Falsafah Al-baqarah 156

Falsafah surat Al-Baqarah 156

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un (انا لله وانا اليه راجعون) adalah potongan dari ayat Al-Quran, dari Surah Al-Baqarah, ayat 156. Isi penuh ayat tersebut adalah:
الذين اذا اصابتهم مصيبة قالوا انا لله وانا اليه راجعون
"(Yaitu) orang-orang yang apabila mereka ditimpa oleh suatu kesusahan, mereka berkata: Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jualah kami kembali."
Bacaan tersebut dikenal dengan sebutan bacaan tarji'. Tarji' merupakan frase umat Islam apabila seseorang tertimpa musibah dan biasanya diucapkan apabila menerima kabar duka cita seseorang. Frasa ini biasanya diterjemahkan "Sesungguhnya kita milik Allah, dan kepada Allah jualah kita kembali."
Umat Islam mempercayai bahwa Allah adalah Esa yang memberikan dan Dia jugalah yang mengambil, Dia menguji umat manusia. Oleh karenanya, umat Islam menyerahkan diri kepada Tuhan dan bersyukur kepada Tuhan atas segala yang mereka terima. Pada masa yang sama, mereka bersabar dan menyebut ungkapan ini saat menerima cobaan atau musibah.

Tapi seiring waktu makna dari ayat Allah tersebut menjadi sedikit bergeser, saya sendiri memahami bahwa ayat tersebut diperuntukkan untuk segala hal yang menjadi milik kita namun sudah hilang. Dijaman ini ayat tersebut hanya ditujukan pada kematian saja, dan itu seolah menjadi paradigma sendiri di masyarakat. Itu catatan saya yang pertama, bahwa surat Al-baqarah 156 bukan hanya ditujukan saat kita melihat orang kehilangan nyawa. Tapi juga bisa diartikan sebagai kehilangan harta benda, musibah, bencana dan sebagainya.

Salah makna yang saya dapati berikutnya adalah perdebatan mengenai tangisan kita terhadap mayat, ada sebagian ulama yang berkata bahwa kita boleh menangis mengingat yang meninggal adalah orang dekat kita. Jadi wajar kalau kita menangis, ada sebagian yang berpendapat bahwa air mata kita adalah siksaan bagi mayat, maka boleh menangis asal jangan terkena mayat. Dan masih banyak lagi
Kalau saya pribadi menyikapi itu sebagai wacana simple

Begini logika saya, dalam surat Al-Baqarah disebutkan bahwa kami kepunyaan Allah dan kepada Allah juga kami kembali.
Kita coba bayangkan, jika kita tidak ikut memiliki suatu barang benda. Katakanlah mobil milik keluarga desa sebelah, keesokan harinya mobil tersebut hilang. Mungkinkah kita menangis?
Secara alamiah manusiawi kita tidak akan menangis dan bahkan tidak boleh dan tidak mungkin menangis karena benda itu bukan milik kita.
Pun sama ketika kita ditinggalkan orang tua, anak, saudara atau siapapun orang dekat kita karena dipanggil Allah.
Maka kita tidak boleh menangs karena itu bukan punya kita, itu punya Allah SWT dan akan kembali pada Allah SWT.
Oleh sebab itu Rasulullah Muhammad, Abu bakar as sidiq dan juga sahabatnya Umar bin Khatab begitu marah dan melarang apabila ada seseorang yang menangisi kematian. Karena itu hukumnya haram di mata Allah SWT.
Semoga bermanfaat
Created by DANI CAMARA

Anak adalah amanah yang ALLAH karuniakan kepada kita

dari: Zulfiqar Eka Purwanto

Dear Ayah dan Bunda yg dirahmati ALLAH….
Anak adalah amanah salah satu amanah yang ALLAH karuniakan kepada kita. Anak merupakan cahaya mata, yang bisa menjadi penyejuk hati dikala kita gundah. Memiliki anak yang sholeh, cerdas, juga sehat adalah dambaan semua orangtua.
Bila kita berbicara tentang kecerdasan, pastinya semua anak adalah cerdas di bidang-nya masing-masing. Sebagai orangtua, yang harus kita lakukan adalah memfasilitasi kecerdasan tersebut sehingga kelak bisa menjadi bekal utk hidup mandiri.

“Keshalehan” yang kita harapkan dari anak2 kita, bukan-lah hal yang instan bisa terbentuk. Semua anak dilahirkan dalam keadaan yang fitrah. InshaALLAH, bila kita memulai untuk membentuk keshalehan tsb sejak dini, maka ketika anak beranjak remaja dan dewasa, karakter2 positif yang kita harapkan sebagai buah dari keshalehan tersebut sudah terinternalisasi dengan baik dalam diri anak-anak kita.

Mengenalkan ibadah2 yang sifatnya rutin, seperti sholat, puasa dan shodaqoh, bahkan umrah, kepada anak-anak haruslah dengan pengkondisian yang sifatnya positif dan menyenangkan. Yang perlu kita ingat, ketika anak-anak kita masih berusia BALITA, maka yang harus lebih kita tekankan adalah masalah teladan atau contoh keseharian kita sebagai orgtua dalam melakukan ibadah. Jadi, bila ayah atau bunda melakukan sholat, sholat-lah di tempat yang bisa terlihat oleh anak-anak kita. Jika ayah atau bunda membaca Al-Qur’an, maka bacalah di dekat anak2 kita, sehingga mereka terbiasa mendengarkan lantunan ayat2 ALLAH SWT melalui suara kita.

Perbandingan agama "menelaah kebenaran ajaran islam secara ilmiah"

Perbandingan agama "menelaah kebenaran ajaran islam secara ilmiah"

Sejatinya sebuah agama itu merupakan sebuah ideologi,karna sebuah ideologi maka di dalamnya terdapat sebuah konsep bagaimana masyarakat yg baik itu.dngan bgitu akn ada jg sebuah upaya prwujudan utk mciptakan msyrakat tersebut.
D dlam sejarah Rasul prnah mencontohkan bgmn konsep msyrakat yg baik itu,dan itu semua tertuang dlam Islam krn Islam adalah Rahmatan Lil alamin.

Qt bcra pda fokus pembicaraan ykni prbandingan agama mnurut dimensi ilmiah ;
krn perbandingan agma yg dimaksud adlh dimensi ilmiah,sudah tentu hrus bertolak ukur pda sistematis2 pola brpikir,dan jg brtolak ukur pda sesuatu yg dpat dipertanggung jwabkan.Krn bcra perbandingan,mka hrus ada sesuatu yg diperbandingkan.


1.Bgaimana konsep Ke Tuhanan nya
-siapa icon yg dijadikan Tuhan ?
-Seperti bgmna dzat yg diper Tuhankannya ?
2.Bgmna konsep Ke Rasulannya
-Siapa yg dianggap Rasul
-Bgmn biografi dan sepak terjang perjuangannya ?
3.Bgaimna konsep Wahyu nya
-Perintah2 apa sja yg ada d dlamnya ?
-Adakah wahyu2 yg bertentangan dngan wahyu yg lain ?
-Adakah wahyu2 yg bersifat konyol ?
-Orisinilitas wahyu "apakah benar dari Tuhan atau tidak"
4.Bgmn konsep masyrakat yg dicita cita kannya
-Bgmana tatanan msyarakatnya ?
-Bgmna sektor2 kehidupan yg hendak di tata nya

Agama yang baik,pasti akan memenuhi ke empat unsur tadi,dan itu dibaca dalam tolak ukur kebaikan dan kebenaran.

Saya mengangkat tema ini krna saya merasa jaman ini bnyak remaja yang diracuni oleh pola pikir pluralisme,dimana semua ajaran agama itu dianggap benar karna membawa kita pada kebaikan.

Disini sya tidak membawa hal yg ber bau rasis,tp kenyataannya semua agama itu ber beda.tidak mugkin semua sama.Krna Agama yg bnar2 orisinil dari Tuhan hnya 1.

Saya disini blum sampai membahas isi materinya,sekedar pengantar tentang penting nya remaja islam memahami perbandingan agama.dengan begitu dya yakin,bahwa agama yg dia anut benar di mata Allah bkan hny dri kacamata keyakinan tp dri kacamata akal sehat dy yakin bhwa agama yg dianutnya memang benar.

semoga bermanfaat, wallahualam

Oleh : Dani Camers

Bagaimana Membuktikan bahwa Islam itu agama yg benar

Saudara saya Bayu Prasetyo berkata,,,bro bgmn cara membuktikan bahwa Islam itu agama yg benar.Kalau kita nge klaim qt punya Al Qur'an mreka jg puny kitab.Klo debat isi dalam kitab tdk akn prnah akan ketemu kbenarannya.gimana ?

Menurut saya ini jawabannya,dan sya minta tlog untuk orang2 pluralisme tdak meng coment jwaban ini.Krna pluralisme membuat agama rancuh.
-Agama = Dien
-Agama = Ideologi
-Agama = sistem tatanan masyarakat makro
-Agama = Jalan Tuhan
"Agama = Petunjuk hidup dunia dan akhirat"

Untuk membuktikan mana agama yg benar dan layak,maka harus diadakan uji verivikasi/atau uji kebenaran.Karna melakukan sebuah uji verifikasi atau uji kebenaran maka tentunya juga harus ada sesuatu yang di uji,atau sesuatu yang harus dibandingkan.
Menurut sya ini yg harus dibandingkan :
1. Konsep Ke Tuhanan agama tersebut
2. Konsep Ke Rasulan Agama Tersebut
3. Konsep Ke Wahyu an agama tersebut
4. Konsep Tatanan masyarakat yang dibawa agama tersebut

Ini konsep yang menurut saya valid sejauh ini
1. Konsep Ke Tuhanan,,,
-Tuhan mrpkn dzat yg maha agung,dy tdak terikat ruang dan waktu,dy maha segalanya,tdk dapat di analogi kan dengan materi atau imateri apa pun,tdk dapat dibayangkan oleh indra atau pikiran manusia.dya tidak terkungkung oleh pemikiran kita.Dya jga tdak merendahkan dirinya dngan berpindah substansi dri Tuhan ke manusia krna itu kondisi yg berbeda.
Allah : dy sngat agung,qt tdk tw dmn dy tnggal krn dy tdk terikat ruang n waktu,qt tdk mampu membayangkan wujud materi n imateri nya,pikiran qt tdk mampu menjangkau kuasanya,dy tdk merendahkan dirinya mnjadikan patung atau mnjadi manusia krna itulah substansi Dzat nya sbgai Tuhan.

2. Konsep Ke Rasulan
-Rasul adlh manusia biasa yg bsa slah,Rasul dipilih krna kemampuan nya yg luar biasa dlam meng hayati Tuhan nya dan jga kemampuannya yg luar biasa dlm memecahkan mslah di msyrakatnya.Memiliki visi yg tinggi,kerja keras,mampu menjadi uswah seluruh umat dan jga memiliki kepekaan sosial yg tinggi.
Muhammad : Sbelum diutus jadi Rasul Muhammad adlah satu2 nya orag mekkah yg tdk membunuh bayi,yg tdk merendahkan wanita,yg tdk curang dlm berdagang,yg tdk menyembah berhala krn dy menganggap itu bkan ajaran ibrahim.Setelah jdi Nabi dy memiliki ke pekaan yg luar biasa,seluruh harta nya habis utk umat nya,seluruh pikirannya tercurah utk kemerdekaan arab dari tradisi jahiliyah.kerja keras nya sngat teruji dri perjalanan hidupnya.Dy mampu menjadi uswah tdak hnya dri kalangan muslim,bahkan dri orang2 Pagan arab dan juga orag2 nasrani di sekitar arab.Dy seorag yg sngat visioner,dy mewariskan pemerintahannya ke abu bakar agar diteruskan utk menaklukkan persia dan romawi.sungguh pemimpin yg luar biasa

3. Konsep Ke Wahyu an
-Wahyu adlah perintah2 Allah thdap umat manusia,maka se yogyanya perintah2 itu tdk saling bertentangan,tdk terkukungkung pda satu zaman tp universal sluruh zaman,dan yang pasti dy harus terjaga orisinilitasnya sampai akhir jaman.
AL QUR'AN : Bahasa Arab adlah bahasa yg rumit,satu titik berpindah mka bacaan akan berpindah dan makna pun akan berpindah,itu yg menjadikan AL QUR'AN terjaga orisinilitas nya sampai akhir zaman,Al Qur'an adlah wahyu yg ber proses dri mulai Muhammad adlh seorag yg bingung mka Allah menurunkan Al Alaq,dri Muhammad yg tdk berani mka Allah mnyuruhnya dakwah sirih,dri Muhammad yg mulai tertekan maka Allah menyuruhnya hijrah,dri Muhammad yg mulai mendapat hati di madinah mka Allah pun mnuruh Muhammad menatap sistem per politikan di msyrakat madinah.Dst sampai penaklukan mekkah dan arab mnjadi islam seutuhnya.
Wahyu = jalan pikiran Allah utk tetap menjaga umat manusia tetap di jalannya.Dan AL QUR AN sampai detik ini msih terbukti orisinil dri ALLAH SWT.

4. Konsep Tatanan Masyrakat
-Konsep Tatanan masyrakat yang baik adlah masyrakat yang seimbang antara kebutuhan duniawi dan akhirati,seimbang antara kebutuhan sosial dan pribadi,seimbang antara hak dan kewajiban,menyeimbangkan derajat manusia antara kaya dan miskin,menyeimbangkan kedudukan laki laki dan wanita dan seterusnya.
Islam : Semenjak hadir nya Muhammad semua itu menjadi nyata,Muhammad tdk mem perbolehkan umat nya hanya psrah pada Tuhan utk mengejar akhirat tp juga mengajarkan gairah utk menghadapi hdup di dunia.Muhammad menentang perbudakan trhadap bilal yg dilakukan oleh abu jahal,Muhammad menentang adanya perempuan2 yg dibunuh dan disiksa.Muhammad mampu menyeimbangkan sistem tatanan sosial masyrakat dimana hak pribadi dan hak pemerintah jadi seimbang.

Dari sini teman2 bisa membandingkan sendiri dengan konsep ajaran agama lain,,,jika kita mampu sabar dan menelitinya pelan2 kita pasti menemukan kebenaran.
"Karna Allah telah mengajari kita dengan perantara pena = Al Alaq"

Semoga ber manfaat,monggo di coment :).
Karna jk tdk paham materi ini,bagi sya pribadi kita blum islam krn qt tdk tahu bgmn agama yg qt anut. :)

dari: Dani Camers


SETAN " sebatas mempengaruhi / menentukan sikap manusia"

SETAN " sebatas mempengaruhi / menentukan sikap manusia"

Saya mengangkat tema ini karna seiring maraknya pemikiran-pemikiran di masyrakat yang ber asumsi bahwa syaitan itu bisa membunuh manusia, bahwa syaitan itu bisa merasuki manusia, bahwa syaitan itu bisa mengendalikan manusia.
Hal itu diperkuat dengan adanya ustadz-ustadz yg percaya dengan kondisi itu, percaya dengan benda-benda gaib yg punya kekuatan syaitan,percaya dengan tempat2 tertentu yg menjadi sarang syaitan dsb.
Belum lagi media massa di Indonesia baik itu film, majalah, buku dll begitu memperkuat kondisi bahwa setan itu punya kekuatan magis untuk bisa menentukan sikap manusia.

Ini penjabaran saya
1.Penjelasan Allah
2.Logika akal sehat
3.Kedudukan sebagai hamba dan sebagai Tuhan
4.Kisah pribadi

1. Penjelasan Allah
Iblis lalu melanjutkan “Wahai Muhammad, aku tak bisa menyesatkan orang sedikitpun. Aku hanya bisa membisikkan dan menggoda. Jika aku bisa menyesatkan, tak akan tersisa walau seorang pun di planet ini untuk beriman kepada Allah SWT. Sebagaimana dirimu sendiri. Tidak bisa memberikan hidayah sedikitpun. Engkau hanyalah rasul yang menyampaikan amanah. Jika engkau bisa memberikan hidayah (petunjuk keimanan), tak akan ada satupun kaum kafir di muka bumi ini. Aku hanya bisa menjadi penyebab untuk orang yang telah ditentukan sengsara hidupnya.

Iblis bersumpah, “Karena Engkau telah menghukumi saya tersesat, saya SUNGGUH-SUNGGUH akan menghalangi mereka dari jalan Engkau yang lurus (Shirathal Mustaqim). Kemudian saya akan mendatangi mereka dari depan dan dari belakang, dari kanan dan kiri mereka. Engkau tidak akan menemukan mayoritas dari mereka (ke dalam golongan) yang bersyukur.”

Dari dua penjelasan Allah diatas dapat kita simpulkan bahwa :
-Iblis tdak bisa menentukan hidup kita,iblis hnya bisa mempengaruhi qt
-Iblis hnya bisa membisikkan dan menggoda bukan menentukan kemana arah jalan kita
-jadi sangat salah jika ada orang kesurupan dan sebagainya,saya pikir itu hanya tipu daya saja untuk memberikan sugesti pada pikiran kita bahwa setan itu punya kekuatan yang lebih besar dari pada kita.

2. Logika akal sehat
-setan adalah sebuah substansi dan manusia juga sebuah substansi
-mungkinkah substansi yang satu masuk kedalam substansi yang lain ?
-Allah memberikan kedua substansi dengan fungsi dan kedudukan yang jelas2 manusia lebih tinggi,mungkinkan sesuatu yang lebih rendah bisa masuk ke dalam substansi yang lebih tinggi ?
-jawabannya tidak mungkin
-kalaupun setan benar2 masuk ke dalam tubuh manusia,berarti jawabannya hanya satu.saat itu manusia yang bersangkutan secara substansi bukan lagi menjadi manusia secara utuh,tapi berubah substansi yakni menjadi manusia yang derajatnya bawah karna dia lengah,karena dia lemah, karna dia tidak beriman, sehingga setan bisa merasuki tubuhnya dan mengendalikan tubuhnya

dari sini sudah jelas "kedudukan setan adalah penggoda,,,bukan merasuki ke kehidupan kita dan menentukan langkah kita"

3. Kedudukan sebagai hamba dan sebagai Tuhan

Sebelum Adam diciptakan Iblis merupakan pemimpin para malaikat,kedudukannya hampir sama dengan jibril.Dan dia adalah termasuk hamba yang patuh.sampai pada Allah menciptakan Adam dan dia pun menolak untuk sujud,krna arogansi nya dan jiwa berontak nya yang selalu ingin berkuasa "gila kekuasaan". Dari situ Allah mengusirnya.
Iblis itu sudah memiliki sifat dasar sebagai makhluk yg selalu ingin berkuasa. Dan dia ingin Adam dan keturunannya berada di kekuasaannya dan menjadi teman mereka di jahhanam.
Dari sini saya punya asumsi bahwa apa yg dilakukan iblis dengan cara menampakkan dirinya dlam sosok yg menyeramkan,merasuki manusia2 lemah yg tidak punya akal sehat semata agar dia ditakuti dan diyakini bahwa dia punya kekuatan.
Logika nya ; kalau kita sudah percaya itu maka dia sudah menjadi Tuhan kita,kita sudah menjadi hamba iblis/setan.
jika sudah begitu dimanakah posisi Tuhan ?
Karna Tuhan tetaplah Tuhan yang layak dipercaya,dan di sembah
Setan tetaplah setan yg layak untuk dimusuhi dan diperangi
Manusia tetaplah manusia yg tugasnya adalah menghambakan diri pada Tuhan

Disini sudah jelas,,,"kedudukan Setan adalah sebagai penggoda manusia"...tidak lebih

4. Kisah pribadi
Penulis pernah mengalami kisah unik,,,,
suatu hari sya sedag pulag kuliah.ada keramaian di tengah jalan.Saya datangi,ternyata ada orang kesurupan.
saya papah dia,dia berkata : aq minta air minum...sya berkata.aq pulang kuliah,gk punya air munum...dia pura2 marah dan meronta.
kalau begitu taruh bunga dan telor di perempatan ini,,,saya pun berkata ; saya tdak punya uang bwt beli itu.
dia meronta2 lagi...alau begitu gendong saya ke pohon itu "sambil menujuk"...sya ingin pulang.
Saya juga berkata,,,saya capek pulang kuliah.gk kuat gendong kamu

trus saya berkata...betapa "jijik" dirimu sebagai setan.masak pulang sendiri saja tidak bisa.

Allah maha besar,,,orag yg kesurupan ternyata sadar.

Dari situ saya berpikir,,,seandainya saja sja menuruti apa permintaannya.secara tidak sadar sya sudah menjadi hamba nya.dan secara tidak sadar dia sudah berhasil menanamkan kepada semua masyarakat disitu bahwa perempatan itu angker dan wajib dikeramatkan.

kesimpulan saya tetap sama "setan hanya menggoda,,,bukan menentukan hidup dan jalan manusia"

Jadi jangan pernah takut setan,jangan pernah berpikir setan itu punya kekuatan, jangan pernah berpikir setan itu mampu berbuat yang luar biasa.
"ITU HANYA OMONG KOSONG DARI ORANG2 YANG SOK TAHU TENTANG SETAN"

semoga bermanfaat,,,terima kasih...
mohon di coment,,,saya takut salah

dari: Dani Camers

Tela'ah hijab "Masyarakat islam kontemporer"

Tela'ah hijab "Masyarakat islam kontemporer"

“Wahai istri-istri Nabi! Kamu tidak seperti perempuan-perempuan yang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu tunduk (melemah lembutkan suara) dalam berbicara sehingga bangkit nafsu orang yang ada penyakit dalam hatinya, dan ucapkanlah perkataan yang baik.” (QS.Al-Ahzab : 32)
Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (istri-istri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. (Cara) yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka. (QS. Al-Ahzab : 53)

Ayat diatas diturunkan Allah krna atas dasar prtanyaan sahabat Umar bin khatab,suatu hri beliau brtanya knp Para ummul mukminin tdk memakai hijab sja krn yg dtag k rumah nabi tdk semuanya orag beriman dan bnyk org munafik.takutnya bnyk orag yg akn mempermasalahkan dan memanfaatkn keadaan itu.
Oleh sebab itu Allah menurunkan 2 ayat diatas...
Melihat teks konteks nya,ayat trsebut merupkan sebuah jwaban Allah agr istri2 nabi lbih hati2,lbih mnjga hijab,lbih mjga privasinya,lbih brhati2 mnjga kesuciannya dsb.

cba qt masukkan kondisi itu dlam konteks masyrakat skrag.
1.golongan org2 pinggiran ; kondisi ini dijadikn sebuah hijab "dinding" di masjid2,jd ktika mereka shalat akan ada hijab/tabir yg membatasi ikhwan akhwat.
2.golongan org2 shalaf ; kondisi ini di asumsi kan sbgai sebuah perintah bhwa ikhwan dan akhwat tdk boleh salih bertatap,salig melihat dsb.krna itu di anggap sesuatu yg mendekati zina.
3.golongan orag2 awam ; kondisi ini tdak di pedulikan,yg penting mereka msih shalat,zakat,amal,haji dkk mereka sudah puas dan sudah yakin bisa masuk surga.dan mereka tdk prnah mw tw kondisi hijab,pdhal itu jg perintah Allah SWT.

Sya memahami,adanya sebuah pendalaman konsep yg salah disni.jika pemahaman konsep sudah salah,mka proses penerapan di lapangan pasti salah.

utk konsep prtama ; konsep ini trlihat tolol,mugkin kah Allah menurunkan sebuah ayat yg bner2 substansi bg kesejahteraan wanita,tp hny ditafsirkan sebatas utk tabir shalat.
utk konsep kedua ; qt ini hdup d jaman kontemporer,islam bgitu ditindas oleh adidaya america dan soviet.dngan kondisi itu mka islam btuh mengumpulkan lgi konsep2 nya,prlu membangun lgi puing2 yg prnah dibangun oleh Muhammad,semua umat islam puny tanggung jwab utk itu.siapa lgi yg akan memperjuangkan agama Allah selain umat Muhammad itu sendiri.logika akal sehat sja ;mugkinkah prjuangan bsa trwujud jk sistem komunikasi antara ikhwan dan akhwat seolah2 dihambat gra2 penafsiran mereka yg konyol.bkankah itu mhambat pkembangan islam.Ikhwan akhwat tdk boleh komunikasi dsb,drimana akn trlahir strategi mhancurkan musuh jk komunikasi tdk ada,bgmn akn trlahir konsep2 pkembangan islam jk komunikasi sudah diputus.
utk konsep yg ketiga ; justru org2 egois sperti inilah yg sngat2 mhancurkan islam,Rasul itu membangun msyrakat sosial.bkan membangun msyrakat individu.jka qt udah sngat individu dan egois.bgmn mugkin msyrakat sosial atas dasar nash2 Allah bsa ditegakkan.

Konsep sya tentang hijab ;
1.Ikhwan wajib menjaga aurat
2.Akhwat wajib menjulurkn jilbab dri rambut sampai kaki
3.Ikhwan akhwat wjib mnjaga hijab "dinding" antar kedua nya krna qt dilarang mendekati zina.
4.Tpi tdk sma dengan memotong pola komunikasi qt,krn dizaman yg serba teknologi ini komunikasi adlah syrat utama utk melakukan sbuah perjuangan.

Mohon comentar nya :),,,
sy tkut salah,mengingat akal qt relatif.Hny Allah lah yg mutlak benar.

dari: Dani Camers

Wanita muslim mengutarakan perasaan pada lawan jenis

Tela'ah problematika Wanita muslim "apakah boleh atau tidak mengutarakan perasaan pda lawan jenis" ????

Islam itu adalah sebuah ideologi,Islam itu sebuah jawaban permasalahan manusia di dunia.Islam itu sebuah falsafah kehidupan dimana konsep2 Yang diturunkan Allah akan slalu memperbaiki sektor2 kehidupan manusia.
Dan sektor2 kehidupan manusia yang membutuhkan sebuah problem solving ada yang subtansi ada yang tidak,ada yang ber skala makroo ada yg ber skala mikroo.Tapi tdak ada salahnya qt memahami smuanya.krna jika qt tw kebenran konsepsi Islam mka kita akan tw bgmn cra melangkah.krna setiap lngkah kaki manusia tergantung pengetahuan pola pikir dan traumatis masing2 diri.

Dlam hal ini kami akn membahas mslah ke wanitaan,yakni permasalahan perasaan.
"wanita muslim,boleh atau tidak mengutarakan perasaan"
1.Sudut pandang jawa ; wanita itu adalah mutiara,dya hrus kalem,alus,dia adlah harta terpendam.Wanita itu sebuah junjungan,tdak boleh semena mena dlm ber sikap.Fakta ini sngat jelas,krna budaya jawa sndiri 90% dipengaruhi oleh pola pikir hindu.Intinya ; wanita akan khilangan harkat dan martabatnya jk mengutarakan perasaan
2.Sudut pndang anak alay zaman skrag ; wanita iku mahal,isin rek klo smpai mengutarakan perasaan.seng butuh kan laki2,mosok yo perempuan yg mengutarakan.Intinya wanita tidak boleh mengutarakan.
3.Dlam ajaran islam ortodok,wanita itu hrus tabaruj yakni memalingkan pndangan.jadi sngat jelas,,,jika memandang laki2 sja tidak boleh bgmana bisa menyatakan perasaan.Intinya aliran ini menganggap mengutarakan perasaan dri akhwat ke ikhwan jelas tidak boleh

Ini pendapat saya ;
Allah telah meletakkan basic sebuah organisasi di arab = nama organisasi itu adalah Islam.dengan Rasulullah Muhammad sbgai Amir nya (presidennya).
Beliau menata sistem2 kehidupan disana,mulai dri ;
-potilik yg islami
-hukum yg islami
-sosial budaya yg islami
-hingga bisnis yg islami dll

Tidak lupa,beliau jga mengatur sbuah organisasi kecil.yang menopang sebuah negara yg baru berkembang saat itu.Organisasi yg dimaksud adlah kluarga.
Sebelum kluaga terjadi mka ada yg namanya proses menyatukan dua hamba Allah "lebih simple nya adalah pacaran".
secara teknis Rasul tidak pernah mengatur ini karna mugkin dlu msalah ini bkan hal yg substansi,krn Rasul terlalu fokus dengan perkembangan islam.
Tp dlam prakteknya ; Rasul dijodohkan Umar dngan anaknya Hafsah. Rasul dijodohkan abu bakar dengan anaknya Aisyah dll.Rasul jg pernah menjodohkan wnita2 muslim lain.Sempat ada sahabat bilal seorag akhwat yg mengutarakan perasaan ke ikhwan dan Rasul tdk memperkarakan itu.Sebatas itu masih dalam syariah islam,sebatas posisi dan tujuan mreka adalah utk membangun kluaga yg toyibah yg mampu menjadi penopang negara islam yg toyibah.

Jadi sngat wajar jika perempuan mengutarakan perasaan k laki2,,,asal memang secara tujuan dan prakteknya msih dikatakan toyibah atau baik.
Klo msalah adat jawa dan pola pikir anak alay diatas sya pikir itu hnyalah cara pandang mereka terhadap msalah,cbalah kita berpikir tentang cara pandang Allah ketika mencoba menyelesaikan mslah Rasul.Jadi jngan menggunakan cra pandang sndiri utk memecahkan msalah.

Smoga bermanfaat bagi wanita2 muslim

dari: Dani Camers

Mampu meyakinkan saya bahwa Tuhan memang ada

Orang atheis adlah orag2 yang tidak percaya bahwa Tuhan itu ada karna
1.Teori big bang menyebutkan bhwa alam semesta terjadi krna dentuman besar,bkan diciptakan Tuhan
2.Materi itu kekal, tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan.Bukan Tuhan yg menciptakan materi.Berarti Tuhan tidak ada
3.Empirisme adlah teori bahwa sesuatu yg ada adalah sesuatu yg tampak. Tuhan tidak tampak = Tuhan tidak ada
Itu sekelumit ajaran2 orang atheisme

Hari ini saya diskusi dengan orang atheis. Mereka chating dengan saya dan mengajukan pertanyaan seperti diatas.

Atheis ; Bukankah Big bang berkata bhwa Alam semesta terjadi krna dentuman yg sangat besar kemudian terciptalah alam.
Saya menjawab ; Itu khan hnya teori dya, dan sngat wajar jika teori yg tdak valid akan tergantikan dengan teori yg lebih valid.Kita sama2 fhilosofer seharusnya berpikir sehat sesuai dengan epistemologi sebuah ilmu.Skrag cba anda pikir ; mugkinkah jika sebuah besi,kabel dll anda masukkan dlm kardus trus anda ledakan tiba2 jdi komputer. Begitu jg dengan alam,,tdk mugkin ujuk2 jdi alam semesta. Allah telah memproses sedemikian rupa sehingga terjadi keseimbangan yg luar biasa di alam semesta ini bhkan jka keseimbangan itu ber geser akn menimbulkan kerusakan.sebut saja global warming.

Atheis ; gini aja wes, menurut jenengan Tuhan maha perkasa gak. pasti jenengan jawab iya. bisa gak dia menciptakan batu yang lebih besar daripada tubuhnya. klo bisa berarti dia tertindih donk.
Saya menjawab ; Realitas itu ada empiris ada non empiris.ada yg kasat mata dan tidak kasat mata.Jika jenengan bicara empiris maka jenengan boleh berbicara ruang, massa dan waktu. Jenengan boleh bicara seberapa besar manusia, seberapa besar rumah mnusia krna itu kasat mata. Tapi jika bicara perkara Tuhan, dia adalah dzat yang kasat mata. dia adalah dzat yang non empiris. maka anda tdak boleh memasukkan variable massa, ruang dan waktu.itu sudah menyalahi logika kebenaran.

Atheis ; Anda percaya gak jika Surga neraka itu ada, pastinya anda percaya.Anda percaya gak jika Allah maha luar biasa dan kuasanya di luar kuasa segalaya.Jika memang Tuhan itu ada,,,mana bukti surga dan neraka...jika memang Tuhan ada kq dya tidak marah ke saya padahal saya tidak percaya Tuhan.
Saya menjawab ; Lagi2 anda memasukkan dimensi non empiris kedalam dunia empiris.sama hal nya anda memaksukkan udara kosong ke dalam air.sungguh sesuatu yang diluar akal sehat.Saya berpikir kebalikan seperti anda.Justru kenapa Allah tidak menunjukkan kuasanya langsung krna Allah itu luar biasa.Dia tahu betul dy menciptakan kita dengan akal dan perasaan.akal untuk mencari bukti2 kebenaran dan hati untuk meyakini kebenaran.Bukti2 kuasa Allah dengan adanya surga neraka adalah panas nya api, sakit nya kecelakaan db.Allah menanamkan ketakutan pada hati kta.Dan hati kita diwajibkan untuk menyeimbangi akal kita dengan cara membenarkan hal2 itu.

Atheis ; baru kali ini sya tidak dihujat ketika diskusi dengan orag islam. anda berbeda, anda mampu meyakinkan saya bahwa Tuhan memang ada.ok sya percya Tuhan ada. Dan sya mau beljar islam dri jenengan.
Saya menjawab ; La iqro hafidzin,,,islam tidak memaksa.tapi inilah rahmatan lil alamin.

dari: Dani Camers

Banu Khuraizah "kaum Yahudi" ketika perang Khandakh selesai

Akhir2 ini di media2 orang yahudi sering muncul pemberitaan bahwa Muhammad adalah manusia yang keji, bukan manusiawi dan tidak punya otak. Hujatan2 mereka di dasarkan pada keputusan Muhammad yang memenggal 700 kepala org2 banu khuraizah "kaum yahudi" ketika perang khandakh selesai.

Teori fakta sejarah ; kita itu tdk boleh mengambil satu sisi sja untuk memahami sebuah sejarah dan kita jga tdk boleh hny mengambil fakta nya tp juga proses sbelum fakta itu terjadi.

ini fakta2 nya ;
1. sebelum nabi hijrah ke Madinah, banu khuraizah dan banu nadr sudah membuat opini bhwa nanti madinah akn dikuasai oleh org2 yahudi krn Allah akn mengirimkn mereka seorag Rasul. tp ktika melihat Rasul Allah itu dri suka bangsa arab,mreka pun menolaknya dan mcoba membuat opini sesat bhwa Muhammad bkan Nabi.
2. Pda saat hijrah ke Madinah nabi membuat sebuah keputusan politik paling luar biasa yakni piagam madinah,,,disitu disebutkan bhwa antara ansor, muhajirin dan juga yahudi hrus saling bahu membahu untuk saling melindugi dri serangan orag luar terutama orag mekkah. Tp org2 yahudi pun berkhianat dan sering membuat onar
3. Pda saat perang khandakh dimulai orag2 yahudi terutama banu khuraizah bekerja sbagai penunggu gerbang belang, dan umat islam dngan pimpinan ali bin abu talib sbgai pemimpin gerbang depan. Dsini banu khuraizah ber khianat, dy menyuruh org utusan untuk bekerja sama dengan orag quraisy dibawah pimpinan abu sufyan agr mreka menyerang dari gerbang belakang krna gerbang blakang akn dibukakan mreka.beruntung strategi itu diketahui Rasul, dan Rasul pun mnyuruh ank buah nya yg yahudi yg sudah masuk islam utk menemui abu sofyan bhwa itu hny akal2 khuraizah aja agr ktika abu sufyan sdah masuk ke madinah mka org2 khuraisy bsa dikepung dan mati

Selang beberapa minggu,orag2 quraisy pulag k mekkah krna terjadi badai gurun di madinah. perang pun usai

Dri sini Rasul memanggil pemimpin2 auz dan khajraj utk mengambil keputusan apa kira2 yg hrus diberikan pda banu khuraizah. Pemimpin auz menginginkan 700 dri kepala mreka di penggal tp bukan ank2 dan wanita. Hal ini mengingat krna pengkhianatan mreka terhadap piagam madinah. Dan mreka juga mengkhianati Madinah ktika perang. Jika gerbang belakang sampai terbuka...mka sluruh penduduk madinah akan mati krna diserang Khuraisy.

Semoga ber manfaat,,,ini cara membela nabi kita.bukan turun ke jalan protes yg tidak jelas.ini perang pemikiran,bukan perang konsep. Wallahualam...

dari: Dani Camers

Teknis "Pacaran Islami"

Teknis "pacaran islami"

Kemaren ada ikhwan dan akhwat yg mendatangi sya dan bertanya,mas kmaren khan kata sampeyan pacaran itu halal.klo pcaran berpelukan gtu halal gak ? yg sperti ank2 skrag itu loh.

Sperti yg kami jelaskn kmaren di konsep pcaran mnurut islam bhwa pcran itu boleh krn Allah Dan Rasul tdk melarang itu,bhkan terkesan pcran itu sebuah prosessi alamiah dri seorag manusia dri remaja menuju dewasa dan itu proses alamiah utk menuju jenjang khidupan slanjutnya.
Tapi dsini prtnyaan nya bkan umum ; apkah pcran boleh apa tdak ?
Dsini prtanyyannya lbih khusus,apkah pcran yg berpelukan gtu boleh apa tdak ?

ini jwaban saya ;
1.Sbelum ke Rasulan Muhammad SAW wnita di arab hnylah sampah,klo msih segar dimainkan seks nya scra seenaknya klo dah gk kepakai dibuang bgitu sja.kmudian Allah menganngkat derajat mreka dengan kehadiran Rasulnya ykni Muhammad SAW.Tp tdk ckup smpai disitu saja,Allah jg memberikan sbuah tanggung jwab pda perempuan mukmin terutama bwt ummul mukminin untuk menjaga HIjab (batasan dinding),,,jilbab (mengulur dri atas sampai kaki) dan juga syahwat (ragsangan negatif)...Ini sdah memberikn qt sedikit gambarn ; apkah pcran dngan cra berpelukan itu diperbolehkan atau tdak ?
2.Jika qt mcoba brpikir siapa diri kita dlam konteks msyarakat luas,tentunya kita mempunyai muatan positif dan negatif.Dan itu bisa mempengaruhi tindakan seseorang.Pun sama dngan perempuan,klo saja dy sampai dipeluk si cow mka itu bsa sja mempengaruhi si cow untuk melakukan hal yg lbih dri itu "zina misalnya"
3.Allah itu maha tahu,dya tahu apa yang ada dalam isi hati kita yang tidak diketahui siapapun.Oleh sebab itu Allah SWT dzat yang maha luar biasa memerintahkan Rasul agar menyampaikan pda umat nya tentang ayat "walla takrobun dzina"...Karna Allah tw,mnusia itu terdiri dri akal dan perasaan yg di dalamnya terdapat ego,ed ego dan super ego.dmn ed ego itu adlah dorongan2 alamiah manusia utk makan,minum,seks,dsb...Allah mencoba memberikan rem pada dorongan seks kita agar qt jnganlah mendekati zina.Dan bagi sya pribadi ber pegang tangan klo sudah sampai 10 menit bahkan ber pelukan sepuluh menit akan menimbulkan rangsangan alamiah pda tubuh kita.dan disitulah proses awal zina terjadi.

Dari sini jelas,,,bahwa Allah mengharamkan proses pacaran yang tdak menjaga hijab.Allah mengharamkan wanita yg tidak berjilbab dan Allah mengharamkan sesuatu tindakan yang mendekati zina.
Pcran sehat adlah pcaran yg membangun sebuah visi dngan pasangannya,membangun sistem management masa depan berdua,membangun dasar kluaga yg baik .saling memotivasi, saling menutupi kelemahan dsb.Dan itu bsa dilakukan tanpa harus berpelukan.
Semoga ber manfaat,,,mohon coment nya terutama bwt temen2 sya yg mantan pelaku.xixixixixixixixixi

dari: Dani Camers

Khamar dan Judi keduanya terdapat dosa yang besar

2 hari yang lalu,sya mampir di salah 1 daerah Gresik.sya mendapati ada seorang ustadz sedang minum Toak "miras".
Sya pun menghampiri beliau dan bertanya ?
Bukankah ustadz adalah panutan, kq minum miras ?

Dy pun menjawab, Sya khan cuma minum asal tidak mabuk gak masalah dek.
"sya berpikir, pcuma sya ceramah k orang ini...akal sehat nya sudah mati"

Buat temen2,semoga materi ini bermanfaat.
Ini proses turunnya ayat tentang khamar

1.Umar bin khatab brtanya pda Rasul ; Tlog jelaskn pda kami tentang khamar.
Allah pun menurunkan ayatnya ;
“Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: “Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfa’at bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfa’atnya”…” Al baqarah 219

2.Umar bin khatab brtanya lg pda Rasul ; Tlog jelaskn pda kami tentag khamar lebih tegas,krn bnyak yg lalai bacaan ktika shalat gra2 khamar.
Allah pun menurunkan ayat nya ;
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan…” An nisa 43

3.Umar bin khatab brtnya lg pda Rasul ; Tlog jelaskn lagi pda kami tentag Khamar,krna itu menimbulkan perceraian muslimin.
Allah pun menurunkan ayat nya ;
“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah , adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.”

3 ayat yg berbeda itu bnyk umat Islam yg berpikir bhwa ayat2 Allah tentag khamar tdk konsisten dan saling bertentangan.
Sya pribadi tdk menyikapi itu sebagai sebuah pertentangan,tp sya pribadi memahami itu sbgai prosesi Allah utk membangun sbuah budaya yg sudah mengakar di tanah arab dri pemabuk berat menjadi bangsa yg sehat.Krna qt tahu merubah budaya tdk butuh wktu 1 hri tp puluhan tahun.Jepang bsa menjadi negara yg kuat butuh wktu puluhan tahun dri tahun 45 smpai skrag.Tp Muhammad mampu merubah struktul sosial budaya,hukum,politik,ekonomi,sistem ke Tuhanan dan sbgainya hnya dlm waktu 23 tahun.
Dari sini jelas,bahwa Khamar itu haram.Dan adanya ayat2 yg berbeda merupakan sebagaian proses dri Allah SWT utk merubah budaya yg mengakar d bangsa arab.

NB ; saat Umar bin khatab mnjadi amirul mukminin,khalid bin walid prnah mandi khamar bkan minum.Dy Pun ditegur Umar krna itu perbuatan para penguasa persia.dan itu tdak ada bedanya dngan perbuatan setan.
semoga bermanfaat,terima kasih ;)

dari: Dani Camers

Prospek pengetahuan bagi Islam = Ilmu - Iman - Amal

Prospek pengetahuan bagi Islam...

Semenjak kecil saya terbiasa diajak kakek saya untuk shalat ke mesjid,dimulai dari hanya melihat dia dengan gerakan tangan,kaki,sujud,rukuk dkk. Dan saya pun mulai meniru nya shalat.
semenjak kecil saya juga sering disuruh nenek untuk kasih uang pada pengemis yang datang
(Dan saya yakin sebagian besar pembaca juga mengalami hal yang sama)

Sampai detik ini saya tidak paham,,,...
Kenapa mereka tidak mendidik saya apa itu shalat,mengapa kita harus shalat,Bagaimana fungsi dan kedudukan shalat dalam bangunan islam secara utuh,apa hukumnya jika tidak shalat,seberapa fungisonal shalat dalam perjuangan Rasul,dimanakah letak shalat dalam pribadi kita sebagai hamba Allah dan sebagainya.
Saya sangat kawatir,saya hanyalah keledai yang membawa kitab.saya tahu apa yang saya bawa tapi saya tidak tahu apa isi yang saya bawa.

Itu tidak ada bedanya dengan orang shalat tapi tidak tahu apa itu shalat,mengapa kita harus shalat,bagaimana itu shalat,apa fungsi dan kedudukan shalat dalam bangunan islam secara makroo.Bagaimana terapannya dalam perjuangan Islam dst.Karna Islam seperti bangunan Rumah,antar perintah perintah yang diturunkan Allah SWT pada Nabiullah Muhammad SAW pasti saling berhubungan dan berkaitan.Dan pasti punya fungsi dan kedudukn sendiri.
Dan lebih parahnya lagi banyaknya fenomena berpikir masyrakat yang anti dengan pengetahuan,mereka cenderung berpikir yang penting saya shalat.Semuanya terserah Allah,bahkan Ekstremnya ada yang bilang bahwa Shalat adalah tiang agama,jika shalatnya bagus maka amalannya akan bagus.di alam mashyar pun timbangan pahala nya = besar.sungguh sebuah kesimpulan yang amat bodoh dan jijik.

Dari sini saya mersa ada yang salah dalam sistem pendidikan agama yang sudah menjalar di masyarakat islam kita.
Mereka hanya menanamkan ke anaknya agar Beriman trus kemudian mengamalkan.
Iman - Amal

Padahal saya pikir sesuatu yang benar adalah kita harus tahu/mengerti/mengetahui,,,kemudian kita mengimani pengetahuan itu dan kemudian kita mengamalkan pengetahuan itu.
Iman - amal tanpa ilmu = beresiko salah krna tanpa basic yang kuat.
Iman - amal tanpa ilmu = kita hanya bisa meyakini dan melakukan,tapi kita tidak tahu apa yang kita lakukan benar atau tidak.

Jadi menurut saya pribadi,pola pengajaran terhadap sebuah prospek pengetahuan islam adalah dengan cara
1.Menanamkan pengetahuan dulu
2.Mengimani sesuai pengetahuan yang kita dapat
3.Mengamalkan sesuai dengan apa yang kita imani

Prospek pengetahuan bagi Islam = Ilmu - Iman - Amal
semoga bermanfaat,

Oleh : Dani Camers

Kebesaran Rasional para Rasul-Rasul Allah

Kebesaran Rasional para Rasul2 Allah....

Sudah selayaknya kita sebagai umat Muslim untuk selalu mengambil pelajaran dari kisah2 hidup para Rasul Allah,sebagaimana Firman Allah yang menjelaskan kepada kita bahwa kita tidak boleh PD dan bangga bisa masuk surga.Sedangkan belum datang cobaan pada kita sebagaimana Rasul2 terdahulu.
Dari surat itu nampak jelas bahwa jika kita ingin masuk surga,salah satu metode nya adalah menelaah jalan hidup para Rasul.
Dan dalam bahasan kali ini saya mencoba mengangkat "matematika/Rasionalitas Rasul Allah yg sering kita sebut sebagai bapak para Nabi"...dialah Nabi Ibrahim AS.

Setiap Hari raya kurban,umat muslim selalu memuji kesabaran nabi Ibrahim dalam mengorbankan putra nya ismail untuk disembelih sebelum Allah menggantinya dengan hewan kurban.Dan itu selalu dilakukan tiap tahun untuk memperingati kebesaran hati Nabi Ibrahim SAW.
Disini saya akan mengangkat sisi yang berbeda,,,saya lebih tertarik mengangkat sesuatu yang belum diangkat oleh para cendikiawan sebelumnya yakni seberapa besar tingkat Rasionalitas Ibrahim AS.

-Sudah menjadi asumsi umum bagi kita semua bahwa ayah Ibrahim adalah pembuat berhala di masyarakat nya,tapi Ibrahim muda sering mengkritisi masalah itu.dia sering bilang ke ayahnya,,,apakah kita bukan orang gila.Membuat patung sendiri tapi kok disembah sendiri..."point pertama".
-suatu ketika,ketika msyarakat nya sedang melakukan pesta,ibrahim masuk ke kuil tempat pemujaan nerhala2. dia memotong semua kepala berhala2 itu,hanya yg paling besar yg tidak dipotong oleh Ibrahim.Kapak yang dibuat untuk memotong kepala2 tersebut dikalungkan di patung yang paling besar.
ketika orag2 slesai berpesta mereka mendapati berhala mereka sedang hancur berantakan,,,mereka bertanya : Ibrahim,siapa yang memotong berhala2 ini.Ibrahim menjawab....Kenapa kalian tanya aku,tnyakan saja pada patung yang paling besar. Bukankah itu Tuhan kalian.
Ibrahim,,,kau ini sudah gila yah.mana mungkin patung bisa bicara...Ibrahim menjawab,,,lebih gila mana aku atau kalian.sudah tahu patung kq disembah ?.....
"point kedua"

Betapa besar tingkat Rasional beliau dalam memahami masalah masalah Ke Tuhanan dan Ke masyarakatan,itu sangat berbeda dengan tingkat pemahaman kita sekarang.Kita cenderung terpaku dengan tradisi dan kondisi.Kita sangat tidak mampu untuk lepas dari tradisi dan kondisi tempat kita tinggal...
contoh : Kita semua mengenal 7 hr kematian,,, 40 hri kematian...atau bahkan ada yang ke makam para wali.
coba kita ke makam salah satu wali,,,kita hancurkan tempatnya...ketika semua orang bertanya kenapa makam ini hancur.maka kita akan menjawab..."tanyakan saja ke wali yang sudah mati itu".semua akan berkata...kau ini gila yah,,,orang mati kok ditanyai ?.
coba kita jawab,kau lebih gila...orang sudah mati kok dimintai petunjuk,dimintai berkah dsb...
saya yakin anda akan di gampar...hahahahahaha

Itulah bukti Rasionalitas Nabiullah Ibrahim as.dengan kekuatan akal sehat nya dia mampu memahami seuatu kebenaran.dan dia ingin lepas dari tradisi dan persepsi masyrakatnya yang mengarah pada kebodohan.

Apakah kita bisa ?....
"Apakah kamu yakin masuk surga,padahal belum nyata cobaan yang datang kepadamu sebagaimana Rasul2 terdahulu"
monggo di coment :)

oleh: Dani Camers

Pengaruh ketakutan terhadap eksistensi iman

Pengaruh ketakutan terhadap eksistensi iman

Sudah menjadi asumsi umum bahwa rasa cinta, benci, sayang, suka, marah, sedih dll adalah fitrah kita sebagai manusia.Tidak terkecuali rasa takut...
Ied ego = segala alamiah dalam tubuh manusia telah digerakkan secara tidak sadar oleh tubuh kita.dan itu sebuah proses yang sangat alami.
qt haus = pasti minum
qt lapar = pasti makan
qt dewasa = pasti butuh seks
dll
salah satunya adalah qt takut = pasti butuh pemecahan masalah.

Yang jadi permasalahan utama adalah,meskipun Allah menciptakan segala sesuatu yang alamiah di tubuh qt tapi Allah menciptakannya dengan keseimbangan.
eks = tidak mugkin qt haus tiba2 minum air 1 tong,tdak mugkin qt lapar trus makan 10 piring.itu sudah dianggap melebihi wajar keseimbangan yg telah dibuat oleh Allah.

Bgmana dengan ketakutan ?
ketakitan pun begitu,Allah pasti meletakkan batas2 keseimbangan di dalam tubuh kita.
Tidak mugkin kita tdak takut jika berhadapan dengan macan hnya 1 meter,tdak mugkin qt tdk takut jika qt berada di dalam sungai yg berisi penuh dengan buaya.dll
(itu sangat wajar,,,dan itu bersifat alamiah)

Bgaimana jika paradigma ketakutan kita masukkan dalam kehidupan sosial masyrakat.
-Bgmna jika takut terhadap hantu ?
sya mengangkat tema ini krna saya bnyk mendapati adanya
1.anak yg sudah baligh tdk berani tdur dirumah sndri krn tkut hantu
2.ank yg baligh tdk brani k kamar mandi sndri krn tkut hantu
3.ank yg sdah baligh tdk brani ikut pemakaman saat mlm hri krn tkut melihat pocong dll

A. Dari sudut pandang kedudukan
qt dan syetan = makhluk Tuhan,sama2 diciptakan Tuhan.Malahan faktanya Allah menyuruh syetan menghormati adam.apa coba yang perlu ditakuti dari syetan ????

B. Dari sudut pandang kehebatan
Qt diberi akal dan perasaan,,, sedangkan kita tidak tau apakah syetan punya itu krna Allah tdk menjelaskan itu dalam fir mannya...dari sisi ini kita jelas lebih hebat.apa coba yang perlu qt takutkan dari syetan ????

C. Dari sudut pandang persepsi
Persepsi otak qt itu luar biasa,,,bahkan qt mampu membuat syetan dengan berbagai versi.ada syetan ngesot,ada syetan pake kolor ijo, ada syetan pake kemben mlorot,ada syetan pake pocong dll.saya yakin syetan tidak mampu berbuat itu pada kita.Trus apa coba yg perlu ditakuti dari syetan ???

D.Dari sudut pandang fisik
Saya yakin Allah tdk menciptakan syetan seperti yang ada di film2 horor, itu hanya abstraksi para penulis dan sutradara saja.saya yakin mereka juga makhluk normal.hnya saja karna mereka membangkang maka mereka dihukum Allah dengan hidup kekal dan neraka menanti mereka.

saya justru berpikir,,, orang2 yang takut dengan syetan.bahkan ekstremnya tidak mw ke kamar mandi krna takut.tdk brani tdur di rumah sndiri krna takut.sebenarnya dalam kasus itu syetan sudah berhasil menduduki iman nya.itu lah yg sya maksud ketakutan yg berlebihan.ketakutan yg tdak berdasar.
itulah ketakutan yg sama sekali tdk masuk akal

Hanya Allah yang menciptakan kita, Hanya Allah sesembahan kita, Hanya Allah yang boleh kita takuti diluar kewajaran,dan Hanya Allah tempat kembali.

orang beriman = tidak takut syetan.

Oleh : Dani Camers

Kenapa Allah memilih Muhammad sebagai Rasul

Kenapa Allah memilih Muhammad sebagai Rasul

"Telaah moralitas Muhammad SAW"
1.Muhammad kecil didapati sebagai seorang anak yatim yg disusuhi halamatus sa'diyah kmudian di asuh pamannya abu thalib.
-ini mendidik moral kuat sbgai anak gurun pasir pengembala domba.sifat kerja keras,mandiri n tdk mudah menyerah bgitu kentara disini.msa kcil Muhammad adalah sebuah pencarian jati dirinya,apkh dy lari k hedonisme arab atau mlah jdi pribadi yg sbaliknya.dan Muhammad membuktikn dy jd pribadi yg sbaliknya

2.Muhammad muda begitu terkenal,krna membantu perang fijar dan memecahkan masalah hajar aswad
-pda zaman itu seorag ank muda yg ikut membantu perag akn sngat dihargai,krn perag mrpkn budaya arab yg tdk bsa d hapuskan.dan muhammad muda bhasil menempa dirinya jd pribadi yg berani saat mudanya.

3.Muhammad dewasa adalah pedagang yang jujur dan amanah
-kematangan sosialisasi muhammad di uji disini,stelah mnjadi pribadi yg mandiri dan berani mka saat posisi ni dy dihadapkn pda ujian moral ykni apkah dy mampu mnjadi pribadi yg bsa diterima org dlm urusan bisnis.dan bisnis yg dijalaninya bnr2 menempanya jd pribadi yg bnr2 mncari materi tp msih bpegang pda keadilan oleh sbab itu dy dijuluki al amien sjak dewasa bhkn sblum jd nabi.

4. Muhammad di usia matang adalah Muhammad yang cenderung konseptor dan pemikir
-saat dy d usia ini,muhammad mngalami peristiwa yg membuat psikis nya bnr2 trpukul ykni anak nya meninggal.dri situ dy bgitu sdih,dy serig merenung.dy sllu brtnya knp org2 bnuh ankny pdhal dy sedih tk puny ank.pkirannya smakin luas pda prtnyaan2 lain ykni knp org2 arab suka mabuk pdhl itu tk da fungsinya,knp org2 arab mnganggap patung sbgai perantara Tuhan,knp org2 arab hrus pnya budak,knp wnita2 arab tdk bgitu dihargai jk mlahirkn bayi perempuan

Itulah Muhammad...
Dari kecil terbiasa mandiri dan kerja keras
Ketika dewasa terdidik jdi lbih berani
Ketika dewasa jdi dihadapkan pada materi tp dy tetep jdi pribadi yg amanah dan terpercaya
Hingga ketika dewasa dy jdi seorag konseptor atau pengamat masyrakat yg jitu

Justru dari situlah knp Allah mengangkat Muhammad jdi seorag Rasul,krn pribadinya yg luar biasa.pribadinya yg bgitu mencerminkan pemimpin yg uswatun khasanah.
Bgitu luar biasanya nabi qt, Rasulullah Muhammad SAW

Mohon di coment :)

Oleh:  Dani Camers

Al Qur'an sebuah kitabullah yg sangat luar biasa

"Filosofi diturunkannya Al Qur'an"

di jaman yg serba modern ini bnyak sekali kita temui golongan2 islam,ada yg golongan fundamentalis,ada yg golongan liberalis,ada yg golongan ekstremisme,ada yg golongan damaisme,ada yg golongan nasionalisme,ada yg golongan postmoderinisme ada yg golongan tradisionalisme dsb
semua golongan2 islam itu bisa terpecah sedemikian rupa karna adanya cara pandang yang berbeda terhadap Al Qur'an....

logikanya, Al qur'an tdak ada bedanya sama buku,,,jika satu kelas disuruh membaca buku sejarah saya yakin semua murid akan memiliki persepsi dan asumsi yg berbeda2.
Masalah itu terjadi karna memang manusia memiliki keterbatasan tidak seperti Allah yg maha sempurna dalam segala hal.
Tapi,kesimpulan2 yang dilakukan oleh masing2 otak yang ada di kelas tersebut sama sekali tidak akn mengubah isi buku yang sesungguhnya.jadi yg salah adalah penafsiran mereka,dan isi bukunya akan tetap sebagaimana isinya

Al Qur'an ; sebuah kitabullah yg sangat luar biasa, dialah buku dri segala buku,petunjuk dri segala petunjuk yg diturunkan langsung oleh Allah pada umat manusia yg dibawa Muhammad SAW dengan perantara malaikat jibril.
Al Qur'an berisi tentang semua pemecahan2 masalah yg nantinya akan dihadapi manusia di dunia,dalam lingkup kecilnya Al Qur'an berisi tentang semua pemecahan2 masalah yg dihadapi Muhammad dalam memperjuangkan jalan dakwah nya.
Dan itu terbukti melalui proses dan jalan hidup Muhammad,
-mulai dri dy resah dan bertanya2 tentag makna hidup-dy ber tahanuts di gua hira
-dy mendapat wahyu berupa al -alaq
-dy disuruh bangun dri selimut
-dy disuruh dakwah sirih di rumah arqam
-dy disuruh dakwah terang2 an
-dy disuruh hijrah k abasinia
-kemudian hijar ke madinah
-kemudian membangun sosial masyarakatnya mulai dri kekeluargaan,persaudaraan,hukum keadilan,sosial,politik,ekonomi,strategi perang,strategi politik dst
-hingga pada akhirnya melakukan fatkhul mekkah
-dan melakukan haji wada'

dari perjalanan manusia hebat seperti Muhammad SAW qt dapat menyimpulkan bahwa Al Qur an memang hadir untuk pemecahan masyarakat luas,jika adanya Al qur an tapi masalah2 masyarakat belum juga tuntas maka perlu dipertanyakan apakah kita sudah mampu atau belum mampu dalam memahami Al Qur an

Dan faktanya di jaman skrag tdk ada bedanya dengan zaman jahiliyah sbelum Muhammad hadir
1.Latta uzza dan manat di anggap sbgai perantara Tuhan,sebagaimana orag2 NU menganggap walisongo sbgai perantra Tuhan dan makamnya di keramatkan
2.Orag2 munafik madinah yg terus menggerogoti perjuangan Rasul,sbgamna org2 skrag yg lari dri tanggung jwab perjuangan dan lbih memilih hidup tenang d kluarganya
3.Orag2 egois yg tdk mw hijrah dan bertahan d mekkah n kluar dri islam,sbgaimana orag2 skrag yg lbih betah dan damai hdup bsama kluaganya dripda hrus berjuang keras memikirkan agama Tuhannya.
4..Orag2 penguasa mekkah yg menganggap ka'bah sbgai peluang bisnis dri syam dan arab pada umumnya,,,sebagaimana arab saudi skrag yg memanfaatkan ka'bah sbgai lahan bisnis utama negara

Apakah Al Qur an tetap suci, jwabannya tetap
Apakah Al Qur an melenceng, jwabannya tidak

yg kotor adalah qt yg slah menafsirkan, yg melenceng adlah kita yg tdk mampu memahami Al Qur an sbgai pemecahan msalah kehidupan
"wallahualam"

Bimbing hambamu ya Allah :)....

ditulis oleh :  Dani Camers

Secara fisik, tubuh manusia akan lebih sehat jika tubuhnya lebih mudah berkeringat

Filosofi turunnya ayat Al ahzab 59
Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya[1232] ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Al Ahzab : 59)

Segi konteks masalah :
Dalam sejarah dikatakan bahwa suatu hari ada wanita muslim yang tidak pakai jilbab sedag keluar rumah, dia digoda oleh orag yahudi. disitu lah dia dilecehkan, ada salah satu muslim yang melihat hal tersebut dan diapun membunuh org yahudi yang melecehkan umat islam saat itu.maka terjadilah qishas "nyawa balas nyawa".
dari sini Allah langsung menurunkan al ahzab 59 agar wanita lebih menjaga aurat nya,karena aurat adalah sumber dimana laki2 bisa muncul rasa ingin menggoda wanita.

Segi kesehatan :
Secara fisik, tubuh manusia akan lebih sehat jika tubuhnya lebih mudah berkeringat. Bangsa arab adalah bangsa gurun yang tandus,seandainya mereka memakai jilbab maka kita meng asumsikan itu dilakukan Allah juga sebagai sisi kesehatan. Karena kesehatan yang murni adalah ketika mampu mengeluarkan keringat dari tubuh kita.

Segi kenyamanan :
Dari segala survei yang dilakukan,90% para wanita menyimpulkan bahwa jilbab mampu memberikan kenyamanan dan ketenangan sendiri bagi pemakai nya. Karena hal tersebut sedikit banyak mengurangi agar wanita digoda secara berlebih oleh seorang laki laki. Jika hal itu sudah terjadi maka wanita sedikit banyak sudah mampu menjaga kesucian nya

Segi keamanan :
Karena ketika memakai jilbab potensi wanita untuk digoda sangat sedikit, maka itu pun juga ber implikasi terhadap keamanan dia. Sebut saja keamanan dari sisi pemerkosaan.Keamanan dari sisi kekerasan,karena biasanya wanita yang berjilbab dianggap lebih anggun dan kalem.Laki laki jadi berpikir sekian kali untuk melakukan kekerasan pada wanita yang seperti itu.

Segi syahwat :
Penelitian terbaru cendikiawan muslim Indonesia menyimpulkan bahwa jempol wanita pun merupakan daya tarik yang bisa membangkitkan nafsu laki laki yang, melihat nya. Oleh sebab itulah Allah menyuruh perempuan untuk mengulurkan jilbab nya dari kepala sampai kaki kecuali muka dan telapak tangan.

Masikah ada yang menyangkal bahwan jilbab itu tdk wajib ?
Masihkah ada yg memakai jilbab asal asalan ?
Itu urusan anda dengan Tuhan ketika di alam mashyar,ketika semua tindakan kita dipertanggung jawabkan :)

ditulis oleh: Dani Camers

Kebodohan ulama dalam memahami teks wahyu Allah" berujung kebodohan umat, berujung neraka berjamaah, jika itu diteruskan

Tela'ah fenomena
"Kebodohan ulama dalam memahami teks wahyu Allah" berujung kebodohan umat, berujung neraka berjamaah, jika itu diteruskan.

Selama saya belajar agama Islam saya sudah belajar ke lebih dari 20 ulama, dari kesekian itu. Saya berani terang terang mengkritisi ajaran mereka,salah satunya adalah tentang pemahaman yang berikut ini.

1. Ayat pertama kali yg diturunkan Allah pda Muhammad adalah Bacalah, sehingga qt semua hrus membaca Al Qur'an setiap hari
2.Lebih ekstrem lagi,ada yg berpendapat bahwa surat yasin adalah intisari Al Qur'an.baca seminggu 1kali,maka surga jadi jaminan
3.Ada jg yg berkata bahwa surah Al Fatihah adlah inti Al Qur'an, bca setiap hari.Maka surga jaminannya
4.Lebih ekstrem lagi ada yg berkata, siapa yg baca Al Qur'an saat bulan puasa mka tingkat pahala nya = 10.000 malaikat

Ini menurut saya
A. Sudut pandang estimologi bahasa
B. Sudut Pandang konstruk pengetahuan
C. Sudut pandang analogi

A. Sudut pandang estimologi bahasa
Dalam bahasa arab, sepengetahuan saya. Iqro = bacalah adlh membaca sesuatu yg tersirat bkan tersurat.Jd sngat salah jka Iqro di artikan membaca Al Qur an sampai2 sedemikian rupa
Kalau itwal = membaca teks/surat.wajar jika ada kegiatan Tilawatil Qur'an.Krna konteks nya adalah membaca Al Qur'an

B. Sudut Pandang konstruk pengetahuan
Setiap pengetahuan punya konstruk, mulai dari dasar berpikir,asumsi asumsi yang meliputi,rumusan masalah,solusi yang diberikan dan seterusnya.
Setiap konstruk pengetahuan itu harus berkaitan,tdk boleh satu sama lain itu berjalan sendiri.
eks : Sosiologi
Dasar berpikir ; adanya manusia yg bersosial
asumsi asumsi ; membahas tentag ilmu sosial
solusi ; toleransi,persaudaraan dst

Pun sama dengan Al Qur'an, jk pengetahuan manusia sja harus ter konstruk.apalagi dngan pengetahuan yg diberikan langsung dri Allah.sudah mesti konstruk nya sngat jelas
eks :
Dasar berpikir : masyrakat yg rusak, Muhammad memohon pemecahan ke Allah
Asumsi asumsi : adanya perbudakan, penyekutuan dll
Solusi : Allah memberikan Muhammad Al Qur'an
Mugkinkah solusi yg didasari dari masalah masyarakat jalan keluarnya hanya dibaca ?

C. Sudut pandang analogi
Al Qur'an itu pemecahan masyarakat yg diberikan Allah kepada manusia,yakni pemecahan yang berkaitan dengan kehidupan dunia akhirat.
Jika qt pergi ke dokter,qt akan diberikan sebuah resep.
eks : obat A harus diminum 3kali sehari sebelum makan,cba baca terus menerus resep itu.saya jamin penyakit anda tdk akn sembuh.Harus ada lgkah2 nyata agr qt bsa sembuh.Mulai dri pergi k apotik,minum obat sesuai resep dst

Pun sama dengan Al Qur'an,jka hnya dibaca saja mana mugkin masalah2 sosial masyarakat bisa selesai.Toh qt tdk pernah menjalankn solusi yg ditawarkan Allah SWT

Jadi menurut saya
Al Qur an itu bkan utk dibaca SAJA, tapi dipahami dan dijalankan krna dia adalah obat bagi penyakit yg luar biasa yakni penyakit masyarakat.
sbgaimn masyrakat yahudi yg sombong n tetap menyembelih sapi betina yg dilarag Allah
Sbgmn msyrkat perjanjian lama yg mendustakan Isa AS dan men salib nya
Sbgmna masyrkat Muhammad yg menyekutukan Allah dgan berhala-berhalanya

Dan Al Qur'an tetap berlaku smpai akhir zaman,krna dia pemecahan dri segala pemecahan msalah masyrakat.Menuju msyrakat yg dicita citakan Rasul yakni masyrakat Toyyibah.Mohon coment :)

Ditulis oleh: Dani Camers

Kemandirian Gresik harus dimampukan secara nyata antara pemerintah dengan masyarakat

Gresik yang mandiri


Kemandirian Gresik harus dimampukan secara nyata antara pemerintah dengan masyarakatnya berdasarkan aspirasi dan partisipasi masyarakat yang tidak bergantung pada kepentingan pihak lain. Tujuan penting dari otonomi adalah kemandirian daerah. Kita tidak ingin Gresik merupakan salah satu dari 85 % kota/kabupaten yang sangat tergantung pada pusat, kita tidak ingin Gresik melakukan kegiatan-kegiatan jangka pendek dalam memenuhi kebutuhan daerah, seperti penimpukan hutang daerah, lobi politik berbasis kompensasi pencarian dana atau pungutan-pungutan yang tidak rasional dan memberatkan masyarakat. Ini akan menciptakan pragmatisme kebijakan yang tidak populis. Beban pungutan daerah memang secara jangka pendek terlibat efektif, tapi secara jangka panjang tidak akan mampu mandiri dalam terobosan-terobosan baru. Salah satunya adalah menciptakan usaha-usaha ekonomi baru yang berbasis potensi ekonomi masyarakat.

Langkah efisiensi budget, perampingan SKPD, rekruitmen PNS yang sesuai kebutuhan, program skala prioritas dan lain-lain dengan alokasi dan distribusi anggaran yang adil, terukur dengan indikator yang ketat dan terawasi oleh masyarakat dengan mudah. Melakukan fundamen birokrasi yang kuat, profesional dan pembenahan sistem perijinan yang cepat, mudah dan ramah akan mendukung kemandirian daerah. Aspek ekonomi dan keuangan, aspek SDM, aspek regulasi, dan aspek kelembagaan perlu dilakukan evaluasi bersama stake-holder masyarakt. Hal yang paling penting dalam keberhasilan pelaksanaan adalah adanya SINERGI antar aktor dan stakeholder kebijakan.


Ahmad Zaini Alawi 

Potensi, Media, dan Aset dalam Ekonomi dan Sosial harus bisa disinergikan

Roy Agus 
pak zaini: u/ mensikapi perkembangan mental bangsa yang bersifat merakyat memang kita perlu sosok yang pak zain sebutkan, namun adakalahnya sosok tersebut menjadi icon d kalangannya, namun sosok tersebut menjadi momok bagi para penguasa kecil maupun besar, dan tak menutup kemungkinan segala akses birokrasi d cut d tengah jalan, bahkan yang saya temui sosok tersebut kini lbih memilih u/ memupuk sektor ekonomi internal d antara keterpurukan ekonomi... maka dari itu saya teringat apa yang beliau sampaikan " gandeng dan cerdaskan karang tarunamu, maka kau akan memukan generasi yang kritis u/ perubahan daerahmu. " sebuah ide yang sederhana nan matang, namun sungguh berat.


Ahmad Zaini Alawi 
@Roy Agus : Sosok transformatif yang kritis dan berani tidak harus menabrak kenyataan yang ada. Potensi, media, dan aset yang ada baik dalam ekonomi dan sosial harus bisa disinergikan atau ditarik ke wilayah pemberdayaan. Kata kunci adalah keberpihakan yang nyata dalam konteks pembangunan. Pola pengembangan komunitas perlu juga diperhatikan, tidak hanya melalui karang taruna saja tapi juga lembaga-lembaga lain yang bisa dijadikan dinamisator terwujudnya program tersebut. Salah satunya adalah pendekatan pada komunitas ibu-ibu. Pengembangan komunitas ekonomi lokal selain memperkuat dengan support fiskal dan program juga menciptakan lapangan kerja bagi anak-anak muda...
Akses birokrasi harus dibuka utk pemberdayaan, karena tanpa itu muncul ketidaktransparansian dalam mekanisme program, pendanaan dan fasilitasi. Program menciptakan 1000 entreprener atau wirausaha muda dan pemberdayaan UKM perlu dinyatakan, & tentunya perlu juga dio support oleh kebijakan politik...


Roy Agus 
pak zaini: sosok yang saya maksud memang seperti apa yang anda jabarkan,.... hehehe.... tp bisa d sayangkan usia bliau sekarang menjadi batasan u/ lincahnya bliau bersosialisasi... memang beliau tlh menciptakan pemuda" yang kritis & berani. kembali lg pak, u/ birokrasi yang bersifat kedaerahan terkadang kita sulit mencerna maksud dan tujuannya.... seandainya pemda menciptakan sebuah trobosan yang bertujuan u/ rakyat yang betul" simpel, dan masyarakat awam bisa mencernah dengan mudah mukin akan tercipta sebuah hubungan yang harmonis, dan d perlukan wadah khusus yang betul" bisa membina generasi mudah yang bisa membina d segala lini termasuk ekonomi muda, dalam artian generasi mudah d beri akses u/ menjadi pelaku ekonomi, terutama d gresik yg menjadi central industri d jatim.....


Ahmad Zaini Alawi 
@Roy Agus : Siapa pun sosok seperti tersebut langka mas, tapi pasti ada. Jiwa transformatif, populis dan karakter kepemimpinan yang kuat sangat dibutuhkan untuk mendobrak kekakuan birokrasi. selama ini masyarakat hanya posisi "waiting" (menunggu), padahal sosok seperti itu harus ikhtiar dicari dan dimunculkan sebagai alternatif representasi publik.
Saya mendukung diwujudkannya suatu wadah untuk pemberdayaan usahawan kaum muda. Inipun harus didukung oleh internalisasi kewirausahaan di sekolah-sekolah, lembaga dan perguruan tinggi. Mentalitas sebagai "pekerja" harus dirubah dengan mentalitas sbg "kreator" penciptaan lapangan kerja. Sinergitas antara pemerintah, dewan, masyarakat dan perguruan tinggi harus diciptakan. Terobosan harus dilakukan agar tidak terjebak dalam kekakuan program. Terobosan bisa dilakukan oleh orang-orang yang kreatif-produktif yang tidak mau berada pada posisi zona nyaman, inovatif dan ada kesempatan. Pemberdayaan harus terpadu, mulai dari perubahan pola pikir, pelatihan kreatifitas, cipta-produk/jasa, manajerial-skill, pendampingan, akses permodalan hingga pemasaran. Pemberdayaan tidak bisa dilakukan setengah-setengah, harus terukur, terproses, terorganisasi, terpadu dan terprogram. Jangan sampai ketika terjadi booming usia muda pada tahun 2030-an, anak-anak muda kehilangan kesempatan dalam partisipasi perkembangan ekonomi. Ide-ide sampeyan seperti ini, harus ditindaklanjuti agar tidak menjadi kembang impian yang utopis di awang-awang...


Roy Agus 
hehehe..... insaallah pak zaini, semoga ada jalan u/ mewujudkan.... ya untuk sementara berkarya sedikit demi sedikit dulu pak zain, u/ kedepan semoga bisa....


Ahmad Zaini Alawi 
@Roy Agus : Melangkah kedepan harus optimis Mas Roy dengan niat yang kuat, karena niat adalah bagian dari misi aktifitas kita. Semoga langkah step by step terealisasi nyata dalam masa depan yang gemilang.


Ahmad Zaini Alawi 
Zaman sekarang ini, peran pemerintah daerah hanya sebagai fasilitator, regulator, motivator kehendak rakyat dalam penyediaan prasarana dan kebutuhan publik. Masyarakat harus ditempatkan sebagai pelaku utama pembangunan. Oleh karena itu, kegiatan perencanaan masyarakat harus dilibatkan secara aktif sesuai dengan kegiatan pembangunan yang cocok di wilayahnya. Inilah hakekat pembangunan partisipatif.
Yang sering dilupakan dalam pembangunan adalah penguatan institusi lokal, karena lembaga di tingkat lokallah yang mampu memecahkan permasalahannya, bukan negara atau pemerintah. Ini bisa memperkuat basis strategi pemberdayaan masyarakat.


Roy Agus 
Amiiiinn...... pak zain.... ya kapan" pak zain pengen lbh dekat u/ diskusi..... tak menutup kemungkinan klo ada kesempatan saya tak mampir k istana pak zaini... pada sesungguhnya banyak hal yg perlu kita kaji meski kita sendiri juga perlu d kaji....


Ahmad Zaini Alawi 
@Roy Agus : Monggo Mas... Kalo saya pas ada di rumah... Bebrapa teman-teman juga sering ke rumah untuk diskusi...


Roy Agus 
iya pak zaini.... pdahal saya sering lewat tapi mo mampir ngerogi......


Ahmad Zaini Alawi 
@Roy Agus : Kalo sampeyan pulang kerja sering lewat gang 12? Kenapa nggrogi Mas.. Ada-ada saja.. Hehehehe

Potensi, Sumber Daya, Modal sosial yang dimiliki Gresik

Ahmad Zaini Alawi 
@izzat bja gooners :
Betul..betul... Pilar-pilar itu adalah konsep integral (satu-kesatuan) yang tidak boleh dipisahkan. Semua kembali pada kesadaran pemerintah dan masyarakat dalam mencapai konteks tersebut..


Izzat Bja Gooners 
Ibarat papan catur.. Dan 4 pilar trsebut di taruk di ujung2 papan... Apabila salahsatu komponen (pilar) di atas jatuh .. Bisa mempengaruhi komponen yang lain...
Ahmad Zaini Alawi 
UU nomor 32 thn 2004 scr garis besar ada 3 sasaran pokok yaitu :
1. Perbaikan kualitas pelayanan publik
2. Pemanfaatan sumber daya daerah secara efisien dan efektif.
3. Proses rekruitmen kepemimpinan yang memahami kebutuhan daerah dan aspirasi masyarakat.

Sebenarnya banyak potensi dan sumber daya serta modal sosial yang dimiliki oleh Gresik, maka komponen-komponen itu harus diidentifikasi secara konseptual kemudian menjadi penopang program pembangunan. Aspirasi dan partisipasi masyarakat menjadi kunci terlaksananya keterkaitan semua komponen diatas. 

Partisipasi jika dikelola dengan optimal akan menghasilkan rasa optimisme di tingkat masyarakat. Kadang kita terjebak oleh indikator teknis-numerik statistikal pertumbuhan ekonomi sebagai ukuran keberhasilan, ada ukuran lain yg penting yaitu kemampuan daerah Gresik guna memenuhi hak-hak asasi ekonomi, politik dan sosial seperti hak pangan, pekerjaan, air bersih, pendidikan dan kesehatan, perlindungan hukum, rasa aman dan nyaman, berpolitik dan berserikat atau berorganisasi. Semua indikasi tersebut mustahil bisa dilakukan oleh pemerintah, harus melibatkan partisipasi langsung komponen masyarakat. Sampai sekarang kita belum tahu secara utuh perkembangan statistikal yang diperoleh, idealnya seluruh program dan pelaksanaannya disosialisasikan dan dipublikasikan ke publik agar masyarakat bisa melakukan penilaian kepada pemimpinnya...

kemapanan kekuasaan ditopang oleh kemapanan politik dan kemampuan akumulasi kapital

Ahmad Zaini Alawi 

@izzat bja gooners :
Secara kasatmata kita lihat bahwa kemapanan kekuasaan ditopang oleh kemapanan politik dan kemampuan akumulasi kapital. Secara historis, Segitiga jejaring emas antara penguasa, birokrasi dan pengusaha adalah kelompok mapan dalam lingkup kekuasaan, secara teori dan fakta banyak diungkap oleh para pengamat mengenai jejaring kekuasaan di Indonesia yang sejak era otonomi praktek tersebut beralih-imbas pada daerah apalagi political-effect dari pilkadal langsung yang membutuhkan dana buueessaarrr sekali.
Izzat Bja Gooners 
Mungkin tidak hanya di gresik.. Seperti berlaku hukum rimba 'yang kuat ato yang cenderung mempunyai ekonomi mapan adalah yang berkuasa'

Melihat kinerja pemerintah.. Apa pemerintah sudah sering terjun langsung untuk survei ato berpartisipasi langsung dalam stiap komponen masyarakat pak ? Ato sudah berpartisi namun belum maksimal kinerjanya ?

Masalah sumber daya alam, dari tahun ke tahun di gresik ni smakin menipis dkrnakan adanya pembangunan-pembangunan industri perumahan ato yang lain ?

Sebagai pengamat, tentunya saya melihat bahwa pemerintah kurang "dekat" dengan rakyat, kedekatannya hanya bersifat politis dan kompensatif-ekonomis. Pendekatan kultural berbasis seremonial keagamaan yang sering dilakukan wabup juga belum menyentuh persoalan substansi kedekatan dengan rakyat, meskipun ada teman yang mengatakan bahwa strategi wabup dalam setiap ceramahnya efektif untuk dekat kepada rakyat. Sosialiasi program dan kinerja serta keterbukaan informasi masih rendah. Dekat dengan rakyat nampaknya memanfaatkan momentum suatu kegiatan. Kegiatan minggu pagi di jalan jaksa agung hanya dinikmati oleh kaum menengah kota saja. Soal kinerja, transparansi dan partisipasi masih kurang...

Sumber daya daerah, seperti tanah lambat laun akan berkurang karena "massif"-nya pemberian ijin kepada ivestor industri dan pengembanhg properti, perhatian kepada sektor perikanan tambak (maritim) dan agraris-pertanian semakin berkurang, ini akan membawa dampak kultur industrial-mekanistik atau ketergantungan pada industri akan besar dan mengental, kemandirian dan etos kerja berbasis potensi dan karakter kewilayahan akan hilang. Maka perlu langkah evaluasi dan re-orientasi dari pendekatan physical-development ke arah human-development atau bisa berjalan secara berbarengan (mis-development)..

Gresik lebih "mahal" dari Surabaya (UMK)

Edy Prianto 
UMK Gresik belum diketok baru sebatas pengajuan di Tingkat Propinsi ... belum ada kepastian. Sebetulnya kenaikan UMR/ UMK/ UMP itu adalah istilah faktanya HARGA KEBUTUHAN POKOK juga terkerek kadang kenaikan diluar hitungan matematika kenaikan itu sendiri. Sungguh tragis malah yang bukan karyawan karena kenaikannya tergantung SANG PEMBERI PEKERJAAN.

Banyak sekali yang ingin mengetahui UMK Gresik, maupun UMK Surabaya, juga kota yang lain. Apakah sudah fix. Dapatkan informasi terbaru di Grup Suara Gresik





Budy SantosoKenaikan angka penetapan UMK Surabaya yang semula Rp. 2.2 ..... juta menjadi Rp 2.863.000,- yang tadi malam telah ditandatangani oleh Walikota Surabaya sebagai usulan ke Gubernur ( Sudah saya konfirmasi barusan ke kawan2 SBK Surabaya yang salah satu pengurusnyan adalah anggota Dewan Pengupahan Surabya ) ! Ini proses perjuangan kawan2 Buruh Surabaya dalam mendesakkan upah layak bagi buruh adalah merupakan kemenangan juga bagi semua buruh, khususnya di Jatim. Dengan kenaikan tersebut maka Pemerintah Gresik melalui Dewan Pengupahannya wajib merevisi dan menaikkan juga UMK Gresik yang telah ditetapkan sebesar Rp. 2.3....juta MENJADI Rp. 2.863.000,- sebagaimana komitmen bapak Sambari ( Bupati Gresik ) yang menyatakan UMK Gresik akan mengikuti UMK tertinggi Kabupaten pada ring 1 (satu).
Untuk itu kepada semua kawan2 anggota FSPBI-KASBI Gresik agar segera merapat ke kantor Disnaker Gresik SEKARANG JUGA untuk mendesak Dewan Pengupahan gRESIK merevisi/MERUBAH UMK Gresik menjadi Rp. 2.863.000,- ! HIDUP BURUH

Edy PriantoUMK KABUPATEN/ KOTA JAWA TIMUR 2014
Sesuai dengan Peraturan Gubernur Jatim Nomor 78 tahun 2013 yang ditandatangani pada 20 November 2013:
- KOTA SURABAYA 2.200.000,00
- KABUPATEN GRESIK 2.195.000,00
- KABUPATEN SIDOARJO 2.190.000,00
- KABUPATEN PASURUAN 2.190.000,00
- KABUPATEN MOJOKERTO 2.050.000,00
- KABUPATEN MALANG 1.635.000,00
- KUTA MALANG 1.587.000,00
- KOTA BATU 1.580.037,00
- KABUPATEN JOMBANG 1.500.000,00
- KABUPATEN TUBAN 1.370.000,00
- KOTA PASURUAN 1.360.000,00
- KABUPATEN PROBOLINGGO 1.353.750,00
- KABUPATEN JEMBER 1.270.000,00
- KOTA PROBOLINGGO 1.250.000,00
- KOT A MOJOKERPO 1.250.000,00
- KABUPATEN BANYUWANGI 1.240.000,00
- KABUPATEN LAMONGAN 1.220.000,00
- KOTA KEDIRI 1.165.000,00
- KABUPATEN BOJONEGORO 1.140.000,00
- KABUPATEN KEDIRI 1.135.000,00
- KABUPATEN NGANJUK 1.131.000,00
- KABUPATEN SAMPANG 1.120.000,00
- KABUPATEN LUMAJANG 1.120.000,00
- KABUPATEN TULUNGAGUNG 1.107.000,00
- KABUPATEN BONDOWOSO 1.105.000,00
- KABUPATEN BANGKALAN 1.102.000,00
- KABUPATEN PAMEKASAN 1.090.000,00
- KABUPATEN SUMBNEP 1.090.000,00
- KABUPATEN SITUBONDO 1.071.000,00
- KOTA MADIUN 1.066.000,00
- KABUPATEN MADIUN 1.045.000,00
- KABUPATEN NGAWI 1.040.000,00
- KABUPATEN BLITAR 1.000.000,00
- KOTA BLITAR 1.000.000,00
- KABUPATEN PONOROGO 1.000.000,00
- KABUPATBN TRENGGALEK 1.000.000,00
- KABUPATEN PACITAN 1.000.000,00
- KABUPATEN MAGETAN 1.000.000,00
By EDP Rakyatpro Gresik ..


Ahmad Zaini Alawi 
@roy agus : Dalam teori ekonomi di sekolah-sekolah dan kampus masih didominasi oleh mainstream ilmu ekonomi positifistik dan kapitalistik. Bangunan teori pun diajarkan sebagaimana buku teks tanpa kritik sehingga menelan mentah-mentah bangunan teori itu, makanya saya sering berpesan pada mahasiswa saya, jangan melahap habis teori-teori ekonomi, harus diimbangi secara kritis dengan wawasan-wawasan lainnya, para pengajar dan guru ekonomi juga harus banyak membaca teori-teori alternatif agar bisa memberikan banyak alternasi teoritis & pemahaman ekonomi. Contoh adalah tujuan perusahaan adalah pencarian keuntungan sebesar-besarnya, ini adalah pengertian yang parsial-materialistik yang sengaja dibangun untuk menciptakan pragmatisme ekonomi publik.

Roy Agus 
pak zaini: dari proses kegunaan mungkin faktor ekonomi menjadi dasar plaksanaan sebuah.... sebuah kebudayaan dan tecnologi bisa menjadi berkembang pesat bisa dikatakan ekonomi sebuah daerah merata dan solid, d samping itu gendala" ekonomi bisa tratasi, seperti halnya stabil dan terjangkaunya harga kebutuhan sekunder maupun primer.... apakah d daerah kita sudah termasuk klasi fikasi tersebut....?
Begitu juga soal utilitas atau kegunaan (fungsi) suatu barang, baik place utility, form utility, dan lain-lain selalu berujung pada kegunaan praktis-materialis, jika tidak menguntungkan bukan utilitas. Nah, dari sinilah, bangunan pemahaman praktikal ekonomi menjadi pragmatis, sesuatu yang bernilai utilitas (guna) bermanfaat untuk pemakainya dan bersifat jika pendek, tidak pernah melibatkan faktor-faktor lain diluar keuntungan. Nah dalam kebijakan ekonomi pun saya masih melihat dari sini, jika menguntungkan secara material atau pertumbuhan ekonomi (tanpa melibatkan faktor sosial, budaya dan spiritual) akan dilaksanakan. Semua diukur dengan skema ekono-material.

Kalau pembangunan bersifat physical-oriented pasti bicara target numerik-statistika, target pengembalian scepatnya, hal-hal yang ideal (seperti trnasparansi, partisipasi dan akseptabilitas sosial) tidak pernah dilakukan, jika dilakukan itupun bersifat syarat formal dan prosedural yang tidak substansial. Growth-oriented dan phisycal-development akan mengabaikan prinsip-prinsip non-ekonomi tersebut.

Soal kebutuhan pokok atau 10 tahun terakhir dikenal dengan "sembako" secara nasional mengikuti "market-mechanism" (mekanisme pasar), pasar yg menjadi setter-price (penentu harga), hukum demand-supply menjadi hukum komoditas pasar termasuk sembako, indikator inflasipun akan mudah dicerna cukup melihat fluktuasi harga sembako di pasar. Namun, meskipun itu berurusan dengan kebijakan nasional yang dihandle oleh kementerian terkait, tetap pemerintah daerah memiliki tanggung jawab moral terhadap stabilitas & ketersediaan sembako di pasar. Dinas terkait atau SKPD kalo bisa langsung bupati melakukan tindakan antisipatif dengan berbagai pihak untuk berupaya memantau harga-harga sembako, salah satunya dengan melakukan sidak atau dalam bahasa ekonomi makronya dinamakan "open market operation policy" (kebijakan operasi pasar terbuka). Sebenarnya ini adalah langkah fiskal untuk membantu menjaga stabilitas pangan & akses sembako yang terjangkau oleh masyarakat, tetapi kebiasaan yang terjadi selalu diserahkan secara teknis kepada dinas perdagangan & BPS. Kepala daerah harus sering-sering melakukannya agar psikologi pasar bisa dipengaruhi.... Perlu diketahui mas Roy, bahwa setiap tahun saya melakukan survey kebutuhan kebutuhan hidup layak untuk penentuan Upah minimum kota/kabupaten (UMK) dan hasilnya selalu Gresik lebih "mahal" dari Surabaya, padahal Surabaya adalah sentral-fokus kajian penelitian bagi BPS di Jatim.....


Roy Agus 
ya itu pak zain.... mengapa kebutuhan bahan pokok d gresik lbh mahal......??? hehehe......
Ahmad Zaini Alawi 
@roy agus : salah satu faktor kemahalan harga komoditas adalah masyarakat telah menjadi konsumen murni bukan produsen. Komoditas rakyat hrs diperkuat agar masy produktif. Inilah negative-impact ketika daerah menjadi industry-oriented.... Tentunya juga ada faktor lain yaitu lemahnya intervensi dan penetrasi kebijakan pemerintah terhadap pasar. Dan lain-lain..

Salah satu yang harus diperkuat adalah fungsi dewan, maka kualitas anggota dewan harus ditingkatkan dan memahami kondisi dan konseptualisasi praktis setiap kebijakan agar arah kebijakan efektif dan implementatif...

APBD tahun 2014 adalah berada di tahun politik... Maka perlu ada pengawasan dan transparansi...

Rancangan APBD 2014 akan dibahas bergulir di DPRD. Pd tahuin politik tsb, instrumen dan variabel ekspenditur fiskal harus fungsional untuk kesejahteraan. Tinggalkan pendekatan APBD hanya ritualitas anggaran semata, saatnya buat terobosan yang memiliki signifikansi tinggi terhadap publik. Jangan sampai terjebak oleh kerawanan kepentingan politik sesaat. Target pertumbuhan ekonomi daerah bukan segala-galanya, pemerataan dan pembangunan yang nyata untuk masyarakat menjadi penting...



Ahmad Zaini Alawi (SUMBER Grup Gresik UPDATE)
@ruston efendi : hehe.. Saya sudah lupa tulisan ini, mungkin sudah lama, dalam soal inflasi pun, Gresik lebih tinggi dari Surabaya, asumsi R-APBD 2014 tercatat 7,6 % pertumbuhan ekonominya, inflasinya diatas rata-rata inflasi nasional 5,5 %. Kalo saya melihat teori upah aliran klasik, upah bisa fluktuatif, bagi saya teori fluktuatif upah madzhab klasik tidak bisa dijadikan dasar pijakan kesejahteraan yang berpola pada mekanisme naik turunnya indikator ekonomi makro karena akan mengakibatkan inflasi-konstraksial yang bisa mengakibatkan perekonomian tidak stabil.

Dari teori upah keynesian dikatakan bahwa upah cenderung naik, konteks kenaikan upah pun harus dijabarkan secara praktis berbasis kebutuhan DAN peningkatan kesejahteraan pendapatan. Teknis rumusan kenaikan upah menjadi perdebatan panjang hingga indikator-indikator ekonomi yang terkait menjadi pertimbangan selama puluhan tahun tanpa kepastian, hingga akhirnya problematika upah diperjelas dengan surat edaran gubernur jawa timur yang memakai inflasi dan pertumbuhan ekonomi daerah setempat menjadi faktor plus terhadap KHL survey pasar.. Dalam aliran keynesian, ada batas pengaman bahwa upah harus diatas inflasi. Saya sepakat, kalo pertumbuhan ekonomi daerah setempat menjadi indikator penambah dalam angka pengupahan untuk dasar kesejahteraan.. Selamat untuk teman-teman buruh/pekerja ..

Tapi ada beberapa hal yang harus diantisipasi sebagai akibat konteks makro ekonomi, kenaikan upah adalah INFLATOIR (penarik inflasi tertinggi), upah naik, inflasi naik karena akibat tingginya permintaan akibat naiknya pendapatan.. Ini sebuah konsekuensi yang harus ditanggung oleh penduduk berpendapatan dan menjadi beban pemerintah melakukan penyelesaian minimal dalam titik equilibrium (keseimbangan). Upah nominal naik, terkadang tidak sebanding dengan upah riil akibat inflasi yang akan terjadi.. Tetapi dengan naiknya upah tersebut menunjukkan bahwa kesejahteraan buruh menjadi hal penting untuk bisa menikmati pertumbuhan ekonomi nasional...

Ruston Efendi 
history atas umk yang dituntutkan sejak 2011 adalah:
awalnya kita menginginkan standard hidup bangsa terutama buruh ditingkatkan, itu berarti harus ada revisi upah besar besaran..

nah bila upah buruh naik, seharusnya pemerintah mengantisipasi dan mengendalikan harga, dan ini bisa dilakukan pemerintah pasca kenaikan upah 2013 (yang cukup signifikan), akan tetapi pemerintah gagal mengendalikan inflasi (dan gresik memang tertinggi) pasca kenaikan harga bbm...

inilah mengapa buruh harus turun jalan lagi memaksa adanya revisi upah buruh yang kedua, karena apa yang diharapkan sebelumnya yaitu peningkatan taraf hidup buruh gagal total pasca kenaikan harga bbm, ini bisa dilihat pada tren inflasi 2013 di bps...

memang melihat trend setahun itu belum cukup untuk diambil kesimpulan "SEBAB-AKIBAT" inflasi, namun setidaknya bisa dilihat secara kasar bahwa kenaikan umk sangat kecil pengaruhnya (hampir tidak ada) terhadap inflasi...

di negeri ini ketika mau idul fitri, inflasi naik, gagal panen inflasi naik, permintaan lebih tinggi dari suply, inflasi naik dan bbm naik inflasi juga naik.. jadi bisa dilihat betapa lemahnya kebijakan ekonomi kita ini pak, saya khawatir sebentar lagi gara2 badai HAIYAN di pilipina inflasi kita naik pula...


Anang Subakti
Negara lain minyak dan emas menjadi penyebab inflasi, negara kita bisa inflasi cuma gara gara cabe ...hehehe


Ahmad Zaini Alawi
@Ruston Efendi : saya salut dengan konsep kesejahteraan buruh yang di canangkan oleh teman-teman.. Karena selama ini, upah buruh adalah bagian dari komoditas yang "dijual" agar investasi mengalami peningkatan. Saya sepakat dengan Ali Muhsin (jawa pos) bahwa peningkatan upah tentunya harus diimbangi dengan peningkatan produktifitas pekerja, agar terjadi ekuilibrium dalam konteks ekonomi makro negara.

Satu hal yang perlu digaris bawahi, bahwa hukum the law of demand (hukum permintaan) akan tetap berlaku secara linier terhadap peningkatan pendapatan. Pendapatan naik, permintaan akan naik (demand pull), permintaan naik akan membuka inflasi, nah inflasi ini akan menurunkan daya riil pendapatan... Meskipun ini rumusan rutinitas ekonomi, tetap bisa diantisipasi dengan kebijakan-kebijakan ekonomi pemerintah yang relevan, misalnya fiscal-policy dalam hal mngantisipasi harga pasar, salah satunya dengan melakukan open market operation policy (kebijakan operasi pasar terbuka) yang efektif. Jika kenaikan harga barang menanjak tanpa kendali, maka saya khawatir sirkulasi ekonomi terhadap kenaikan upah nominal menjadi money illusion akibat inflasi tersebut. Ini adalah masalah rutinitas-klasik yang harus diantisipasi pemerintah. Semoga nilai upah riil tetap terjaga untuk meningkatkan kesejahteraan buruh...


Ahmad Zaini Alawi
@Anang Subakti : hehe.. Masalah inflasi insya allah sama, cuma besar kecilnya pengaruh dan jenis masalah yang berbeda, ini kalo saya melihat dari konteks makro ekonomi. Yang penting, jangan sampai dengan adanya kenaikan UMK tersebut terjadi inflasi melebihi 2 digit (melebihi 10 %), perlu kita jaga batas psikologis dampak terhadap stabilitas harga. Inflasi 2 digit sangat berpengaruh sekali atau merugikan mayoritas pemilik dana/pendapatan berskala kecil menengah ke bawah. ..


Davik Dengkul Kropos
mantaa...apz..! diskusi di atas sangat berbobot dan patut di jadi kan pembelajaran dan renungan bersama, betapa pentingnya sebuah diskusi untuk di jadikan bahan pertimbangan pembelajaran..., yg mula nya g tau menjadi tau... saluu...ut..!



Ahmad Zaini Alawi
Ada bbrapa INFLATOIR dlm perekonomian :
Kenaikan BBM
Kenaikan upah
Kenaikan TDL..
Ke3 nya adalah faktor terbesar menyumbang inflasi, maka antisipasinya harus langsung dilakukan oleh pemerintah pusat hingga daerah..


Yusuf Mardiana
kak #ruston, konsepnya mantap-top...lanjut kak.


Roy Agus
Mas ruston saya da lupa mas.... memang klo kita memandang dunia ekonomi bangsa kita kita seakan inggin berteriak.... banyak sektoral" aset bangsa untuk kepentingan rakyat d kuasai oleh swasta... seperti apa yang d jelaskan pak zaini sebagai pengamat ekonomi di atas... sektor BBM, PANGAN, KESEHATAN, DAN PENDIDIKAN, sektor" tersebut adalah tolak ukur ekonomi, coba kita surve di lingkungan kita, cukup kita melihat lingkungan sekitar kita secara real, sumbangsi pemerintah terkadang lambat dan tak mengena target, d saat ekonomi masyarakat merosot justru pemerintah tak mensikapi hal tersebut.... pada dàsarnya pemerintah bisa menstabilkan ekonomi secara berkesinambungan serta memberi sebuah peraturan yang real dan tegas keyakinan masyarakat akan merasa puas....


Ahmad Zaini Alawi
Mas Roy : saya bukan pengamat ekonomi tapi pembelajar ekonomi, meskipun sudah 15 tahun mengajar ekonomi tetap harus belajar agar kita tetap dinamis-sportif dalam mengikuti perkembangan ekonomi yang pesat.

Yang jelas, teman-teman harus memahami bahwa kenaikan upah adalah awal dari efek kenaikan riil di ranah daya beli & efek domino dalam perekonomian agregat nasional. Maka langkah ke 2 setelah kenaikan upah adalah menjaga agar kenaikan upah nominal tidak berdampak buruk terhadap posisi upah riil terhadap komoditas barang, maka kenaikan upah jangan langsung digenjot melakukan pengeluaran yang bisa menaikkan sisi permintaan, karena bisa mempercepat realisasi kenaikan inflasi..

Peran "ngerem" pengeluaran oleh pelaku ekonomi juga perlu, tapi pencegahan dgn kebijakan pemerintah lebih penting. Mngamankan kenaikan upah dlm kondisi riil ekonomi juga penting agar tetap trjaga daya beli (purchasing power) masy/buruh...


Davik Dengkul Kropos
inflasi yg di mani pulasi oleh politisi, seperti anak panah yg hanya membidik orang tak berdaya, seperti buaya yg lupa induk nya,lalu mereka bicara keadilan padahal apa yg mereka kerjakan jauh dari apa yg di harapkan(rakyat).... , aduu...uh... mak...jaa..ang..! jangan sampai membuang ludah di muka kami, kelak kamu akan tau sendiri azab yg pedih...


Mardi Basuki
kenaikan inflasi, juga karena permainan para pemilik modal besar, dan anehnya pemerintah tidak bisa mencegahnya. contoh soal pemerintah memberi keringanan pada bea masuk mobil murah, ini sama saja memberi keleluasan para pemilik modal mengeruk keuntugan sebesar2-nya..... bukan masyarakat, apalagi buruh yang gajinnya tidak seberapa, buru-buru beli mobil murah untuk mencukupi biaya hidup saja sudah pontang panting, .....ini sudah jelas kebijakan pemerintah tidak berpihak pada rakyat kecil... yang dibutuh masyarakat adalah kestabilan harga2 kebutuhan pokok dan menekan inflasi.... kalau harga2 kebutuhan stabil otomatis inflasi bisa ditekan .... tapi nyatanya... bisa dilihat sendiri kan.....


Ahmad Zaini Alawi
Munculnya INFLASI sebuah keniscayaan sebagai bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran. The Law of Demand dan The law of supply. Hukum ekonomi ini berjalan terus secara rutin, tergantung sikap pengeluaran kita dan peran antisipatif pemerintah sebagai policy-maker dalam perekonomian. Inflasi juga merupakan efek demonstrasi kenaikan salah satu variabel ekonomi makro, seperti variabel upah.

Coba kita menganalisis dalam historis dan logika ekonomi di Indonesia terkait dengan kenaikan upah. Kenaikan UMK ini akan menimbulkan dampak tertentu dengan 2 kemungkinan :
1. Kemungkinan pertama, tambahan pendapatan = tambahan penerimaan, jutaan buruh/pekerja akan merespon kenaikan upahnya dgn peningkatan konsumsi. Melakukan konsumsi = menaikkan pengeluaran. Ini akan mndorong terjadinya peningkatan sisi permintaan (demand-pull). Karakter masyarakat Indonesia terkenal dengan budaya konsumeristik dan shopaholic (gila belanja). Pertumbuhan ekonomi dari sisi produksi, 60 % disumbang oleh besarnya pengeluaran konsumsi masyarakat.
2). Kemungkinan ke2, ini lebih relevan dan faktual, kenaikan nilai UMK merupakan mendorong semua sektor menaikkan harga. Naiknya upah, akan menambah ongkos produksi, di Indonesia labor-cost masuk dalam kalkulasi biaya produksi, nah ini akan mendorong kenaikan input produksi (harga input) yang berimbas pada naiknya harga output (barang & jasa). Dalam teori makro ekonomi, dikenal dengan inflasi dari sisi penawaran (demand-pull).

Dalam historisitas ekonomi bangsa kita, sering mengalami hal-hal seperti diatas. Maka pola konsumsi atau pola pengeluaran masyarakat harus diubah ke hal-hal yang produktif diiringi dengan antisipasi kebijakan fiskal & kebijakan moneter pemerintah, salah satunya adalah operasi pasar terhadap harga-harga komoditas & stok pangan pemerintah guna menyeimbangkan tingginya permintaan. Respon pasar secara berlebihan inilah yang harus diantisipasi pemerintah...

Roy Agus
hehehehe.... bekerja dan berdakwa pak zaini.... sebuah infiratif yang jarang kita temui.... salut pak zain.... d hadapkan pada sistem ke kinian masyarakat terkadang gelisah akan berbagai macam masalah ekonomi, trutama naik turunnya harga bahan pokok d pasaran, hal ini bisa d rasakan mulai tingginya komoditi harga yang tinggi sampai langkanya bahan pokok tersebut..... menurut pak zaini.... akankah perkembangan politik yang positif mampu menstabilkan harga kebutuhan bahan pangan d pasaran.....?

PERCAKAPAN INI DISALIN DARI GRUP GRESIK UPDATE

.
Banyak sekali yang ingin mengetahui UMK Gresik, maupun UMK Surabaya, juga kota yang lain. Apakah sudah fix. Dapatkan informasi terbaru di Grup Suara Gresik

z Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh :f Afandi, Blogger, Tenda Suwur, GMP, Mode suwur, OmaSae, #, - # -