Raden Santri merupakan sepupuh maulana Malik Ibrahim, dan memiliki nama Asli Syajid Ali Murtadlo

Muhammad Samsul
RADEN SANTRI

Raden Santri merupakan sepupuh Maulana Malik Ibrahim, dan memiliki nama Asli Syajid Ali Murtadlo. Beliau menyebarkan agama islam di jawa Gresik Kuhsusnya,Madura, Bali, dan Ampenan Nusa Tenggara. Beliau adalah tokoh islam seangkatan dan sekaligus kakak Raden Rachmatullah (Sunan Ampel). Beliau merupakan penerus syiar agama Islam di Gresik setelah Maulana Malik Ibrahim. Beliau juga disebut Sunan Gresik dengan Gelar ROJO PANDITHO ING WUNUT .

Beliau datang ke Jawa menyertai ayahnya bernama Syech Ibrahim Asmorogondi untuk menyebarkan agama Islam. Sekaligus silahtur rohmi ke budehnya , Dewi Condro Wulan/Dwara Wati yang menjadi istri Prabu Kertajaya/Brawijaya. Selama setahun di majapahit, beliau hendak balik ke Campa tapi negeri tesebut sudah hancur dan dikuasai raja Pelbegu dari kerajaan Koci. Berkat saran raja Kerjajaya Raden Santri disuruh menetap di Gresik,


Beliau menikah dengan Rara Siti Taltun atau RA. Madu Retno binti Aryo Baribin dan mempunyai 4 anak bernama Usman Haji (Sunan Ngudung) , Haji Usman, Nyai Gede Tundo, dan Ali Musytar. selanjutnya Usman Haji setelah dewasa meminang putri Tumenggung Wilwatikta dan mempunyai anak bernama Amir Haji /Dja’far Sodiq atau dikenal dengan Sunan Kudus, dan Dewi Sujinah. Haji Usman menikah dengan Siti Syari’at binti sunan Ampel mempunyai anak bernama Amir Hasan (Sunan Manyuran). Sedangkan Nyai Gede Tundo menikah dengan Kholifah Husain (Sunan Kertoyoso) mempunyai anak Kholifah Suhuroh. Selain Rara Siti Taltun Raden Santri juga menikah dengan Dyah Retno Maningjum Binti Arya Tejo.

Raden Santri wafat pada tahun 1317 saka / 1449 M. Makam beliau termasuk kuno kuno yang dikeramatkan . Haul beliau jatuh pada setiap tanggal 15 bulan Muharram. Bertepatan Khoul kakeknya Sayid Jumadil Kubro di desa Troloyo Trowulan Mojokerto.
Mengapa Sayyid Ali Murtadlo / Raden Santri tidak masuk dalam jajaran anggota wali songo? Menurut Drs. H. Muhammad Kholil dalam buku “PUNJER WALI SONGO” tahun 1403 disebutkan Raden Santri mendarat Gresik Beliau melanjutkan perjalanan karena mendapat tugas mensyiarkan Islam wilayah Madura, Bali, lombok dan Nusa Tenggara. Beliau kembali ke Gresik setelah berhasil mengIslamkan daerah daerah tersebut yang masyarakatnya semula kental suasana Budha dan Hindhu. Pada 9 April 1419 Syech Maulana Malik Ibrohim Wafat, beliau menggatikan peran Maulana Malik Ibrohim sebagai imam penyebaran Islam di Gresik.

Makam Raden Santri terletak di utara aloon aloon kota Gresik, tepatnya di Jalan Raden Santri, kelurahan Bedilan di belakang kantor Badan Lingkungan Hidup kabupaten Gresik.
Kondisi makam yang bersih dan asri tidak terlepas dari peran aktif bapak Muhammad Syahroni selaku Juru kunci, yang tinggal di kelurahan Bedilan gang Doro. Beliau selalu membersihkan dan merawat lingkungan makam Walliyullah ini dengan keikhlasan dan kesabaran. 

(By Muhammad Samsul, Nara sumber Muhammad Syahroni, Website Wisata Religi kab Gresik, buku Punjer Wali Songo



Harjo
Mas Muhammad Samsul,Sunan Ngudung yg di Jateng njeh mas?.Kl di lihat runutanya,Para orang2 sholeh tsb slalu melahirkan tokoh2 hebat ya mas.q br bc kl smua orang2 pnting dahulu slalu nyambung satu dgn yg lainya.mksih ya mas Muhammad Samsul

Muhammad Samsul 
Mas Harjo, Sunan Ngudung yg dimaksud dalam tulisan diatas adalah Usman Haji, Makam Sunan Ngudung ini beada di desa Troloyo, Trowulan Mojokerto tepat di samping kiri Masjid Sayyid Jumdil Kubro. di dalam cungkup bersama saudaranya yang bernama Haji Usman. Kalau ada lagi makam Sunan Ngudung lain, bisa juga dari orang yang sama atau keturunanan dari Usman Haji.


Abdul Karim Almaimunah
Foto di atas sinten nje Mbah?

Muhammad Samsul 
Menikoh Juru kunci saking Makam Raden Satri, kagungan asmo H. Ahmad Syachroni, pak Abdul Karim Almaimunah.

Hrh Yanti 
ni postingan yang saya sukai..."Mantep.." pak Samsul.

Muhammad Samsul 
Mbah Tanggung Boyo lokasi makamnya dimana mas Harjo? dan saya juga baru tahu nama ini. colek mas Harjo.

Historiyono Kusdaryanto 
Mr. Muhammad Samsul Historien of gresik

Harjo

Ikut wilayah Ds Giri mas,persis di belakang rmah mertua q.InsyaAllah hbis Shubuh acara Khataman Qur'an,di lanjut hbis sholat jum'at.Biasane. Ruamenya pr pngunjung hbis dhuhur.mas Abdul Karim Almaimunah mngkin udah hafal t4 nya.

Hrh Yanti 
Kyai Raden Santri tergolong ulama awal yang menyebarkan agama di wilayah sekawan keblat gangsal pancer-nya gunung Merapi, Merbabu, Andong, Sumbing, dan deretan pegunungan Menoreh di sepanjang Kali Progo. Keturunan Kyai Raden Santri berturutan adalah Kyai Krapyak I, Kyai Krapyak II, Kyai Krapyak III, Kyai Harun, Kyai Abdullah Sajad, Kyai Gus Jogorekso,Raden Moch Anwar AS, Raden Qowaid Abdul Sajak, hingga Kyai Dalhar, dan termasuk Kyai Ahmad Abdul haq. Anak keturunan Kyai Raden Santri inilah yang kemudian menjadi ulama penyebar dan menjadi tokoh agama Islam di wilayah Gunung Pring hingga saat ini. peran ini kini dilanjutkanmelalui Pondok Pesantren Darussalamdi Watucongol.Makam Kyai Raden Santri dan anakcucunya kebanyakan berada dikawasan atas Gunung Pring dan kini menjadi tempat ziarah yang ramai dikunjungi ummat Islam dari berbagai penjuru tanah air.Kompleks makam Kyai Raden Santri terletak di sisi barat kota Muntilan,tepat di atas sebuh bukit yang sangat asri. Makam Gunung Pring secara administrasi berada di DesaGunung Pring, Kecamatan Muntilan,Kabupaten Magelang. Namun demikian, secara asal-usul sejarah kepemilikian, makam kompleks makam ini merupakan milik Keraton Ngayojakarta Hadiningrat di bawah Reh Kawedanan Hageng Sriwandowo bagian Puroloyo.

Afandi Kusuma 
Acara bersama berikutnya.... ziarah ke makam Raden Santri...
(bagaimana teman-teman?)

Muhammad Samsul 
Mbak Hrh Yanti, banyak makam Raden Santri tapi i ni bukan satu orang. kalo makam Raden Santri yang mbak Yanti maksud di atas adalah Mbah Dalhar. bukan sebagai Sayyid Ali Murtdlo. yang terletak di Gunung Pring Magelang. dan saya teakhir ziarah di makam tersebut sewaktu kandungan sikembar masih 5 bulan. dan saat itu istriku terjatuh berguling guling sekitar 7 anak tangga.


Muhammad Samsul 
mas Historiyono Kusdaryanto dan keluarganya sebenarnya orang yang menciptakan sejarah bagi Gresik di tingkat Nasional dan internasional.


Hrh Yanti 

anda benar Bpk.Samsul itu makam Raden Santri yang saya infokan juga kpd anda..ternyata di magelang jg ada..maka dari itu saya jg sempat bingung..lha terus yg di Gresik itu makam raden santri itu apakah msih ada hubungannya di Magelang itu ya?..

0 komentar


YANG TERKAIT

z Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh :f Afandi, Blogger, Tenda Suwur, GMP, Mode suwur, OmaSae, #, - # -