Piramida Penduduk Indonesia

Piramida Penduduk Indonesia

Susunan penduduk menurut umur dan jenis kelamin dapat digambarkan secara grafis dengan perbedaan atas dan bawah. Gambaran tersebut dinamai piramida penduduk. Dalam piramida ada garis horisontal dan garis vertikal, sumbu vertikal menggambarkan umur pen-duduk dari nol sampai dengan 65 tahun lebih, dengan interval satu tahunan ataupun lima tahunan.
Sumbu horizontal menggambarkan jumlah penduduk baik secara absolut maupun relatif dalam skala tertentu. Pada bagian kiri sumbu vertikal digambarkan penduduk laki-laki dan perempuan disebelah kanan. Tidak seluruh piramida penduduk selalu runcing bagian atas. Untuk negara maju, susunan penduduk yang digambarkan dalam bentuk piramida penduduk, bagian atas sama besar dengan bagian bawah, bahkan ada beberapa negara maju dengan grafik piramida penduduk bagian atas lebih besar.

Dengan piramida penduduk akan dapat diketahui gambaran mengenai:
1) Perbandingan penduduk laki-laki dan perempuan.
2) Penduduk kelompok anak-anak, dewasa dan orang tua.
3) Jumlah angkatan kerja.
4) Jumlah lapangan kerja yang dibutuhkan.
5) Angka ketergantungan.
6) Rasio laki-laki perempuan.
7) Kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan.
8) Perkiraan jumlah kelahiran yang akan datang. ………………….

Susunan penduduk atas dasar umur dan jenis kelamin, karakteristik penduduk suatu daerah/negara dapat diklasifikasikan menjadi tiga bentuk piramida penduduk, yaitu:

1) Piramida penduduk muda

Piramida penduduk muda (expensive) berbentuk kerucut alasnya lebar dan puncaknya meruncing.
Piramida kerucut ini menggambarkan:
a) Sebagian besar penduduk berada dalam kelompok umur muda.
b) Kondisi tersebut menggambarkan bahwa penduduk daerah tersebut sedang mengalami pertumbuhan.
c) Tingkat kelahiran dan kematian masih cukup tinggi.
d) Pertumbuhan penduduknya tinggi.

2) Piramida penduduk dewasa
Bentuk piramida menyerupai persegi empat, bentuk tersebut menggambarkan keadaan penduduk:
a) Jumlah penduduk dalam keadaan stasioner.
b) Jumlah kelahiran dan kematian seimbang.
c) Jumlah penduduk relatif tetap.
d) Pertumbuhan penduduk rendah
e) Penduduk muda hampir sebanding dengan penduduk tua.

3) Piramida penduduk tua
Bentuk piramidanya menyerupai bentuk ……
Selengkapnya tentang Piramida Penduduk Indonesia (klik disini)
_

Lembaga-lembaga dalam Susunan Pemerintahan Kabupaten


 http://www.jayasteel.com/2013/09/jual-wiremesh-murah-pabrik-wiremesh.html

Lembaga-lembaga dalam Susunan Pemerintahan Kabupaten


Kabupaten adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia di bawah provinsi. Pemerintahan kabupaten terdiri atas pemerintah kabupaten dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten. Pemerintah kabupaten terdiri atas bupati dan perangkatnya.

Selain kabupaten, pembagian wilayah administratif setelah provinsi adalah kota. Secara umum, baik kabupaten dan kota memiliki wewenang yang sama.

Kabupaten bukanlah bawahan dari provinsi. Kabupaten maupun kota merupakan daerah otonom yang diberi wewenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahannya sendiri. Dalam menjalankan tugasnya bupati dibantu oleh wakil bupati. Masa jabatan bupati adalah 5 tahun.

Meski istilah kabupaten saat ini digunakan di seluruh wilayah Indonesia, istilah ini dahulu hanya digunakan di Pulau Jawa dan Madura saja. Pada era Hindia Belanda, istilah kabupaten dikenal dengan regentschap, yang secara harfiah artinya adalah daerah seorang regent atau wakil penguasa. Pembagian wilayah kabupaten di Indonesia saat ini merupakan warisan dari era pemerintahan Hindia Belanda.

Dahulu istilah kabupaten dikenal dengan daerah tingkat II kabupaten. Sejak diberlakukannya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah (yang akhirnya diganti dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah), istilah daerah tingkat II dihapus, sehingga daerah tingkat II kabupaten disebut kabupaten saja. Istilah kabupaten di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam disebut juga dengan sagoe.

Bupati sebagai kepala daerah mempunyai tugas antara lain:
a. Memimpin penyelenggaraan pemerintahan daerah berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD.
b. Mengajukan rancangan peraturan daerah (perda).
c. Menetapkan peraturan daerah yang telah mendapat persetujuan bersama DPRD.
d. Menyusun dan mengajukan rancangan peraturan daerah tentang APBD kepada DPRD untuk dibahas dan ditetapkan bersama.
e. Mengupayakan terlaksananya kewajiban daerah.
f. Mewakili daerahnya di dalam dan di luar pengadilan, dapat menunjuk kuasa hukum untuk mewakili sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
g. Melaksanakan tugas dan wewenang lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Sedangkan tugas wakil bupati adalah sebagai berikut.
……

Selengkapnya tentang Lembaga-lembaga dalam Susunan Pemerintahan Kabupaten klik disini

Struktur Organisasi Pemerintahan Kabupaten

Struktur Organisasi Pemerintahan Kabupaten

Pemerintahan kabupaten terdiri atas pemerintah kabupaten dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten. Pemerintah kabupaten terdiri atas bupati dan perangkatnya. Perangkat daerah kabupaten terdiri atas sekretariat daerah, sekretariat DPRD, dinas daerah, lembaga teknis daerah, kecamatan, dan kelurahan.

a. Bupati
Pada dasarnya, bupati memiliki tugas dan wewenang memimpin penyelenggaraan daerah berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD kabupaten. Bupati dipilih dalam satu pasangan secara langsung oleh rakyat di kabupaten setempat. Bupati merupakan jabatan politis (karena diusulkan oleh partai politik).
b. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah dan berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

c. Sekretariat Daerah
Sekretariat daerah dipimpin oleh sekretaris daerah. Tugas sekretaris daerah adalah membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan mengoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah.

d. Sekretariat DPRD……

Baca … selengkapnya tentang Struktur Organisasi Pemerintahan Kabupaten ….

Fanfiction Infinite : Lover Boy Part 18

Fanfiction Infinite : Lover Boy Part 18

Banyak cerita menarik yang telah ditulis oleh Ayuna Kusuma. Ini adalah salah satunya yang patut untuk kita simak. Ayuna Kusuma memang pintar sekali membawa para pembacanya untuk memasukki suasana yang ada di dalam kisah yang telah dibawahkannya.

Author : - Kusuma (Yun) in my web : http://.com/ Genre : Romance. Parody. Sadly
maincast :
Woohyun : Woohyun INFINITE
Gadis Cantik dan Bodoh/ Nae Mi : Minah Girl’s Day
Lelah bercanda, kami berdua tertidur di lantai, Naemi menyandarkan kepalanya di lenganku,  Ia sangat cantik tanpa polesa make up, tanpa pewarna bibir, rambutnya yang panjang terurai membuatku bertambah mencintainya, saat aku punya keberanian untuk mencium pipinya, jantungku kembali sakit, kali ini aku tak bisa menahannya. Aku menangis tertahan, jantungku seperti ingin meledak.
“hmmm… oppa… ada apa?…” Naemi membalikkan tubuhnya, wajahnya yang tak tertutup masker melihatku, jantungku semakin sakit, aku tak bisa bicara terlalu banyak.
“N…Na…emi…tutup… wajahmu…” kataku sambil menahan rasa sakitku. Keringat dingin semakin mengucur deras. Kulihat Naemi begitu kuwalahan, ia sangat khawatir, berlari kesana kesini, memanggil appa dan eommanya.
Aku tak biasanya seperti ini. Jantungku sepertinya berdetak lebih parah.
“EOMMA~~~~~~~~~!!! WOOHYUN PINGSAN~~~~~~~~~!! EOMMA~~~!!! WOOHYUN~~~!! BANGUN~~~~~~!!!” Aku mendengar teriakan Naemi disertai tangisannya yang menyedihkan, tapi aku terlalu sakit untuk bangkit dan membuka mataku.
“Naemi… apa yang kau lakukan padanya hah? Ayo bantu aku eomma, angkat dia ke mobil kita harus membawanya ke rumah sakit sekarang” Suara Appa Naemi jelas ku dengar, tapi sakitku ini tak tertahankan, nafasku semakin berat.
Aku tertidur dipangkuan Naemi, jantungku membuatku semakin tak berdaya, sulit rasanya untuk bangkit dan mengatakan hey aku tak apa. Apa yang bisa membuatku seperti ini, apakah karena sedari tadi aku menahan sakit saat melihat wajah naemi yang cantik.
Mobil melaju dengan cepat, Appa Naemi berteriak-teriak tidak jelas, sepertinya dia marah dengan pengguna jalan yang selebor atau semacamnya. Aku rasakan tangan Naemi menggenggam tanganku yang semakin dingin.
“Oppa…oppa…. Kau kenapa? Apakah jantungmu sangat sakit…” Tanya Naemi, aku tak bisa lagi mengeluarkan suara, sebagai jawaban aku sangat sakit menahan jantungku yang semakin tidak terkontrol seperti ini, aku hanya bisa menggenggam tangan Naemi semakin erat.
“Eomma… Woohyun Oppa masih bisa menjawabku… Appa… cepatlah sedikit… aku tak ingin terjadi apa-apa padanya” kurasakan air mata yang hangat menetes menembus kemeja, Naemi, aku akan bertahan, aku akan melawan penyakit ini, seperti yang kau bilang dulu.
“Naemi, ajak bicara terus Woohyun, jangan biarkan dia tertidur” kata Appa, “Eomma, cepat kau hubungi keluarga Woohyun, cari informasi tentangnya di dompetnya, Naemi, apakah kau bawa dompet Woohyun?”
“Ye Appa…”
Dadaku semakin sesak, apakah aku akan mati?, tidak, tidak… aku tidak mau mati seperti ini, Naemi masih memerlukanku, dan penyakitku hanya phobia pada wanita cantik, bukan penyakit jantung. Sedari tadi aku bisa menahan phobiaku, sekarangpun aku pasti bisa menahannya.
“Oppa… oppa… jangan menangis, aku ada didekatmu, arra? Aku ada disini, aku tahu kau pasti baik-baik saja… Oppa… lihatlah, aku sudah memakai masker, hum… kau tidak akan sakit lagi kalau aku memakai masker kan?” kata Naemi sambil menggosokkan masker yang dia pakai ke tanganku.
“Oppa… apakah perlu aku panggilkan Jisung?… Oppa…… jawab aku….. apakah kau perlu Jisung?… huuuuh ooppaa….. huks huks”
“Oppa… seharusnya aku melepasmu saat bersama Jisung, biar saja kau bersamanya, kau tak akan pernah sakit seperti ini kalau kau bersama Jisung, dia akan menyembuhkanmu… mengapa aku begitu egois Oppa…. Oppa……….. jawab aku…….. oppa….”
‘Oppa… cepatlah sadar… aku akan membuatkanmu bibimbap hum… kau suka bibimbap kan?… aku akan telp jisung, agar ia datang untuk menyembuhkanmu… oppa…….. jawab aku oppa…”
***……….

Lowongan Pekerjaan di Surabaya dan sekitarnya

Lowongan Pekerjaan di Surabaya dan sekitarnya

Dibutuhkan MEKANIK pada perusahaan Otomotif Surabaya

info dari: Aghie Hasmawan Isgandhi Dibutuhkan MEKANIK pada perusahaan Otomotif Surabaya, dan diutamakan alumni SMKN 3 Buduran Sidoarjo sebanyak 3 (tiga) orang dengan pengalaman minimal 1 tahun, pada : PT. CBU AUTO SERVICE Jalan Demak Madya, no 1-5 Surabaya U/P Kepala Bengkel… NB : diutamakan ; – mampu megoperasikan komputer – mampu trouble shooting kelistrikan – mampu membaca scanner atau …

Dibutuhkan secepatnya Admin project

Ki Sanak Ruwo Gondo Dibutuhkan secepatnya, Admin project : – Laki-laki – Familiar Ms Exel ,Ms word,cart,e-mail – Paham gambar teknik – PPIC experiance – Mengerti ISO 9001 – Tidak canggung bekerja di lapangan dan office – Bersedia lembur jika perusahaan memerlukan Kirim lamaran ke PT Lintech Duta Pratama, Mastrip70 – Wirajatim Industrial Estate, Karangpilang Surabaya 60221, Jawa Timur Indonesia atau hubungi , Hermawan – 081 330 964 5…

Dibutuhkan tenaga Engineer

Slamet Hariyanto Dibutuhkan tenaga Engineer untuk sebuah Perusahaan dengan kualifikasi sbb : 1. Pendidikan : S1/S2 Teknik Sipil / Teknik Mesin 2. Pengalaman : min. 5 tahun di bidang yang relevan Kirim lamaran + CV segera by email : hariyanto_slamet@yahoo.co….

Lowongan Kerja Welder


PT.BASUKI PRATAMA ENGINEERING Sebuah perusahaan Nasional dalam bidang Boilers, Thermal Oil Heaters, Heat Exchanger, Dryer yang produknya telah diekspor ke negara lain seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, Finlandia, New Zealand, Malaysia, Singapore, Pilipina, Pakistan, Guatemala, Nigeria, dsb. membutuhkan tenaga-tenaga muda untuk bersama-sama mengembangkan produk Nasional yang mampu bersaing di pasar dunia. MEMBUTUHKAN…

Dibutuhkan Seorang DRAFTER segera


Eko Budiono : Bagi rekan-rekan dan adik-adik alumni yang berminat bekerja di PT. Sorini Towa Berlian Corporindo, Beji – Pasuruan; dibutuhkan seorang drafter segera. Kirimkan aplikasi lamaran dan cv ke Bapak Bowo Poerba Dewarso di engineering@stbc.co.idTerima kasih. …

Hati-hati penipuan dengan modus penjualan barang langsung diambil di pabrik

Hati-hati penipuan dengan modus penjualan barang langsung diambil di pabrik

Hati-hati penipuan dengan modus penjualan barang langsung diambil di pabrik.
Baru terjadi siang ini. Nilai barang yang akan dijual 80 juta lebih.
Pembeli (M) memberikan DP satu juta ke penjual (H),
Penjual menyuruh orang (inisialnya H juga) untuk mengantar pembeli yang diwakili oleh keluarganya ke pabrik.

Sebelumnya, penjual (penipu) ini memesan ke pabrik dengan berjanji mentransfer pembayaran setelah barang ditimbang dan timbangannya sesuai. Tentu saja pabrik mengijinkan, asal sebelum barang itu diterima ke tangan pembeli, pembayaran sudah lunas.
Bagi pabrik, penjual barang tersebut adalah pembeli, karena dia telah mengatakan untuk dipakai sendiri. Saat barang dimuat, penipu menjelaskan pada pembeli sebenarnya bahwa dia adalah orang pabrik, padahal baru kali ini datang ke pabrik.
Karena pintarnya dia bicara, pembeli memberikan tambahan uang muka 16 juta, dan bahkan ponsel sopir truk juga dibawah.
Saat menunggu muat, orang suruhan (komplotan) penipu ini pergi entah kemana, dan saat selesai muat barang, ponsel mereka sudah tidak bisa dihubungi.
Akhirnya barang dibongkar kembali,
pabrik rugi muat ke truk dan bongkar dari truk,
sopir kehilangan kerja hari itu, harus memberikan setoran ke bosnya, ponselnya dibawah penipu.
pembeli (M) kehilangan uang 16 juta, langsung lari ke kepolisian dengan bekal nomor hp penipu, dan nomor rekening yang dia transfer.
Semoga pak sopir mendapatkan ganti yang lebih besar dan lebih berkah,
Semoga Pak M bisa menemukan penipu dan mendapatkan ganti yang lebih baik, dan proyeknya juga dapat berjalan lancar.
Hati-hati penipuan, meskipun sudah melihat barang dimuat di pabrik atau gudang, pastikan orang yang berhubungan dengan Anda adalah benar-benar pemilik barang yang dimuat itu.

-Fajrin Penipu seperti itu… mereka tidak pernah belajar mengenai konsekuensi terburuk, dan hukuman terberat. seperti yang ditipu langsung membunuh dengan sadis para penipu
-Fajrin Menipu-menipulah.. dan rasakan doa orang yang teraniaya karena tertipu
Dian Mariani gmn memastikan nya?
Afandi Kusuma  jika yang dimaksud Mbak Dian adalah orang yang berhubungan dengan pembeli apakah benar-benar orang pabrik, tanya ke Satpamnya..
misalnya orang itu namanya H,
“Pak Satpam, H ini sudah lama ya kerja disini”
Jika memang H adalah pegawai, pemilik, atau sales pabrik itu, tentu Satpam akan menjelaskan,
jika ternyata Satpam tidak kenal, atau mengatakan bukan orang pabrik maka segera cek kepastiannya, tanya siapa pimpinan pabrik dan benarkah penjual itu berhak menjual barang dari pabrik atau gudang itu.
Sri Herawati harus extra hati2…
Riana Wulandari Anna masalahnya di depok, cibinong ,citeurep banyak pabrik. jadi bisa aku share sekalian ke temen2 aku
Afandi Kusuma Iya Mbak Riana, penipu itu menyaruh pembeli ke pabrik, dan customernya bisa dia tipu karena melihat sendiri barang sudah naik ke truk. Waktu mau keluar, pabrik minta lunas dulu,
dan baru tahu kalau yang mengantar pembeli ini ke pabrik sudah pergi entah ke mana, hp mati semua.
Afandi Kusuma untuk menarik pembeli, barang yang dijual lebih murah dari pasaran,
harga yang diberikan oleh pabrik adalah 7 ribu lebih per kg-nya tapi dijual dengan harga 5 ribu per kg.

Lagi-lagi supir dumtruck ngantuk menghajar tiang listrik

Mamanayla
Lagi2 dumtruck ngantuk menghajar tiang listrik di jln.raya meduran tlogo pojok petro kimia gresik,,,

Mamanayla
belum genap seminggu 2 kecelakaan melibatkan dumtruck di tempat yg sama,, warning buat pak sopir jgn ugal2n lek ngantook ngopi sek boss ojo nguber target ae

Zainal Arif
Beres bos

Afandi Kusuma
ini Pak Sopir nek ngantuk turu sek yo...
terus ngopi sik, baru berangkat maneh
grin emoticon smile emoticon grin emoticon grin emoticon smile emoticon

Afandi Kusuma
kejadiannya kapan ini?
bagaimana kronologinya

Mamanayla
kejadiannya kurang tau pastinya kapn saya lewat sekitar pkl.07:30 diduga sopir mngantuk ato kehilangan kendali soalx kecelakaan tunggal dumtruck vs tiang listrik

Mamanayla
sering saya liat sikap para pak supir dumtruck lek nyetir sak karepx dewe koyok dalane ikuw nggone dewe.,, mudah2n dgn adanya kjadian seperti ini rekan2nya bisa lebih sadar dlm berlalulintas







z Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh :f Afandi, Blogger, Tenda Suwur, GMP, Mode suwur, OmaSae, #, - # -