Kersen atau Keres POHON KENANGAN SETIAP ORANG

POHON KENANGAN HAMPIR SETIAP ORANG ??

Andaikan suatu ketika anda ditanya pohon apa yang akrab dengan anda pada waktu kecil dulu. Mungkin anda membutuhkan waktu beberapa saat untuk menyebutkan nama sebuah pohon. Namun ketika diberikan beberapa pilihan, misalnya : Mangga, Jambu, Kersen. Mungkin anda seketika memilih Kersen sebagai pohon Kenangan waktu kecil.

Ternyata hampir setiap orang di Gresik dan mungkin di daerah lain memiliki kenangan pada pohon kersen.
Hal itu disebabkan karena pohon kersen atau keres, orang Gresik menyebutnya Seri, memiliki tajuk yang lebar sehingga dibawahnya sangat teduh dan leluasa untuk bermain.
Di sisi lain yang menjadi daya tarik tersendiri adalah buahnya yang manis dan terus ada tanpa mengenal musim.
Berbeda dengan pohon mangga atau jambu walaupun sama-sama mudah dijumpai. kedua pohon itu merupakan pohon budidaya, sehingga sangat dirawat oleh pemiliknya. Maka tak akan ada yang bisa diharap untuk bisa dinikmati walaupun berbuah. Selain itu tajuknya tidak selebar pohon kersen

Di kampung-kampung, pekarangan rumah yang terdapat pohon kersennya biasanya sering di jadikan tempat bermain anak-anak. Hal itu karena mereka bisa bermain di bawah keteduhan dan disamping itu merekapun bisa mendapatkan buah kersen yang manis dengan cara mengambilnya dengan galah atau lainnya. Mereka bisa bebas menikmatinya tanpa dilarang oleh si empunya pekarangan. Namun tak jarang pula anak-anak itu memanjat pohon kersen untuk mendapatkan buah yang berada di ranting yang tak terjangkau dengan alat yang dimilikinya. Bila itu diketahui tentu akan diteriaki oleh pemiliknya agar segera turun, karena takut jatuh. Mendengar teriakan itu biasanya anak2 itu buru-buru turun dengan ketakutan dan dan berhamburan pergi.
Padahal pemilik pohon itu melarang mereka main panjat pohon kersen semata-mata karena takut anak-anak itu terjatuh. Karena batang-batang cabang dan ranting pohon kersen tidak telampau kuat menahan beban dan sangat mudah patah. 

Tapi dasar anak-anak, keesokannya tentu kembali bermain di tempat itu lagi. Walaupun buah yang masak belum Nampak karena sudah dihabiskan, namun mereka juga puas dengan buah yang masih mentah. Buah itu biasanya mereka gunakan untuk peluru katapel atau senapan kayu yang mereka buat sendiri dengan karet sebagai pelontarnya. Maka bermainlah mereka tembak-menembak dengan serunya, walaupun terkadang harus berakhir dengan tangis.

Tidak cuma anak laki-laki saja yang gemar bermain di bawah pohon kersen. Biasanya mereka bermain “pasaran” atau “dodolan”. Dengan beberapa temannya mereka pura-pura berdagang dengan media apa saja yang tersedia dari alam di sekitarnya pada jaman itu. Mereka berjualan beras dari pasir, jual udang dari irisan pelepah daun pisang, atau irisan pelepah pisang sebagai tahunya. Untuk daging biasanya menggunakan irisan umbi pisang yang kemerahan. Dan uangnya ? hehehe.. Karena berada di bawah pohon Kersen, maka daun kersen sebagai ganti uangnya. Sedangkan nilai uang tergantung warna daunnya.

Nah, siapa di antara anggota SG yang tidak punya kenangan dengan Pohon Kersen ??
Jangan-jangan termasuk termasuk MKTB. Masa Kecil Tidak Bahagia…. hahahaha

Sampe sekarang kl jalan ada pohon Kersen pasti berhenti sebentar & ngambil buahnya yg merah tak perduli pandangan heran orang sekitar he...he...he...

daun pohon keres mempunyai kemampuan menyerap debu...aku mulai tanam didepan rumah..untuk mengantisipsi musim kemarau...

Hahahaha... Asal jangan samapi manjat-manjat aja, Yuk Sekar Arum.. Bisa-bisa  jalanan macet karena pengendaranya pada nunggu di bawah pohon kersen semua...

Yups. Benar sekali, Yuk Iva Lukita. Kalau dibahas manfaatnya pohon ini sangat luar biasa. Postingan status akan puanjang banget.

copas ajach pak Bagus Cahyono biar kita bisa berbagi manfaat...

Gak manjat cm loncat & kl gak nyampe minta tolong sambil pasang wajah memelas ke orang di dekat pohon. Kebetulan selalu ada yg mau ngambilkan krn kasihan he...he...he...

pohon Kersen mengingatkan masa kecilku saat masih SD yang selalu membawa sekeranjang buah merah kersen sebelum ku berangkat sekolah..

Oke,Yuk Iva Lukita. Aku kan udah mengawali bicara tentang Pohon Kersen. Bagi yang ingin melengkapi di sini juga dipersilahkan.

gara gara pohon itu jg,tanganku pernah patah karna jatuh bercanda sama masku waktu masih kanak kanak,sekarang udah punya anak heee..

Naah, nih Yuk Hrh Yanti... punya kenangan. Berarti masa kecilnya bahagia... hehehehe
Haloo Cak Iwan. Walaupun begitu tetap ada kenangan indah bersama masnya di pohon itu kan ?

Alhamdulillah pak Bagus, karena saya bisa makan bersama teman2 saat bel jam istirahat sekolah..jadi ya senangnya...setelah pulang kami menyanyikan lagu.." Buat apa susah..buat apa susah...susah itu tak ada gunanya.."hehehe.. karena sama2 merasakan..sitik podo roso. meski bukan buah cherry yg penting sama merahnya...sama kecilnya...(itulah pikiran kami sewaktu masih kanak2)

Dulu wktu q sd d dpn galamgan kyu ayahku. tiap plng sk0lah ka2kq manjat ngambilin keres q ma adik dbwhx.

Aku masing sering ambil buah keres....
dulu waktu kecil sering ke dekat tambak yang ada banyak pohon keres-nya. Saking banyaknya yang bisa dimakan, bisa cukup untuk pengganti makan siang. Waktu itu.

Warung keres cak...esek2...

golek keres

Aku sering digebuki ibu, gara-gara manjat pohon Kersen, Cak , Tp klo u dodolan biasanya daun dan bunganya pohon Waru (beringin) yg dijadikan spt jual minyak goreng, aku termasuk MKPB (masa kecil paling bahagia)

kangen buah iku... cilikanku sering golek nang skitar gor n ngipik... wes hampir punah yo..
dan tentu sekarang lebih bahagia lagi Tjatur Rosediany, dengan adanya si kecil
Jüng Hyùn Bäe, masih banyak kok,
kan pohon ini mudah tumbuh.

iku ngono buah ono manfaate bos...masio tha buahe gak keren koyo apel washington tapi manfaate lho seng gak kalah keren karo buah import

apa saja manfaatnya Syahrul Qulivert ?

tlogo ngipik uakeh cak. trus jembatan gor. daerah sumber. sampek kedanyang yo sek akeh... dimadukkan kulkas enak.. ato buat jus keres maknyus

ake mas ....terutama kanggo maag
ono maneng buah doro...tapi sak iki wes gak ono mane

Betul pak Afandi, untung nakal masa kecil saya dibagi 3 anak saya

Jüng Hyùn Bäe secara tradisionalbuah kersen digunakan untukmengobati asam urat dengan caramengkonsumsi buah kersensebayak 9 butir 3 kali sehari danterbukti dapat mengurangi rasanyeri yang ditimbulkan daripenyakit asam urat
tanduran lamtoro/ecek2.tanduran peltekan.tndran juet. tndran asem. trus tndran ental nang skitar gending iku sek akeh ta?
suegere rek


Martha Desant
lek tnduran kersen, juwet, doro, trglun yo jek enek nek ratan golokan

wit kecandri kanggo dolenan sentokan biyen gawe tembakan waktu angon

nek cilikan q biyen penekan wite keres di area makam desa....

dek smono kae aq lek kriteng rambut gw godong


PAKAIAN MUSLIMAH

Yaa ayyuhannabiyyu qulliazwaajika wabanaatika wanisaail mu'miniina yudniina 'alaihinna min jalaabiibihinna dzaalika adnaa anyu'rofna falaa yu'dzaina wakaanallohu ghofurorrohiima (Al-Ahzab 59)

"Hai Nabi ! katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak permpuanmu dan istri-istri orang mu'min semua hendaklah mengenakan jilbab-jilbab mereka yang demikian itu lebih memastikan mereka agar dikenali (sebagai wanitaIslam) supaya mereka tidak di ganggu"

Sudah jelas dikatakan bahwa kewajiban menutup aurat bagi kaum wanita salah satunya adalah agar tidak diganggu. Kemudian ada yang bertanya, mengapa banyak orang berjilbab tetapi masih menjadi korban pelecehan sexual ?

Dalam surat Al-Ahzab 59 di atas memang menyatakan bahwa bila kita berjilbab "tidak diganggu"
Tentu saja dalam konteks "tidak diganggu" harus memenuhi ketentuan sbb :
1. Jangan berhenti di tempat yang sepi/gelap
2. Jangan memakai baju yang tipis dan ketat sehingga memperlihatkan kawasan-kawasan yang mudah "menggoda"
3. Jangan memakai maxi yg berbelah sehingga memperlihatkan betis kita dan lain-lain.
4. Jangan memakai "kerudung gaul"

Seperti dalam firman Alloh surat An-Nur 31 yang artinya "Dan hendaklah mereka menutupkan (menjulurkan) kain kerudung (jilbab) ke dadanya"

Sangat jelas dari dalil Al-Qur'an dan Al-Hadits bahwa Islam mengharamkan perempuan memakai pakaian yg membentuk dan tipis sehingga nampak kulitnya. Termasuk diantaranya ialah pakaian yang dapat menampakkan bagian-bagian tubuh,khususnya tempat-tempat yang membawa fitnah, seperti buah dada, paha dan sebagainya.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rosululloh Saw bersabda : "Ada dua golongan dari ahli nereka yang belum pernah saya lihat, keduanya yaitu : 
1. Kaum yang membawa cambuk seperti ekor sapi yang mereka pakai buat memukul orang (penguasa yang kejam), 
2. Perempuan-perempuan yang berpakaian tetapi telanjang, yang cenderung kepada perbuatan maksiat, rambutnya sebesar punuk onta. Meraka ini tidak akan boleh masuk surga, serta tidak dapat mencium bau surga, padahal bau surga itu tercium di sepanjang perjalanan yang jauh" (Riwayat Muslim)

Mereka dikatakan berpakaian karena memang mereka itu menutupi pakaian pada tubuhnya tetapi pada hakekatnya pakaiannya tidak berfungsi menutup aurat, karena itu mereka dikatakan telanjang, karena pakaiannya terlalu tipis dan ketat sehingga dapat memperlihatkan kulit dan bentuk tubuh, seperti kebanyakan pakaian perempuan sekarang ini.

Adapun Tujuan Tuntunan Menutup Aurat adalah sebagai berikut:
1. Membedakan dengan binatang, dalam surat Al-A'rof dikatakan :
"Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik"
2. Agar kaum wanita tidak disakiti
3. Tanda sebagai penganut Islam
4. Sebagai tanda profesionalisme dalam sistem pakaian Islam
5. Sebagai ujian bagi manusia untuk melihat tahap ketaatan mereka kepada Alloh SWT, seperti dalam surat Al-Mulk, artinya :
"Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun"

JUDUL : PAKAIAN MUSLIMAH
PENULIS : SRI MUNINGGAR

MENGENAL LEBIH DEKAT LAMBANG KABUPATEN GRESIK

MENGENAL LEBIH DEKAT LAMBANG KABUPATEN GRESIK

Berdasarkan peraturan Daerah Kabupaten Gresik No. 3 tahun 1975. Lambang Daerah merupakan cermin yang memberikan suatu gambaran tentang keadaan daerah.

Segilima, melambangkan Pancasila yang mendasari sosio cultural, histories, dan aktivitas ekonomi.

Warna kuning, melambangkan keluhuran budi dan kebijaksanaan, sedangkan warna tepi hitam melambangkan sikap tetap teguh dan abadi.

Kubah masjid, melambangkan agama yang dianut mayoritas yakni Islam.

Rantai yang tiada ujung pangkal _ melambangkan persatuan dan kesatuan.

Segitiga sama kaki sebagai puncak kubah masjid, melambangkan bahwa tidak ada kekuasaan yang tertinggi selain Tuhan Yang Maha Kuasa.

Gapura berwarna abu-abu muda, melambangkan suatu pintu gerbang pertama masuk dalam suatu daerah sebagaimana penghubung antara keadaan diluar dan dalam daerah.

Tujuh belas lapisan batu. Melambangkan tanggal 17 yang merupakan pencetus revolusi Indonesia dalam membebaskan diri dari belenggu penjajah.

Ombak laut yang berjumlah delapan, melambangkan bahwa pada bulan Agustus merupakan awal tercetusnya revolusi Indonesia.

Mata rantai 45 (empat puluh lima) melambangkan bahwa pada tahun 1954 merupakan tonggak sejarah dan tahun peralihan dari jaman penjajahan menuju jaman kemerdekaan Indonesia yang jaya kekal abadi.

Cerobong asap, melambangkan bahwa Kabupaten Gresik adalah daerah pengembangan industri yang letaknya amat strategis bila ditinjau dari persilangan komunikasi baik darat, laut maupun udara.

Perahu Layar, garam, ikan laut dan tanah melambangkan bahwa mata pencaharian rakyat Kabupaten Gresik adalah nelayan dan petani.

Moto: Satya Bina Kertaraharja : Teguh Membangun Kesejahteraan.

Sumber : gresikkab.go.id/profil/lambang-dan-moto dan id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Gresik


Edy Prianto Ada lambang berupa Perahu Layar, garam, ikan laut dan tanah yang dijelaskan bahwa mata pencaharian rakyat Kabupaten Gresik adalah nelayan dan petani.
Dengan kondisi terkini 2014 (hampir 40 tahun) sejak di PERDA-kan masihkah relevan pemaknaan itu tanpa harus merubah Lambangnya ?
Moto berdasarkan web resmi Kabupaten Gresik gresikkab.go.id/profil/lambang-dan-moto adalah : “Gresik Bisa lebih Baik” akan tetapi bila melihat dipita pada logo tertulis Satya Bina Kertaraharja yang artinya Teguh Membangun Kesejahteraan.

Makna Gresik bisa lebih baik dalam bidang apa ? terlalu luas dan multi tafsir sedangkan bila tetap menggunakan yang lama Teguh Membangun Kesejahteraan bermakna implisit bahwa segenap Sumber Daya Pemerintah akan cancut taliwondo membangun dan mewujudkan kesejahtaraan rakyat ...

semoga kota gresik seindah dengan lambang daerah nya ,,,

akeh sing ws dadi pabrik....warga jg banyak yg mengeluh limbanya...hemmm.....oh gresik kota ku....

hidup gresik...

Segitiga sama kaki sebagai puncak kubah masjid, melambangkan bahwa tidak ada kekuasaan yang tertinggi selain Tuhan Yang Maha Kuasa.
Ternyata sekarang menjadi plesetan UANG dan KEKUASAAN yang lebih berkuasa.

gresik riwayatmu dulu kala

Pak M Zach dan Mas Arfas Langganan sebenarnya upaya mengkritisi adalah bagian dari bentuk kecintaan kita terhadap kota ini ... jangan sampai maknanya menjadi kabur karena diterjemahkan oleh orang-orang yang MEMILIKI KUASA hanya untuk kepentingan dirinya sendiri dan golongannya ...

walaupun sudah jd kota industri....mbok ya para pengusaha itu memberdayakan para putra putri daerah untuk bs bekerja disitu jd g cm dikasih limbahnya tok....masyarakat gresik ini banysk yg pinter pinter banyk yg sarjana. ini pengalaman pribadi ketika baru lulus begitu susahnya cr kerja di gresik....miris saya yg dr lahir menghirup asap limbah semen dan petro....sering ketemu para pejabat n karyawan ketika saya tanya mayoritas mereka dr luar daerah....
smoga gresik benar benar bs lebih baik....yg miris lagi beberapa perush melarang menggunakan jilbab ....ya Allah.... nangis saya ketika saya tanya alasannya mereka menjawab biar sama rata n nasionalis.....sama rata sm siapa? kan kalo laki laki memang g boleh pake jilbab? hehehe....jilbab kan g ganggu kerjaan tidak berpengaruh pd produk yg dihasilkan.....

itu cuma logo aja,bukti sekarang banyak pemimpin yg gak amanah,banyak warung pangku apa perlu masuk dlm simbul,tikus dan cangkir kopi!

Mas Afandi Kusuma memang benar sudah pernah ditampilkan di Suara Gresik dotcom akan tetapi tidak ada salahnya untuk saat ini kita refleksikan kembali ...
Mas Suyanto Sakti kalo soal industri memang sejak awal sesuai lambang sudah dikemukan bahwa makna cerobong asap, Kabupaten Gresik adalah daerah pengembangan industri yang letaknya amat strategis bila ditinjau dari persilangan komunikasi baik darat, laut maupun udara.
Mas Viko Valenzia semoga Gresik masih tetap bisa menghidupi warganya bukan hanya pejabatnya ...

Yo pak perlu po maneh pean caleg

ea mas edy,,gresik kota prospek tapi pembangunan dan tata kota

Mbak Lila Zaky harapan masyarakat tentu semua berharap seperti itu. Bila kebutuhan dengan pekerjaan beberapa waktu lalu ada upaya dengan JOB FAIR. Sekarang kaitan dengan lambang bahwa mata pencaharian masyarkatnya nelayan dan petani namun bila dihitung dengan cermat justru profesi Buruh/ Karyawan yang lebih dominan karena semakin berkurangnya lahan karena beralih fungsinya lahan dari tambah/ sawah menjadi pergudangan atau lahan industri ... belum lagi laut yang diurug untuk kawasan industri atau kawasan lainnya penunjang industri ...
Mas Jack Hasan Grestula saya kira keberadaan yang sampeyan sebutkan diatas adalah ekses negatif dari industrialisasi ... namun jangan dilupakan bahwa Gresik juga menyimpan potensi wisata yang luar biasa ...
Setuju Mas Viko Valenzia ... kalo menurut nalar saya yang pendek ini seharusnya di daerah-daerah dekat industri juga disiapkan daerah pemukiman sehingga tidak ruwet dari penataan. Kalo sekarang saja mayoritas perumahan di wilayah perkotaan dan kecamatan penyangga semisal kebomas dan cerme (lebih ke Gresik selatan) namun pabrik kebanyakan di Gresik Utara. Tidak mengherankan bila terjadi proses pulang kembali yang banyak mengakibatkan kemacetan belum ekses-ekses yang lain.

apa gak cerobong asap artinya polusi.gmbar ombak yg kecil karena laut gresik banyak di reklamasi,atau itu lambang jalan gresik yg di modif bergelombang seperti ombak!

Mas Jack Hasan Grestula hehehe ... mungkin bila diterjemahkan sekarang seperti itu ...

Pak Edy Prianto, hasil diskusi ini bisa ditambahkan untuk melengkapi

apalah arti dari sebuah lambang,,,,klo kenyataannya formalitas suatu kota belaka...

Mas Afandi Kusuma kita memcoba berdiskusi mengenai Gresik kita mulai dari Lambang dulu ...
Apakah benar lambang itu sudah mencerminkan kondisi terkini ... ataukah terjadi distorsi ...

yoi,,pokoknya perlu penataan jalur sarana infrastruktur yg lebar dan bagus,dan taman2 penghijuan untuk polusi udara dikota2 dan kawasan industri,soalnya prospek ke depan sangat rame,,palagi ad pembangunan pelabuhan international,,banyakpembangunan pabrik,,,dan armada2,,yg mana jalur2 kota akan terlewati armada2 besar,,perlu ad jln lintas atao jembatan layang/ tol,,

sebgai contoh di pt wilmar laut yg hilang ada -+ 60ht+ pelabuhan peti kemas di belakang pt sumber mas sekarang sperti waduk yg di kelilingi urukan,belum lagi wlayah petro,mungkin sekarang kita ke madura gak usah naik kpal berenang aja bisa!

Mas Irfan Syahrir Zain bila berdasarkan peraturan Daerah Kabupaten Gresik No. 3 tahun 1975. Lambang Daerah merupakan cermin yang memberikan suatu gambaran tentang keadaan daerah.
Jadi kalo boleh saya terjemahkan bahwa melalui lambang itulah sebenarnya JATI DIRI suatu kota. Koq bila kenyataannya tidak sesuai ada beberapa kemungkinan. Semisal pemaknaan lambang yang sudah tidak bisa mengikuti perkembangan daerah atau pengelolaan daerahnya yang justru melenceng dari lambang yang sudah ditentukan ...

Mas Viko Valenzia jangan sampai para pemimpin kita sekarang salah mengantisipasi ... dan jangan sampai kota kita tercinta ini menjadi kota yang gagal karena underestimate.
Mas Jack Hasan Grestula memang benar-benar eksploitasi dan reklamasi besar-besaran serta membabi buta untuk saat ini sudah banyak merugikan saudara kita yang bermatapencaharian sebagai nelayan. Belum lagi masyarakat umum sebagai konsumen.
Mas Budie Prasetyo terus ULTRAS ijol gawe lambange pemerintah ngono ta hehehe ...

Eo

Gapura berwarna abu-abu muda, melambangkan suatu pintu gerbang pertama masuk dalam suatu daerah sebagaimana penghubung antara keadaan diluar dan dalam daerah.

Makanya jangan heran bila pemimpin sekarang banyak membangun Gapura ...

betul mas edy...saya berharap lambang cerobong asap yg menandakan gresik sebagai kota industri yg bs memberdayakan masyarakatnya dan bs memperbaiki perekonomian warganya jg tidak sekedar penghirup asap limbahnya saja.....

Keberadaan industri memang bila dirasa sebagai tuntutan keadaan ... tentu harus yang memberikan manfaat dalam skala besar bagi masyarakat bukan hanya investor dan segelintir orang saja begitu maksudnya Mbak

Lila Zaky
Seandaianya Gresik juga mau mengeksplorasi wisata mungkin masyarakat tidak hanya kebagian polusi namun juga kesempatan mengembangkan potensi ...

kabarnya waduh bunder mau dibuat wisata apakah kabar itu bener adanya
kabarnya waduk bunder mau dibuat wisata apakah kabar itu bener adanya

ya mas.....kita sbg stakeholders jg bisa diberikan kesempatan paling tidak ketika ada job fair spt kemaren itu perusahaan lbh mengutamakan para putera daerah tp tentu saja harus melewati test sesuai kriteria yg diinginkan perusahaan

Kabupaten Gresik bergabung dengan Kabupaten Surabaya pada tahun 1934. Sebelumnya pada era VOC, Afdeeling Gresik terdiri dari Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, dan Kabupaten Sedayu.

Afdeeling adalah sebuah wilayah administratif pada masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda setingkat Kabupaten. Administratornya dipegang oleh seorang asisten residen. Afdeling merupakan bagian dari suatu karesidenan. Suatu afdeling dapat terdiri dari beberapa onderafdeling (setingkat kabupaten pada masa sekarang).

Semula kabupaten ini bernama Kabupaten Surabaya. Memasuki dilaksanakannya PP Nomer 38 Tahun 1974. Seluruh kegiatan pemerintahan mulai berangsur-angsur dipindahkan ke gresik dan namanya kemudian berganti dengan Kabupaten Daerah Tingkat II Gresik dengan pusat kegiatan di Kota Gresik.

Agar kita tidak lupa bahwa Sidayu pada masanya juga wilayah Kabupaten. Sehingga Kabupaten Gresik sekarang ini meliputi wilayah Kabupaten Surabaya, Kabupaten Sidayu dan Wilayah Bawean.

Dan masing-masing wilayah memiliki potensi wisata yang layak dikembangkan ...

Kecamatan Sidayu hanyalah satu di antara 18 kecamatan di Kabupaten Gresik saat ini. Namun, kecamatan tersebut meninggalkan bukti-bukti sejarah kebesaran sebagai bekas sebuah Kadipaten. Sidayu merupakan Kota tua, jejak sejarah Kabupaten Gresik tertapak jelas di bekas Kadipaten Sedayu yang kini menjadi Kecamatan Sidayu. Berbagai peninggalan masih membekas sebagai ikon sebuah kadipaten di zaman penjajahan Belanda. Ada pintu gerbang dan pendapa keraton. Ada pula masjid dan alun-alun, telaga dan sumur sebagai sumber air Sedayu. Bangunan tersebut termasuk sebuah situs yang kini seperti onggokan bangunan tidak bermakna. Diperkirakan, situs itu berusia satu abad. Situs tersebut dibangun menjelang perpindahan Kadipaten Sedayu ke wilayah Kadipaten Jombang oleh penjajah Belanda pada sekitar 1910. Sejak berdiri pada 1675, Kadipaten Sedayu dipimpin oleh sedikitnya sepuluh adipati. Adipati yang paling dikenal adalah Kanjeng Sepuh Sedayu. Meski hanya sebuah kecamatan, Sidayu memiliki alun-alun yang cukup luas dan bangunan-bangunan tua yang cukup megah. Itu merupakan pertanda bahwa Sedayu, atau yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan Kecamatan Sidayu, dulu merupakan kota tua yang pernah jaya. Sebelum akhirnya menjadi bagian yang terintegrasi dengan Kabupaten Gresik, Sedayu merupakan wilayah kadipaten tersendiri pada masa pemerintahan Mataram. Istimewanya, Kadipaten Sedayu saat itu mempunyai koneksitas kewilayahan secara langsung di bawah kekuasaan Raja Mataram Prabu Amangkurat I dengan adipati pertama bernama Raden Kromo Widjodjo. Nama-nama bupati yang pernah memerintah di kabupaten Sidayu adalah sebagai berikut: 1. Raden Kromo Widjojo 2. Adipati Probolinggo 3. Raden Kanjeng Soewargo 4. Raden Kanjeng Sido Ngawen 5. Raden Kanjeng Sido Banten 6. Kanjeng Kudus 7. Kanjeng Djoko 8. Kanjeng Sepuh 9. Kanjeng Pangeran 10. Ragen Badru Namun, sejarah Kadipaten Sedayu mencatat nama harum adipati ke-8, yaitu Kanjeng Sepuh Sedayu. Kanjeng Sepuh dianggap sebagai aulia dan pemimpin besar Kadipaten Sedayu yang layak mendapatkan penghormatan. Kanjeng Sepuh tersohor lantaran beliau adalah seorang bupati yang ulama atau ulama yang menjadi seorang bupati. Beliau sangat dicintai masyarakatnya karena beliau sangat memperhatikan nasib rakyat yang dipimpinnya terutama kawula alit

Maaf agak terlambat menjawab setahu saya kepemilikan waduk Bunder itu Pemprov Jawa Timur. Kalo untuk wisata koq belum tahu ya ... sumbernya ...

Mbak Lila Zaky terima kasih semakin melengkapi informasinya ... bahwa selayaknya sekarang dipikirkan matang2 arah Gresik ke depan ... sehebat apapun nantinya jangan sampai merusak apalagi menghilangkan bukti-bukti sejarah ... bahwa Gresik
Katanya Maskot Gresik Rusa Bawean ... namun setahu saya tidak ada tempat pemeliharaan atau pelestariannya di kota ini. Justru ada di Surabaya salahsatunya di Kebon Bibit Bratang.

iya itu pak bukti sejarah yg harus kita pertahankan agar kita tahu bahwa dulu gresik pernah berjaya....dan saat ini kita kita yg muda berusaha mengembalikan kejayaan gresik...tp mmg msh ada segelintir masyarakat yg kurang menghargai cagar budaya....cb njenengan ke makam sunan giri di dekat lawang agung....sudah tak tampak lawang agung yg dulu menjadi kebanggaan gresik yg dl pernah muncul di tv tvri setiap adzan magrib...dl para pemimpin sering mengadakan coffee morning disitu....pak johansyah alm pernah marah marah karena ada.kulit pisang di tangga dan sisa hujan di mlm hari yg belum dibersihkan.....tp sekarang semua itu g ada tertutup oleh para pedagang.....memang repot kalo berurusan dng perut harus hati hati dan pintar mengambil hati...serta harus dilakukan dng halus agar cagar budaya lawang agungvyg menjadi kebanggaan kota gresik bs terjaga kelestariannya kembali

Benar Mbak Lila Zaky ... Gresik memiliki potensi sebagai wahana wisata religi, wisata budaya, wisata kuliner, wisata alam. Dan seandainya digarap dengan serius serta terintegrasi tentu orang akan enggan kerja menjadi buruh pabrik ...

yes,i like that

Edy Prianto Gresik sebagai wisata budaya yang terkenal dengan LELANG BANDENG yang biasanya dilaksanakan menjelang hari raya iedul fitri juga terancam. Karena fungsi tambak sudah banyak beralih menjadi lahan industri/ pabrik/ gudang ... hanya tinggal menunggu waktu saja ... indikasinya adalah bahwa sekarang petani tambak sulit membudidayakan bandeng berukurang besar dan siap diikutkan lomba/ kontes. Justru mereka lebih suka bila mengambil bandeng dari luar Gresik ...

mantab...Gresik

Mas Teguh Ance Prasetyo sahabat Banyuwangi, terima kasih ... sukses juga buat teman-teman OSING ...
Bila masyarakat banyak yang puas berarti pembangunan yang dirasakan masyarakat memang benar-benar menyentuh semua lapisan ...


SG : Suara Gresik dan kepanjangan SG yang lain.

SG: Suara Gresik, Sunan Giri, Semen Gresik, Sego Goreng, Setengah Gila, Suka Guyon, Sang Guru, Soyo Guyup, Seneng Gaul, Siapa Gue Sang Gresik, ...

SG : Sahabat Gue

Sohib Gue,

SINGO GARONG

Surabaya Gresik,SuGeng

Saiki GALAU

Suka2 Gue

Sakit Gusi...

Sok Ganteng

Sikel Gede...
Su2 Gantong

Sang Grup,, iki rek?!..

Sartre Gionik. Suka Gibeng.

sodok gendeng

Semakin Gemasi, Tiada hari terlewatkan tanpa manthengi Suara Gresik

Semakin Genit ach...hehehehe

sopo gelem. sobo gudang.

Suoro Gendang.

Suka gowes suket gajah suroboyo gresik seneng geger soal gampang saat gerhana selalu garang sangat galau semua ganteng susah gajian solo gresik sego garing

Seneng Gelut (Pak Pho NV)
Salut Gan

Sate Gule... Cuaca buruk gini pasti jadi hangat bila makan Sattteeeeeee.....

Sego Gule, Sego Gudeg, Sego Gurih, Sego Gandul,

SOPO sing GENDENG
SIKIL GAJAH... kkk...

Seneng Greget

Syaikhu for Gresik. Wkwkwkwk, narsis

Senyum Genit

Sego Growak

Salak gedang

SG = Samsul Gowak, Colek P. Muhammad Samsul hehehe ... ikonnya ini ...

Sandal Gapit. .

Sopo Gelem Soto Gudel Segone Garing

SG = Saya Gaul...

SG = Sonny Grissikh

SG=Solution Group Facebook

Seneng Goyang ...
Suka Gratiss

Saling Gondok

Sambel Gosok....

Pokok e ojo "Seneng Goroh"

Seneng Goyang,

Suwengi Goyang ...
Seneng Gratis..

SuGi

Ternyata pada pinter dan SG (Seneng Guyon) hehehe ...

Sendal Goreng..

Sakiki Gemes..
Sawi Goreng...

Sak karepmu Gan....

seng Gemesno

Sate Gaja...

Sodok gendeng...

Sak Gelemmu

Sak Gurunge....
Sudu Garpo
Sekerop Ganco
Semar Gareng
Soneta Grop

Sindiran Gaul

Sinden Gatel
Sekah Gawok..
Sekar Gadong
Sepatu Gratis

Sak Gong

Setan Gundul, Setan Goblok, Seniman Gadungan, Seniman Gedabrus, Sikil Gitang, Sego Garing, Seneng Guyon,

Setan gondol
Seneng gorengan
Senggol gibeng
Sambil guyu

Sakit Gigi

Sarjana Gadungan,
Sego Gedang

Sapi Gerang
Sidayu Gumengko
Sukak Golput
Samsol Ganteng
Suka Gosip
Semar Gendut
Sodek Garong
Sapik Gudisen
Sakiki GALAOOOOUUUUU

Selamatkan Gresik

Sandal Gratis
Sempak Gratis
Serual Gratis
Sarong Gratis
Senyum Gratis
Sinden Gratis
Songkok Gratis
Semua Gratis
Soto Gratis
Semongko Gratis
Salak Gratis
Singkong Gratis
Sambari Geblek
Sambari Galauuuu
Samijo Galoooon
SEMBAYAT GOYANG

sak gajah

Samijo Gendut, Samijo Gaul, Samijo Ganteng

Sangkapura Gresik

Nujum Pak Belalang Sangkapura Gareng
Sumurber Goyang.
Siwalan Goyang.
Serah Goyang
Sukodono Goyang
Samboh Goyang
Sidayu Goyang
Sekapok Goyang
Sukorame Goyang

Suka Goyang terus Nujum Pak Belalang hehehe

Sidokumpol Goyang

Senengane Goyang

sukomulyo goyang

Semampir goyang

Sumpek e Goyang

Seneng nGopi

Sakgeleme Goyang
Sukile Goyang
Sidomoro Goyang
Suroboyo Golput
Suberoh GECek...
Sakiki galaaaaaau
Seneng Guyumu..
Separo Goyang..
Sak Gendongan
Saema Goyang

Suka Gayamu

Kholif Rosyidin 
nek jare gomblo... ”Setengah Gila” hehehe....

Jüng Hyùn Bäe 
sek gorong

Afandi Kusuma 
Suara Golput, Suara Gendang, Suara Gitar, Suara Giri, Suara Gaduh, Suara Gemuruh, Suara Gelegar, Sound of Grissee, Suara Gemerincing

Yantie Amary
Swara Giri

Cara melihat Posting lama Grup Facebook

Afandi Kusuma
Sahabat-sabahat pernah kesulitan mencari posting atau komentar lama. Kiriman pada dua hari lalu atau bahkan beberapa minggu lalu? Facebook telah memudahkannya dengan adanya fungsi pencarian.

Bagaimana cara menemukan kiriman tertentu (POSTING atau KOMENTAR LAMA) dalam grup?

Untuk menemukan kiriman tertentu dalam grup:

1. Klik [tanda PENCARIAN] di pojok kanan atas grup untuk membentangkan petak pencarian.
2. Masukkan nama atau kata kunci yang muncul, baik dalam kiriman atau dalam komentar pada kiriman itu. Hasil pencarian Anda akan menunjukkan bagian kiriman tempat kata kunci itu muncul
3. Klik hasil untuk melihat kiriman aslinya.



  
 




    Afandi Kusuma 
Beberapa waktu lalu saya termasuk yang mengharapkan adanya hal ini dan menghubungi facebook, mungkin banyak juga teman-teman yang lain waktu itu yang meminta pada facebook untuk ditambahkan fungsi pencarian seperti ini.

    Jempol untuk facebook.

Proses Redenominasi yang akan Dilakukan oleh Pemerintah

2. Proses Redenominasi yang akan Dilakukan oleh Pemerintah

Bank Indonesia menyediakan anggaran sebesar Rp 200 Milyar yang mana dana tersebut digunakan untuk pencetakan uang dan perubahan sistem teknologi informasi dalam 7 tahun kedepan. Selama transisi, jumlah uang yang dicetak tidak akan bertambah misalnya Bank  Indonesia mencetak 1 juta lembar Rp 100 ribu, sebanyak 500 ribu lembar berupa uang lama dan 500 ribu lembar  berupa uang baru. Tahapan redenominasi ini kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 6-12 tahun, namun kesemuanya masih tergantung pada implementasi di lapangan. Jika Redenominasi ini disetujui, mulai tahun 2014 bank sentral akan menerbitkan mata uang yang sama dengan mata uang yang beredar saat ini, hanya saja 3 digit angka nol dibelakang akan dihilangkan. Dengan begitu nanti di masyarakat beredar dua mata uang yang tampilannya sama tapi angka nolnya berbeda. Setelah itu secara bertahap Bank Indonesia menarik uang-uang Rupiah lama. Angka pecahan Rupiah akan disederhanakan dengan menghilangkan tiga angka nol, seperti uang Rp 100.000,-setelah redenominasi menjadi Rp 100,- Jadi dengan redenominasi penulisan akan lebih sederhana karena tiga angka nol dihilangkan. Dalam Roadmap Kementrian Keuangan dan BI, proses redenominasi yang dimulai dengan konsultasi publik pada Januari 2013,akan rampung paling cepat tahun 2019. Artinya pereode pelaksanaan redenominasi diperkirakan enam tahun, lebih singkat daripada Turki (sepuluh tahun), dan lebih lama daripada Rumania (tiga tahun) dua Negara di dunia yang telah sukses menerapkan redenominasi. 


                                                                           Sumber :Jawa Pos selasa 5 Pebruari 2013 hal.6


Alasan perlunya Redenominasi Mata Uang

.... PENDAHULUAN (Redenominasi adalah mengurangi digit mata uang tanpa mengurangi nilai mata uang tersebut)

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjelaskan beberapa alasan perlunya menyederhanakan angka nol dalam rupiah alias redenominasi mata uang. Alasan utamanya adalah penyederhanaan dalam pencatatan keuangan atau sistem akuntansi. Yang utama untuk menyederhanakan. Karena kalau dengan denominasi yang besar menimbulkan inefisiensi dalam jual beli. Oleh karena itu, perlu disederhanakan.

Menurut sang Menteri, dengan denominasi yang besar maka terlihat nilai mata uang rupiah menjadi rendah di mata dunia. Untuk itu, redenominasi dapat memberikan nilai tambah bagi kebanggaan bangsa (gengsi naik).

Padahal kita negara ke-16 dari size GDP. Masuk G-20. Tidak pantas kalau US$ 1 jadi Rp 12 ribu sekian, sementara negara lain masih satuan juga hitungannya. Ini memberikan rasa bangga atas mata uang kita yang merupakan simbol stabilitas ekonomi suatu Negara.

Secara teknologi informasi, redenominasi mata uang ini sangat dibutuhkan mengingat keterbatasan digit pada perangkat teknologi. Kalau denominasi terlalu besar dalam IT membutuhkan memori yang besar dan banyak alat yang tidak cukup digitnya. Jadi kita harus menyicil memasukkannya dan itu jelas tidak efisien, itulah kenapa perlu redenominasi.

Kalau melihat perkembangannya, rencana redenominasi kali ini telah dikaji sangat matang dengan memerhatikan kesuksesan dari negara lain yang telah menerapkan kebijakan tersebut. Tahun 1965, pemerintah memandang kurang begitu berhasil, pemerintah belajar dari pengalaman yang berhasil melakukan redenominasi dan berhasil seperti Turki, Rumania, Polandia, dan Ukraina.

Turki melakukan redenominasi sebagai prasyarat masuknya negara tersebut ke dalam Uni Eropa. Negara ini dianggap berhasil melakukan redenominasi karena melakukan sosialisasi yang cukup panjang.

Terpenting itu sosialisasi dan edukasi, itu yang mereka lakukan, sekitar 4-5 tahun. Selain itu, Kementerian Keuangan juga belajar dari negara-negara yang gagal menjalankan redenominasi. Hal ini untuk antisipasi agar tidak mengalami nasib yang sama dengan negara tersebut. Negara yang gagal itu seperti Rusia, Argentina, Brazil, dan Zimbabwe.

Masalah negara-negara yang gagal tersebut akibat kesalahan momentum. Negara-negara itu menerapkan redenominasi ketika sedang hiper inflasi. Sejak tahun 2005 ekonomi Indonesia stabil, inflasi juga rendah, makanya direncanakan lagi untuk melakukan redenominasi yang telah gagal dilakukan tahun 1965 lalu.

Bank Indonesia (BI) sebagai salah satu anggota Tim Redenominasi mengungkapkan nilai tukar rupiah akan menjadi kebanggaan kembali setelah proses redenominasi atau penyederhanaan angka nol dalam rupiah dilakukan. Sen akan digunakan sebagai pecahan kecil setelah dalam beberapa tahun belakangan sudah lagi tidak beredar.

Penyederhanaan rupiah perlu dilakukan karena sejak beberapa tahun terdahulu inflasi cukup tinggi akibat krisis. Hal ini membuat nilai tukar rupiah terus mengalami penurunan nilai. Tahun 1950-an itu krisis, US$ 1 pernah Rp 48, terus Rp 200, terus Rp 1.000. Karena krisis berkali-kali, inflasi yang tinggi, jadi adjusment terus. Sekarang jadi Rp 12.000. Jadi yang Sen itu hilang. Diganti pecahan Rp 100-200 perak.

Berdasarkan latar belakang tersebut, kami akan membahas dalam artikel ini dengan judul “Kebijakan Redenominasi Rupiah dan sosialisasinya melalui PBM IPS-PKn di Sekolah”.

Selengkapnya >>>

Masjid Pesucinan Leran Gresik (dari Andy Buchory Gallery)

 Masjid Pesucinan


Masjid Pesucina Leran Gresik
  
Jarang masyarakat yang tahu keberadaan Masjid Pesucinan ini yang memang lokasinya agak masuk ke pelosok, menurut beberapa sumber yang saya dapatkan, Masjid ini merupakan Masjid yang pertama kali dibuat di daerah Gresik oleh Sunan Malik Ibrahim. Disitu juga ada makam makam santri Sunan Malik Ibrahim, juga masih ada tempat mandi dan wudlu juga sumur beliau yang terletak sebelah utara masjid.

Menurut warga sekitar beberapa tahun yang lalu pernah ada Arkeolog dari Jakarta yang datang, dan memperkirakan di bawah tanah ada perkampungan perkampungan jaman dulu yang terpendam, kemudian mereka menggali satu titik yang akhirnya diketemukan batu yang berbau sangat wangi pada saat pertama kali diangkat dari tanah. Disitu juga ada peninggalan Pelabuhan Sungai yang digunakan untuk bersandarnya kapal kapal di masa itu. Setelah beberapa saat menetap disini, Sunan Malik Ibrahim berpindah ke arah Gresik dan juga mendirikan Masjid Roomo, anggar Sawo dan kemudian menetap di selatan Aloon Aloon Gresik sampai wafat dan di makamkan.


 
Gapura Masjid
Tempat Wudhlu Dan Mandi
Sumur yang ruang di dalamnya makin membesar
Batu yang berhasil diangkat oleh Arkeolog

Disalin dari: http://andybuchorygallery.blogspot.com/2014/01/masjid-pesucinan.html

Gresik kota Warung Kopi

Udin Sedunia
" Gresik kota 1001 kopi "
Pagi
Siang
Sore
Malam
Ngopi trus !
Kira kira historynya gmn ya ! Kok bisa muncul budaya ngopi ?
Sedangkan yang kutahu sejarah pasti punya basic material yg membentuk sejarah !
Met ngopi dulur
Sambil udud samliok , muantab

Luthfi Arsyadi 
karna dari dulu gresik kota niaga, kota home industri(besali) jd sgt gemar ngopi untk menjalin relasi dan mitra dagang.. selain untk menjaga stamina. met ngopi met pagi.

Edy Prianto 
Warkop bila diibaratkan sebuah etalase hanya sepersekian yang dipajang namun disitu hampir bisa mengkover kebutuhan manusia.
Tempat pelepas lapar dan dahaga. (utamanya)
Tempat informasi : ada koran, radio, VCD Player, fasilitas WIFI dll.
Tempat rekreasi : ada permainan catur, kartu.
Tempat bertemu relasi bisnis.
Tempat interaksi rakyat dan pejabat (ada warkop yang pelanggannya mulai dari tukang becak sampai sang pemilik becak. Dari siswa sampai Dosen. Dari warga biasa sampai pejabat pemerintahan sipil dan militer termasuk anggota Dewan)
Tempat bersosialisasi (karena kebanyakan pelanggan setia sudah saling kenal dan bersalaman ke sesama pengunjang menjadi salahsatu kebiasaannya).
Dan mungkin menjadi sarana2 lain sesuai perkembangan jaman dan tetap bernilai positif ...

Irfan Syahrir Zain 
ini cerita sebenarnya mengapa gresik yang dulu dikenal sebagai kota santri sekarang malah terkenal sebagai kota dengan budaya cangkru'an dan budaya ngopi....pada awalnya memang gresik dikenal sebagai kota santri karna peran para wali dan sunan(maulana malik ibrahim,giri serta murid2 beliau)dalam menyebarkan agama islam sampai akhirnya saat gresik mulai dijadikan kota industri yang tentu saja dalam sebuah industri apapun diperlukan tenaga kerja...dari sini kemudian gresik dikenal sebagai kota industri, so... secara otomatis menarik minat para pemburu rupiah dari kota bahkan dari daerah tetangga misalya; tuban,lamongan,bahkan hampir perwakilan seluruh pulau indonesia berangkat ke gresik buat cari rupiah dengan cara menjual tenaga mereka sebagai pegawai perindustrian....nah peluang inilah yang dilihat oleh kebanyakan orang Lamongan ataupun madura untuk mendirikan warung makan,serta untuk menjadikan para pelanggan betah berlama-lama diwarung dibuat pula tuh yang namanya cangkruk ataupun lesehan.sedangkan untuk orang gresik sendiri lebih memilih kerja disawah,tambak,ataupun berternak,adapula yang memanfaatkan tanahnya yang berdekatan dengan pabrik dibuat untuk kos2an.jadi ngak heran klo tradisi ngopi dan cangkru'an menjadi cetar membahana sebagai label nama kota gresik tercinta ini.klo ngak percaya tanya aja darimana asal orang yang buka warung kopi,tapi tentunya sampean juga harus ngopi dulu yach...klo ngak bisa2 sampean disebut perwakilan sensus perwarungan....dan taaaaraaaa.....paling dia jawab dengan kedipan mata penuh tanya dan berkata saya dari lamongan mas.....tros ngomong mau pesen apa mas....ha-ha-hay...

Bagus Cahyono 
Bicara riwayat kota Warung Kopi, aku punya versi beda

Sebagaimana kita fahami kota Gresik berkembang dari pesisir hingga seputar alon-alon. Mata pencaharian warga saat itu sebagian besar adalah pedagang dan pengrajin. Nah, berawal dari profesi pengrajin inilah sebenarnya budaya warung kopi ini tumbuh dan berkembang, termasuk Ongkek/Cangkruk. Mengapa demikian ?

Dalam aktifitasnya sehari-hari para pengrajin kala itu bekerja sendiri atau berkelompok di “besali” (ruang khusus untuk bekerja). Mereka biasa bekerja keras tanpa ketentuan siang atau malam. Bahkan tidak jarang bekerja dari pagi hingga paginya lagi. Yang penting hanyalah pesanan barang kerajinan yang diantaranya berupa tas, songkok, kotak kemasan songkok dll itu selesai pada waktunya sesuai kehendak pemesan. Waktu istirahat mereka sendiri yang menentukan.
Akibat bekerja keras dalam ruang tertutup selama sekian waktu tentu menimbulkan rasa lelah dan kejenuhan, maka dibutuhkan penyegaran lebih dari sekedar tidur. Keluar dan berkumpullah dengan sesama pengrajin dilingkungannya yang kebetulan beristirahat juga. Segelas kopi menemani mereka beristirahat sambil berinteraksi sosial.

Karena jam istrahat mereka yang sewaktu-waktu, maka warung kopipun dibutuhkan sepanjang waktu. Jadi wajar bila waktu itu sudah ada warung kopi yang buka semalam suntuk.
Dan di warung kopi ini pula mereka bisa harap berjumpa dengan pemesan barang yang mereka kerjakan untuk pesanan berikutnya.
Bagi pengrajin yang belum punya order juga bisa berharap mendapatkannya di tempat itu. Demikian juga para pedagang bahan baku kerajinan, mereka mudah mendapat pesanan dengan ngopi bareng dengan para pengrajin. Sungguh keberadaan Warung Kopi sudah menjadi kebutuhan yang sangat bagi warga Gresik sejak kala itu.

Jadi budaya Ngopi dan Warung Kopinya, di Gresik sudah tumbuh jauh sebelum Gresik dirambah Industri. Dan inipun menunjukkan bahwa Wong Gresik adalah pekerja keras.

Historiyono Kusdaryanto 
Bekerja dari pagi sampai pagi, ngantok diganjal dgn kopi. Di warkop ketemu teman jadinya ngobrol dulu. Juga ketemu rekanan akhirnya terjadi transaksi. Selanjutnya........ karena gak punya kantor, dirumah gak ada yang nyiapkan kopi mending di warung kopi. PRAKTIS itu akhirnya jadi kebiasaan dan selanjutnya disebut budaya. Bahkan sebagian caleg memanfaatkan warkop sebagai arena kampanye yang efektif walau cuma ngobrol ringan. Nggak perlu di cafe, bagi wong Gresik cukup warkop. Siiiipppp

Kecintaan terhadap Gresik jangan dibenturkan dengan Pemimpinnya

Dalam menilai juga tergantung kacamata/ subyektifitas penilai ... orang yang merasa berseberangan tentu yang muncul ke permukaan adalah negatif saja ... apalagi dulu teman/ pendukung setia namun setelah tidak reken maka "MBUKAK WADI".

Demikian juga yang merasa diuntungkan walaupun dulu bukan termasuk TIM YANG BERDARAH-DARAH demi kemenangan menuju G-1, maka akan menyampaikan yang indah2 kalo perlu disanjung dan disungkemi.

Terlepas 2 kelompok tersebut. Biar mudah pengidentifikasiannya kita sebut kelompok HITAM dan PUTIH. Diantaranya ada kelompok ABU-ABU. Orang-orang dalam kelompok ini ada yang tidak NGREKEN dan ada yang CONCERN. Namun pada dasarnya mereka tidak memiliki beban baik menyampaikan positif maupun negatifnya penyelenggara pemerintahan.

Saya suka pilihan kata seperti Mas Budy Santoso
Aku cinta tanah airku tapi aku benci sistem dan pelakunya.

Jadi kecintaan terhadap wilayah jangan dibenturkan dengan pemimpinnya tentu tidak akan ketemu. Saya menilai sudah banyak yang sudah dilakukan pemerintahan untuk GRESIK TERCINTA akan tetapi tidak sedikit KURANGNYA PERHATIAN PEMERINTAH terhadap hal-hal yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Dan TERLALU LELET MENANGGAPI.

Semisal kerusakan jalan atau jembatan di beberapa wilayah sangat lambat ditangani. Dan ini merupakan sebab akibat. Salahsatu penyumbang kerusakan adalah BEJIBUNNYA Dump Truck yang lalu lalang dijalan yang mungkin dirancang bukan dengan TONASE sepadan.

Banyaknya proyek/ industri yang memanfaatkan lahan produktif dan belum ada solusi kepada mereka yang terdampak semisal kepada nelayan.

Terlantar dan terkikisnya situs-situs kuno di wilayah utara terutama yang dekat dengan pegunungan kapur. Cepat ato lambat gunung itupun akan rata karena ratusan ton diambil untuk mengurug laut. Sementara apa yang sudah dilakukan kepada nelayan yang sudah mulai terusik mata pencahariannya.

Edy Prianto 

SMP Negeri 1 Manyar Gresik sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional

Nurul Fatah
Alhamdulillah SMP Negeri 1 Manyar kabupaten Gresik diusianya yang ke-30 ( 7 Nopember 1983 ) telah berhasil sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional





Rizqi Hasan 
pak fatah, saya ingat panjenengan yg dulu pernah dibicarakan (positif) adik saya. kalau telat hukumannya bawa tanaman. semoga smp manyar semakin baik, dan dirasakan manfaatnya oleh lingkungan sekitar.

Nurul Fatah
Terima kasih Mas Risqi , mohon maaf bila telah menjengkelkan hati , tapi saya sulit mencarikan tugas yang mendidik dan bermanfaat bagi siswa yang tidak mau mengerjakan tugas jadi sejak dulu pilihan saya ya itu , walau dulu saya dicemooh tetapi setelah 20 tahun kemudian alhamdulillah ada manfaatnya , sekali lagi saya mohon maaf


Rizqi Hasan 
mboten kok pak, maaf. maksud saya program yg bapak jalankan itu positif. cuma kadang yg namanya cari uang itu sulit, buat beli tanaman 10ribu itu kadang ya susah (tapi tidak untuk rokok, hahaha) usul saya si siswa suruh nanam sendiri jagung atau kacang ijo misalnya. sekedar usul yg sok tau sih, hehehe.

komen saya diatas sudah saya ralat, adik saya dulu bilang yg baik ttg panjenengan cuma kadang hukumanya memberatkan (karena cukup ketat)

Nurul Fatah 
Terima kasih dan akan kami perhatikan saran Mas Risqi , kebetulan yang terbaru saya membuat kebun buah naga nah disela-selanya bisa ditanami jagung , mohon dukungannya karena saya berbuat begitu ternyata banyak kendalanya trims

Rianto Doank 
Selamat ya pak,,saya alumnus thn.89 merasa bangga,,salam untuk bpk ibu guru semua,,skali lg selamat pak Fatah,,SMP N 1 MANYAR yess,,,,

Nurul Fatah 
Trims semoga ananda sukses amin

Afandi Kusuma 
alhamdulillah..
selamat dan sukses

Rianto Doank 
Aamiin

Setyo Noegroho 
anak q alumnus tahun 2013 kemarin walau dengan danem yg kurang memuaskan tp puji syukur alhamdulillah SMP Negeri 1 Manyar telah berhasil menanamkan nilai kejujuran pd putri q serta anak didik yg lainnya

Nurul Fatah 
Trims semoga sukses , amin

Yayuk Indrawati 
Sejuk banget sklhannya pak. Bgs banget ide hukumannya krn itu sy kira lebih mendidik dan bermanfaat daripada hukuman fisik yg hanya akan membawa rasa dendam dan amarah. Patut di contoh dan diapresiasi.

Nurul Fatah 
Trims

Historiyono Kusdaryanto 
Kami ingin mengapresiasi prestasi ini untuk bahan liputan tabloit Suara Gresik. Apabisa dikondisikan waktu liputannya? Suwon

Nurul Fatah 
Dengan senang hati , monggo silahkan


Rianto Doank 
Megah,artistik,asri,mewah,,, padahal 25 thn yg lalu lokasi ini adalah pintu belakang, pintu depannya sebelah Desa Tepen Baru, tp sekarang di sulap menjadi,,wooww,,salut buat Pak Fatah ,


Nurul Fatah 
Trims , semoga berbanding lurus dengan prestasi akademisnya , tahukah nanda Rianto Doank ketika P Fatah mengajukan rencana gambar Gapura itu banyak yg menentang? Tapi kemudian saya jelaskan bahwa insya Allah 10 tahun yg akan datang di kiri-kanan SMP akan berdiri bangunan tinggi-tinggi , bila dibuat kecil terus bagaimana? ternyata belum 10 tahun telah berdiri bangunan-bangunan besar, baru kemudian mereka mengerti , alhamdulillah

Pembatasan pengeluaran Obat oleh BPJS

Bagus Cahyono
JATAH OBAT DAN PELAYANAN TERUS MEROSOT, PENDERITA RESAH

Suasana di tempat antrian obat di ruang apotik tidak jauh beda dengan suasana di tempat antrian periksa di depan poli-poli RSUD Ibnu Sina, Gresik
Nampak sekali ekspresi keresahan yang nampak dari obrolan diantara sesama pengunjung, baik dari penderita maupun keluarga yang mengantarkan pasien berobat. Keresahan tersebut bukanlah lantaran sakit yang diderita melainkan penderitaan akibat harus bolak-balik ke rumah sakit untuk mendapatkan hak jaminan kesehatan untuk kesembuhan penyakit yang sedang diderita.
Hal tersebut dikarenakan sejak Undang-undang BPJS diberlakukan sejak 1 Januari 2014 yang lalu, BPJS mengeluarkan kebijakan pembatasan pengeluaran obat dari apotik bagi pesertanya, utamanya peserta Jaminan Kesehatan terdahulu (ASKES, ASTEK, JAMSOSTEK, JAMKESMAS). Dan dalam kurun waktu 19 hari kemarin (Sabtu, 19 Januari) diketahui sudah 2 kali pengurangan.

Pada saat mulai berlakunya JKN oleh BPJS menerapkan pengurangan jatah obat dari yang semula untuk pengobatan selama 1 bulan (30 hari) menjadi 15 hari. Sehingga yang menurut dokter Poli pasien cukup ke rumah sakit sebulan sekali terpaksa harus 2 kali.
kebijakan tersebut ternyata berubah lagi dengan pembatasan jatah obat menjadi sebatas 10 hari. “Apa-apaan ini. Masak orang sakit dipaksa harus ke rumah sakit 6 kali sebulan. Perjalanan ke sini tidak cukup 1 jam, belum antrinya, 3 kali antrian. Seenaknya saja memberi obat, lalu apa gunanya resep dokter ? ” Demikian keluhan salah seorang pasien yang sedang antri di ruang tunggu apotik yang baru.
Hasil konfirmasi ke salah satu dokter Poli, diperoleh jawaban bahwa itu merupakan kebijakan BPJS bagi pesertanya yang tidak bisa dilampaui.
“Sebenarnya kami (para dokter) serba salah dengan semua ini. Tapi bagaimana lagi, kebijakannya sudah seperti itu. Akhirnya kami cuma bisa memberikan resep yang sesungguhnya mereka butuhkan, soal nanti diberikan kurang dari yang kami resepkan sudah di luar jangkauan kami. Karena itu kami mohon maaf atas keterbatasan yang terjadi”

Keluhan para peserta/penderita ternyata tidak hanya pada pembatasan obat yang memaksa para peserta JKN lebih sering ke rumah sakit.
Kebijakan baru ini juga memperpendek masa berlaku Surat Rujukan dari Puskesmas yang semula berlaku untuk 3 bulan menjadi hanya 1 bulan.
Dan pelayanan Pemeriksaan Laboratorium tidak lagi leluasa mengikuti kebutuhan dokter atas kondisi pasien karena dibatasi maksimal 2 poin pemeriksaan. Bila lebih harus kembali keesokan harinya.

Ketika hal itu dikonfirmasi ke petugas di ruang Laboratorium, ternyata terjadi saling lempar tentang kewenangan penentuan jumlah poin pemeriksaan.
“Memang BPJS memberikan batasan 2 poin pemeriksaan dalam sehari, tapi tidak menutup kemungkinan untuk lebih bila dari Poli membutuhkan lebih”
Tetapi pengakuan beberapa pasien justru berbeda, mereka mengatakan bahwa pelayanan Lab hanya diberikan 1 poin saja.

Hal ini tentu saja menambah jadwal kunjungan pasien ke rumah sakit akibat pembatasan jumlah poli dalam sehari yang berlaku sebelum sebelum BPJS efektif. Pelayanan pemeriksaan pasien peserta jaminan kesehatan hanya diperbolehkan ke 1 Poli dalam sehari. Jadi bila seorang pasien membutuhkan 2 Poli maka harus datang pada hari berikutnya. (BiecieEsge 19/1/14)



Sonny Herandata IngGrissikh 
kmrn mlh ada yg komplain. cmn dikasih 3 hari. pdhl kondisi sakitnya parah. waktu ditanyakan ke bpjs di rsud ibnu sina, bpk. titus, beliau menjwab pembatasan di bpjs mmg ada, tp tdk 3 hr. nah lho..??? problema program pemerintah yg carut marut (bpjs kesehatan). sebuah pengalihan program yg tendensius tp tnpa dukungan infrastruktur yg memadai, persiapan yg amburadul,. Terkesan amat. sangat dipaksakan oleh pemerintah. Ada uang iuran kesehatan dr peserta jaminan kesehatan ( jpk ) jamsostek dlm jumlah besar yg dialihkan ke bpjs kesehatan..
fasilitas bpjs kesehatan lbh jelek dr jpk jamsostek, knp hrs seperti ini..???

Cak Slam 
barusan aku tadi nyampai sana pak bagus.. (jenguk saudara yg sakit)

Asty Midwife 
Update terus ...shg. Bisa tahu bpjs itu spt apa di masy...

Asty Midwife 

Pemerinta jek ribut menyiapkan acara di bulan april...masy yg jd korban...ojok milih kabeh dirumah saja...lbh baik...mereka tdk pernah mendengar keluh kesah kita...shg kita jg tdk usah gubris mereka

Sonny Herandata IngGrissikh 
coba kita simak program bpjs pemerintah ini, khususnya yg bpjs kesehatan. bpjs kesehatan merup pebgalihan dr jpk jamsostek ( sumber dana terbesar ), askes, asabri dsb. dana awal ini dipergunakan atas nama pemerintah utk memberikan fasilitas kesehatan masy indonesia, ada yg byr iuran, ada pula yg gratis. modal awal dr pemerintah sebenarnya brp?

Cap Koe Gie 
Kebijakan ini modelnya prematur banget,ujug ujug dumadakan tanpa ada uji kelayakan...hmmmm fuihhh...pantas kalo kebijakannya kayak angin, berubah ubah

Bagus Cahyono 
Oke Dulur-dulur silahkan dilanjut komen atas berita yang kusajikan berdasarkan fakta.

Sengaja aku hanya menyimak saja, dengan maksud komen-komen yang muncul, baik yang pro maupun yang kontra benar-benar fokus dan obyektif pada berita tersebut.

Bahkan sangat mungkin komentar anda yang berupa analisa ataupun wacana akan mempertajam ulasan Tabloid Suara Gresik.
Sumonggo, Dulur-dulur...

Edy Prianto 
Minimnya sosialisasi serta terbatasnya informasi yang dimiliki petugas di BPJS menambah keraguan masyarakat akan suksesnya program ini.

Ditambah lagi masyarakat banyak yang mengaitkan dengan kegiatan partai politik tertentu. Masyarakat menilai selain demi menarik simpati juga mengincar dana yang dikelola begitu besar.

Semoga pengalaman "GONJANG-GONJING" BANK CENTURY/ BANK MUTIARA tidak terjadi. Dan kiranya patut diwaspadai juga karena momentnya hampir sama pada waktu itu, yaitu menjelang PEMILU.

Afandi Kusuma 
harus selalu sehat,
biar ga perlu beli obat

Ismah Wati 
nyimak....aja dulu sambil belajr.

z Suara Gresik | # - # | Mengembalikan Gresik sebagai kota santri, yang taat beribadah, rajin mengaji, dan pekerja keras, tak akan meninggalkan ajaran agama Islam

Didukung oleh :f Afandi, Blogger, Tenda Suwur, GMP, Mode suwur, OmaSae, #, - # -