yo gak dan harus dirobohkan diganti yang baru, dan dari kita inginnya diperbagus dan dilengkapi kebutuhan masyarakat yang ada tapi tetap bangunan depan tetap dipertahankan juga bisa dimanfaatkan masyarakat dengan murah. Dan pertemuan tersebut mencari jalan tengah, dan sepakat untuk tetap dibangun dan dipertahankan nilai historisnya, harapan kami hanya mudah2an hal itu bisa dipenuhi oleh pemerintah dalam realisasinya.

Mansur Almalika 

Wis ndang di bongkar klo ada perda yang tidak relevan dengan kemajuan jaman perdanya yang dicabut karena mungkin perda tsb sdh exp./ kedaluwarsa, teruskan pembangunan GNI. mohon Mindset kita rubah "Gresik harus lebih baik" tarik ulur itu biasa krn kepentingan politik mungkin dominan apalagi sebentar lagi akan Pilbub. kita ssingkapi dengan bijaksana bagaimanapun tolak ukur kemajuan salah satunya adalah adanya pembangunan

Afandi Kusuma 
setiap keputusan ada positif dan ada negatifnya,
ada yang pro dan ada yang kontra
dibangun, atau di lestarikan tetap ada manfaat yang bisa diambil.

z Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh :f Afandi, Blogger, Tenda Suwur, GMP, Mode suwur, OmaSae, #, - # -